Stress merubah segalanya

March 7, 2011 § 1 Comment

dulu, semasa masih muda, saya suka heran, kenapa orang yg mengalami stress berat bisa mendadak menjadi seseorang yg lain. mama saya dulu pernah mengalami. yg kalau datang bisa kayak orang depressi. yg akhirnya sampai mengganggu fisik segala!

emang bener!

diumur saya yg makin ‘matang’ ini, tanpa disadari satu2 penyakit datang tanpa permisi. berkali2 saya ke dokter, RS, sempet di USG perut segala karena waktu itu perut saya sakit berkepanjangan, sesak nafas, susah makan karena kalau makan sakit dan muntah2, bahkan sempat tekanan darah saya tinggi mendadak. hasilnya? tidak ada yg serius…semuanya normal! dan semuanya disebabkan karena stress!

antara alhamdulillah dan sebel juga, alhamdulillah pasti, karena tidak ada yg perlu dikhawatirkan. tapi sebelnya, kalau fisik saya sehat, kenapa sakit melulu…? aneh. ujung2nya selalu saya dinobatkan sebagai pasien yg depressi berat!. sampai2 sekarang kalau pengen ke dokter family suka sungkan dan males. karena biasanya tidak pernah ada diagnosa. dan pada akhirnya dia bilang, “kamu butuh refreshing, berenang tiap hari, jogging 30 menit sehari, makan jangan malem2, banyak minum air putih dan tidur 7-8 jam sehari. itu sih dari dulu juga tauuuuu…

ternyata – buah jatuh tidak jauh dari pohonnya! apa yg dialami mama saya dulu, itu terjadi pada saya sekarang!

saya suka menghibur diri sendiri, apa2 harus disyukuri dan think positive no matter what. mungkin ini bisa menyembuhkan secara psikis. rasa tidak suka dan uneg2 yg berkepanjangan juga bisa berbuntut jadi penyakit. ketakutan yg berlebihan juga bisa jadi penyakit. dulu saya suka bingung, kenapa orang2 tua selalu bilang, jangan benci sama orang, ntar jadi penyakit. ternyata beginilah rasanya! *padahal suer deh, saya tidak pernah benci seseorang, walaupun saya tau itu orang menyebalkan sekalipun*.

sudah seminggu ini saya deg2an melulu. jantung berdebar cepat kayak habis olahraga berat, padahal nggak ngapa2in. kerja juga dirumah, tidak memerlukan energi untuk naik bis atau jalan kaki. seminggu itu saya tahan untuk tidak ke dokter, telpon dokternya pun tidak. saya berusaha observasi sendiri, memikirkan mana yg NOs or YESes. finally saya tau sebab utamanya : kurang tidur & kerja terlalu over. well mungkin ada sebab lain yg jadi pelengkap tapi major cause nya dua itu. sementara utk tidur, susah. jadi diupayakan gimana caranya supaya bisa capek dan tidur teratur. mau tau obatnya? olahraga teratur setiap pagi dan sore, cellphone di non-aktifkan kalau sdh diatas jam 1opm dan aktifitas seks diperlancar….:) *wink*

alhamdulillah…..saya bisa mengatasi sendiri sakit2 aneh tak diundang tsb sekarang. kl lagi kerja tau2 jantung deg2an & sesak nafas, langsung saya tinggalkan kerjaan, ganti baju dan jogging keliling kompleks…menghirup udara segar & menikmati indahnya alam (krn skr alamnya putih semua, ya syukuri aja nikmatnya nginjak salju). kalau malam2 kumatnya? saya sebisa mungkin yoga, relaksasi, meditasi atau apalah namanya. berusaha sekuat tenaga supaya tidak memikirkan sesuatu…kosongkan pikiran….pasang musik klasik & atur nafas sebaik mungkin….

bagi yg punya masalah yg sama, coba deh! Insya Allah manjur (asal harus pastikan bahwa tidak ada masalah kesehatan yg serius).

§ One Response to Stress merubah segalanya

  • lekardhi says:

    hey pengalaman anda sama persis dengan saya setahun silam, sering mengalami gangguan tidur sama pernah mengira ada yang salah di jantung saya. Percayalah penyakit itu hanya sugesti sobat :).

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Stress merubah segalanya at My Life Abroad.

meta

