17an

August 19, 2009 § 6 Comments

belum tentu kan…arek2 yg ada di indonesia ikutan upacara bendera (yg dulu kerap dilakoni setiap senin dan benar2 sampe muak krn selama 12 tahun bersekolah kudu harus menjalaninya…).
kita2 yang ada di luar negri, beda lho. perasaan lebih dekat dengan bangsa sendiri itu semakin lama semakin kental. itu saya ya….entah dengan yg lain….

ketika ikutan upacara bendera kemarin, benar2 membuat saya merinding. bukan karena kedinginan (ya iyalah…sejak kapan suhu 40C membuat badan kedinginan?), tapi karena terharu…melihat ibu2, bapak2, kakek2, nenek2, adek2 semua khidmat nyanyi indonesia raya.
jauh dimata, dekat dihati. pepatah yg dulu saya anggap angin lalu dan cuma sekedar basa basi, sekarang baru bisa merasakan maknanya. kalo ditanya, kenapa…jawabannya nggak tau. kayaknya merasa terpanggil aja. yg lebih mengharukan lagi, tamu2 asing yg datang pun ikut upacara dengan khidmat. walaupun cuma plangah plongoh sajah…..
adek2 yg udah pasti nggak ngerti sejarah perjuangan indonesia, ikut juga berbaris didepan. sampe ada yg pingsan segala, pas didepan suamikuw…dan alhasil dia pulalah yg menggotong dan membawanya masuk ke wisma untuk di kipas2 dan dikasih minyak cap kampak…*iklan abisssss*.

ada lagi yg lebih heboh. aidan mengeluh sakit perut ditengah2 kesunyian mengheningkan cipta. sy bilang, “sssst..nanti aja pupnya ya..bs ditahan kan?” *jahat ya gue?*. ternyata, abis itu tiba2 dia nggelendot, minta gendong….dan tiba2 saja terkulai. saya coba panggil2…matanya nggak merespon. mukanya pucat. anakku juga pingsan bo…!!!! babenya nggotong anak orang, anaknya sendiri semaput!. halah.

buntut2nya, yg salah emaknya. krn bangun kepagian, belum sempet sarapan. cuma makan cookie dan susu setengah gelas. biasanya kan dicekok nasi/roti. cuaca diluar 40an celcius plus humidity tinggi. jadi badan gemrobyos…bisa merasakan keringat yg netes2 didalam baju kebaya brukat ku yg gatelnya minta maap. maklum lungsuran tante, masak mau milih….:D
sampe di dalam wisma…sekalian lah saya ngadem dan nyicipi kue2 buat sajian nanti (yg tentunya menggoda iman). yang sakit siapa, yg ngabisin lemper siapa. hehe…aidan cuma doyan kue lumpurnya…lempernya nganggur…ya dicaplok mak nya lah…rugi amat.

bapaknya juga berlagak menemani anak sakit. alasan juga biar bisa ngadem dan nyicip kue. tapi saya kuatir juga kl lama2 enak2an didalam, takut 2 gadisku nggak tahan juga lagi. mereka masih di lapangan upacara. dengan semangat ’45, saya nyelap nyelip orang2 yg masih khidmat upacara. masuk kedalam barisan saya sebelumnya. ternyata, alhamdulillah, si gadis2 masih tangguh bertahan. tapi keliatan mukanya bete abis. nanya2 kapan selesainya. pancasila….UUD’45…..do’a……pidato……………halah. saya aja yg dulu biasa, bosan. apalagi anak2. ya sabar nak…….kita main catur jawa aja yuk….πŸ˜›

akhirnya….upacara selesai juga. bubar jalan. yg ada, kita langsung menyerbu arena makanan. si babe dgn nggak malunya, langsung nyamber piring. ga peduli sm pak konjen yg lagi potong kue. begitu dia ambil piring, serentak orang2 pada berbaris dibelakang. hahaha….pelopor deh kita!!!!!!!

tapi seru kok. malah di Luar Negri ini merasakan dekat dengan bangsa sendiri. rasa persaudaraan juga melekat. walau kita terdiri dr berbagai rumpun keturunan, kita sangat rukun. malah yg sama2 di tanah air, kok nggak rukun sih? *maksudnya nyindir*.

selamat ulang tahun Indonesia. semoga kamu tetap cantik seperti saya. semoga kamu tetap membanggakan dimata kami2….semoga kamu makin maju dan menghasilkan anak2 bangsa yg bakal membangun kamu nantinya. amin amin…

DSC_0205sml

aidan3

pbambang+ibu

§ 6 Responses to 17an

  • emang tante sili tob deh!
    demi ulang taun kemerdekaan republik tercinta, rela baris dengan berkebaya. masih untung nggak konde-an ya, bu ;P
    (jangan duong, nanti dikiran ibu negara… hehehehe)

  • Liza says:

    Acara pingsan harus Ada di setiap upacara, gak afdol kalo gak yang pingsan hehehe..

  • ALRIS says:

    Setiap 17an acara yang gak bakalan ketinggalan tarik tambang dan panjat pinang. Coba adakan acara panjat pinangnya di wisma Indonesia, dijamin rame. Pasti penduduk setempat pada heran, ngapain panjat pohon yang dilumuri segala yang licin2?

  • sisesu says:

    @bunda bingkie : bukan apa2…pagi2 gak sempet pasang konde bu…hrs nya sih pake konde cepol….
    @liza : iya sih. tp seumur2 blm pernah ngerasain pingsan. ini anak sendiri lagi…serem tau nggak…matanya nggak merespon gitu.
    @alris : panjat pinang kyknya repot ya. soalnya lomba2nya itu diadakan di tempat lain biasanya, sekalian jalan sehat.

  • arman says:

    huehehee kasian ama si aidan..πŸ˜›

    sebenernya ya upacara itu emang penting, tapi yang gak penting tuh kenapa harus diselenggarainnya di lapangan outdoor, panas2, dan berdiri… ya gak? mau khidmat juga susah karena yang ada pegel2, keringetan, apalagi kalo sampe pingsan.. berabe kan…

    mendingan juga upacara itu di dalem aula aja, pake duduk juga. biar orang bisa lebih konsen…

  • sisesu says:

    @arman : namanya juga upacara. krn dulu jaman bung karno, org2 yg upacara berdiri dipanas2…jd selama 64 tahun setelahnya ya mau gak mau ikut berdiri lah…
    kalo duduk, mungkin jadinya kebaktian…….:P peace man..!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading 17an at My Life Abroad.

meta

%d bloggers like this: