Stress merubah segalanya

March 7, 2011 § 1 Comment

dulu, semasa masih muda, saya suka heran, kenapa orang yg mengalami stress berat bisa mendadak menjadi seseorang yg lain. mama saya dulu pernah mengalami. yg kalau datang bisa kayak orang depressi. yg akhirnya sampai mengganggu fisik segala!

emang bener!

diumur saya yg makin ‘matang’ ini, tanpa disadari satu2 penyakit datang tanpa permisi. berkali2 saya ke dokter, RS, sempet di USG perut segala karena waktu itu perut saya sakit berkepanjangan, sesak nafas, susah makan karena kalau makan sakit dan muntah2, bahkan sempat tekanan darah saya tinggi mendadak. hasilnya? tidak ada yg serius…semuanya normal! dan semuanya disebabkan karena stress!

antara alhamdulillah dan sebel juga, alhamdulillah pasti, karena tidak ada yg perlu dikhawatirkan. tapi sebelnya, kalau fisik saya sehat, kenapa sakit melulu…? aneh. ujung2nya selalu saya dinobatkan sebagai pasien yg depressi berat!. sampai2 sekarang kalau pengen ke dokter family suka sungkan dan males. karena biasanya tidak pernah ada diagnosa. dan pada akhirnya dia bilang, “kamu butuh refreshing, berenang tiap hari, jogging 30 menit sehari, makan jangan malem2, banyak minum air putih dan tidur 7-8 jam sehari. itu sih dari dulu juga tauuuuu…

ternyata – buah jatuh tidak jauh dari pohonnya! apa yg dialami mama saya dulu, itu terjadi pada saya sekarang!

saya suka menghibur diri sendiri, apa2 harus disyukuri dan think positive no matter what. mungkin ini bisa menyembuhkan secara psikis. rasa tidak suka dan uneg2 yg berkepanjangan juga bisa berbuntut jadi penyakit. ketakutan yg berlebihan juga bisa jadi penyakit. dulu saya suka bingung, kenapa orang2 tua selalu bilang, jangan benci sama orang, ntar jadi penyakit. ternyata beginilah rasanya! *padahal suer deh, saya tidak pernah benci seseorang, walaupun saya tau itu orang menyebalkan sekalipun*.

sudah seminggu ini saya deg2an melulu. jantung berdebar cepat kayak habis olahraga berat, padahal nggak ngapa2in. kerja juga dirumah, tidak memerlukan energi untuk naik bis atau jalan kaki. seminggu itu saya tahan untuk tidak ke dokter, telpon dokternya pun tidak. saya berusaha observasi sendiri, memikirkan mana yg NOs or YESes. finally saya tau sebab utamanya : kurang tidur & kerja terlalu over. well mungkin ada sebab lain yg jadi pelengkap tapi major cause nya dua itu. sementara utk tidur, susah. jadi diupayakan gimana caranya supaya bisa capek dan tidur teratur. mau tau obatnya? olahraga teratur setiap pagi dan sore, cellphone di non-aktifkan kalau sdh diatas jam 1opm dan aktifitas seks diperlancar….:) *wink*

alhamdulillah…..saya bisa mengatasi sendiri sakit2 aneh tak diundang tsb sekarang. kl lagi kerja tau2 jantung deg2an & sesak nafas, langsung saya tinggalkan kerjaan, ganti baju dan jogging keliling kompleks…menghirup udara segar & menikmati indahnya alam (krn skr alamnya putih semua, ya syukuri aja nikmatnya nginjak salju). kalau malam2 kumatnya? saya sebisa mungkin yoga, relaksasi, meditasi atau apalah namanya. berusaha sekuat tenaga supaya tidak memikirkan sesuatu…kosongkan pikiran….pasang musik klasik & atur nafas sebaik mungkin….

bagi yg punya masalah yg sama, coba deh! Insya Allah manjur (asal harus pastikan bahwa tidak ada masalah kesehatan yg serius).

That’s what friends are for…

February 3, 2009 § 7 Comments

udah seminggu terakhir, kita dihadapkan dengan berita menyedihkan. 2-3 minggu yang lalu saya dapat kabar bahwa anak satu2nya B & A, sepasang teman sekolah jaman SD dan SMP, yg baru berumur 18 bulan dirawat di RS karena ada gangguan perut. ananda dirawat selama bbrp hari dengan keluhan diare dan kembung2. sebelumnya ananda sakit biasa, demam-batuk-pilek….halah, pasti cuma flu biasa lah…pikir ortunya. nggak menyangka gara2 meremehkan (tapi siapa yg tau ya kalo akhirnya jadi fatal), si anak mrk ini sampe end up di RS dan pake acara di infus segala karena terlalu lemas.
setelah sekian hari, keadaan membaik, dan ananda boleh pulang… « Read the rest of this entry »

jatuh cinta

February 6, 2008 § 9 Comments

bukan lagi puber lho, tapi bener2 jatuh cinta sama yg namanya minyak tawon. gimana enggak, dari benjol, keseleo, bisul, jerawat, digigit serangga, alergi kulit, panu, kudis, kurap (jorog euh) dibasmi sama minyak tawon. pernah waktu masih di kota kecil dulu, punya sebotol minyak tawon asli ujung pandang yg super gede botolnya, disayang-sayang banget lah. pakenya seperlunya. waktu itu ada temen yang butuh nyembuhin luka memarnya, saya percayakan dia untuk meminjamnya sampai lukanya sembuh. seminggu kemudian, saya tagih donk, benda berharga yg bagi saya nilainya sangat mahal (jauh bo). tau2 dengan santainya si teman bilang, “duh..sori ya…waktu itu gue lupa nutup….tau2 sekarang tinggal segini….”. *dezig!!!!-gaya nonjok*. nggak tau apa itu belinya jauh. trus yg lebih nyebelin, dia bilang gini, “nanti deh, gampang….gw minta nyokap beliin & dikirim kesini”. mulai dari situ saya jadi tau, ternyata dia senang mengumbar janji sorga. karena minyak tawon tak kunjung datang. seolah2 peristiwa yg sudah ya dilupakan sajah. babay.

dimulai ketika kami masih kecil, waktu itu tante (adik mama) ditugaskan lama di ujung pandang. dari situlah kami kenal minyak tawon. dan dari sejak itulah kami tak bisa kelain hati.

sekarang, dirantau begini, apalagi punya anak2 kecil yg aktif, minyak tawon harus selalu ada di kotak obat. pernah waktu itu waktu pindahan ke canada, kita nggak sadar ternyata simpanan minyak tawon hilang entah terbuang oleh kami bersama sampah2 lain atau diambil petugas sekuriti bandara. pokoknya kami berdua sama2 lupa keberadaannya. wah, yg namanya seperti kehilangan cincin kawin (pernah lho…dulu…sampe sedih bgt krn baru tahun pertama nikah, kata ortu itu pertanda buruk…hiks…alhamdulillah ketemu).
begitu mertua datang waktu itu, titipan pertama yg diminta adalah minyak tawon. walaupun agak kecewa krn dibeliin yg tutupnya merah, bukan putih (katanya sih kurang asli). tapi masih lebih mujarab daripada minyak gosok lain.

sekarang, di lemari obat ada 3 botol masih penuh. disayang2 pakainya. anak2 juga alhamdulillah sudah pada gede2, jarang sekali ada peristiwa benjol jidat atau keseleo (ih..amit2 lah).

eh..ngomong2 soal sakit, si babe lagi sakit. entah karena radang tenggorokan atau karena gusi bengkak. jadi udah lama gigi geraham bungsunya suka meradang. tapi biasanya cuma ngilu2 aja. kalau disini, kasus begitu biasanya disuruh cabut karena wisdom teeth (begitulah sebutannya disini) kurang berfungsi. tapi dasar otak bebel, disuruh ke dokter gigi gemeteran. ngebayangin yg aneh2, maklum seumur hidupnya belum pernah punya keluhan gigi. kalau sudah begini, sampai meriang2 dan nggak bisa ngunyah, baru deh mau ke dokter. tiap hari saya buat bubur. duh, paling buta deh bikin bubur. tapi ya, dikarang2 aja anggap aja buat bubur bayi. begitulah….bayi raksasaku dirumah lagi tak berdaya. besok akhirnya baru mau ke dokter. tapi ribut minta diantar, nggak mau sendiri. duuuuh…kurang lama apa jadi bayi???

mau kurus?

August 12, 2007 § 10 Comments

beberapa hari ini saya terkena penyakit susah tidur. entah kenapa sehari hanya bisa tidur maksimal 5 jam saja. setiap malam paling tidak jam 2 lebih saya baru bisa ngorok, itupun sudah dibantu dengan membaca atau nonton TV sampai teler. pikiran? kayaknya sih malah sekarang pikiran saya lagi santai banget, karena alhamdulillah urusan pindahan akhirnya perlahan2 selesai dan rumah kami sudah lebih berwujud seperti rumah beneran. tapi kenapa ya, apa itu pertanda penuaan? bukannya makin tua makin gampang capek? lha ini kok malah kayak abis minum doping? padahal saya jarang ngopi. paling2 kalau lagi kepingin beli frapuccino di starbuck depan rumah. itupun jarang bisa dihitung 2 minggu sekali, karena alasan mahal & (lagi2) muanis. herannya, walaupun susah tidur gini, BB gak turun2. mungkin lemak2 sudah nggak bisa lumer lagi, lemak abadi….

karena habit keseharian saya sebulan terakhir itu sangat tak terkontrol, terutama dalam urusan makan dan berolahraga, seminggu ini saya usahakan memperhatikan asupan kalori sehari2. dari sejak mendarat dinegara ini sebulan yang lalu kami 2 minggu lebih tinggal di hotel, dimana makan minum selalu beli. namanya makanan jajan, mana bisa diandalkan kesehatannya. apalagi kita sering berpergian, apalagi kalau tidak jajan fastfood atau makanan instan. sekali dua kali sih oke2 saja, tapi kalau setiap hari selama sekian minggu itu sih keterlaluan. memelas sekali lah keadaannya……
perut saya mulai nggak kompak kalau kebanyakkan makan goreng2an. apalagi kurang buah dan sayur. beberapa kali saya constipated..itu tuh…ga bisa pe-u-pe. bener2 tersiksa. makanya sejak kami mendapat tempat tinggal, saya langsung perbaikkan gizi. walaupun panci dirumah baru 2 biji, diusahakan deh bikin menu harian yg bervariasi, padahal masak juga ga jago. tapi alhamdulillah sampai saat ini masih diberi kesehatan. paling tidak bisa usaha untuk hidup lebih teratur.
untungnya, kami tinggal dekat dengan pantai, dimana udara masih lebih bersih ketimbang ditengah metropolitan. kami sering mengajak anak2 kesana, membiarkan mereka berlari2an sekaligus olahraga fisik dan mental.

ngomong2 soal BB, saya pernah secara tidak sengaja menemukan artikel di internet, dari salah satu ahli gizi amerika, bahwa mengurangi berat badan 1 pound sehari yang mudah tapi manjur yaitu berendam di air hangat kuku selama 20-30 menit. ternyata dengan cara berendam itu bisa mengevaporasi air tubuh. katanya sih, kalau rutin dikerjakan (apalagi ditambah berolahraga dan minum air putih yg cukup), walhasil bisa mengurangi BB dengan cara instan. sesudah berendam langsung bisa turun 1 pound. apa iya? sebenarnya mungkin cara kerjanya sama dengan bersauna. tapi kalau sauna kan harus spesial jadi member di gym/sport club, kalau ini kan murah meriah bisa dikerjakan sendiri dirumah.
sampai saat ini sih saya belum mencoba, karena boro2 berendam selama 30 menit, mandi koboi aja harus tetap pasang telinga, anak lagi ngapain diluar….lagi eksperimen loncat dari sofa atau lagi berusaha ngubek2 WC…(kebiasaan aidan sampe skr, kalau emaknya lengah tau2 ditemukan lagi asyik main kapal2an di WC).

jadi, saya belum membuktikan kebenarannya. coba deh buktikan, kalau sukses, bilang2 ya….

Where Am I?

You are currently browsing the kesehatan category at My Life Abroad.