Go Green?

March 24, 2009 § 16 Comments

beberapa waktu yg lalu, saya tau2 dpt msg di fb, dari adik teman saya jaman SMA yg notabene masih inget banget sama saya (padahal wkt itu dia masih SD! – susah deh kl banyak fans…*hueeeek!*). dia udah dari SMA tinggal di Virginia (skr sudah lulus master dan bekerja sbg graphic designer di NY). messagenya cuma bilang, “mbak….aku suka deh sama ide recycling sweater bekas jadi baju anak. skr kan lagi resesi di sini (AS, red), banyak kali ibu2 yg mau mikir buat recycling…..aku kerja di ivillage, coba deh mbak liat2 websitenya, kali2 bisa jualan atau kirim artikel kesitu!!!!”.
terharu….
padahal gak pede kalo bikin baju buat dijual, walaupun konsumen nya anak2. abis modal asal doang, tanpa pendidikan formal dan mesin yg memadai. jahitannya juga amburadul, asal sesuai dengan yg dimau sama kepala yo wes. toh buat anak sendiri….

saya sempet ke website nya, dan baca dikit2. ternyata untuk menciptakan GREENER EARTH butuh perjuangan yg nggak gampang ya? nggak cuma sekedar memikirkan daur ulang atau mengurangi pemakaian produk kimia . ternyata, masih banyak embel2nya dan akhirnya jadi lebih muahal dari segi materi dan tenaga :
1. pemakaian hemat dan jangan berlebihan
2. konsumsi pakaian dari bahan organik dan yg bisa di daur ulang
3. pemakaian bahan2 non-toxic buat sehari2
4. pemakaian natural oil (idih, masak pake minyak zaitun buat body lotion??? hiiii ga janji deh).
5. daur ulang pakaian
6. beli produksi lokal, lebih bagus lagi jadi konsumen handmade product!
7. jemur baju dibawah sinar matahari, hindari penggunaan mesin dryer
8. hindari pemakaian produk yg mengandung pewangi buatan
9. kurangi dry cleaning – wet cleaning instead
10. pemakaian tas belanja yg reusable (jangan pakai plastik kresek)
11. go thrifty…….(kl di indonesia gak ngetrend kali ya….).
12. pemisahan sampah — recycled, organic, non-organic
masih banyak lagi yg menurut saya kurang kerjaan kalau dilakukan, serasa kembali ke jaman jahiliah…..

karena ceritanya sok sadar “Go Green” (padahal emang biar ngirit aja…haha), kemarin seharian saya bener2 nge-thrift. koleksi2 sarung bantal vintage dirumah, saya “sulap” jadi baju. pas lagi bongkar2 lemari di gudang, ada hem2 dadi yg dibawain sama mertua dari indonesia. kebetulan yg dapat ijin untuk obrak abrik cuma 1 biji. jadi kemarin cuma bisa menyulap hem sebiji doang (ih, padahal juga nggak ada yg dipake, dasar pelit).
lagi2 korbannya Adele — satu2nya manusia dirumah yg mau dijadiin kelinci percobaan.. 😀

ni diaaaaa…

1.sarung bantal
pinkdress
sesudah :
bajusarungbantal
pinkdress2

2. baju dadi
bajudadi
adelroktotal
langsung dipake sekolah tadi pagi…
adel-rok1
being goofy….

3. daster bekas momi
dasterungu
dasterungu1
dari daster lawas (tapi jarang dipake) – jadi dress mini ukuran 6-7 yrs.

haha…hemat kan???

March break (16-20 maret)

March 18, 2009 § 13 Comments

dulu, setiap march break (spring break kl istilah di amerika), kami selalu ke luar kota. jalan2 tahunan. mikirnya daripada pas summer kan dimana2 mahal dan penuh, plus panas juga (sebenernya summer paling tepat jalan2 ke indonesia ya? hehe). atau desember pas winter break, dimana sangat nggak asik kalo jalan pas dingin2 dan cuaca nggak bisa di prediksi, kecuali kalau niat mau main ski.
5 tahun tinggal di dallas, setiap maret selalu pergi ke arah texas bagian selatan. selama 5 tahun itu, 3 kali kita ke san antonio dan [pastinya] ke Sea World. pernah sekali nyambung jalan ke galveston, pulau di sebelah selatan houston yg langganan diterjang hurricane (yg terbesar katrina th 2005). enaknya ke sea world, anak2 hepi, saya dan si babe juga seneng2 aja wong namanya liburan walaupun capek dan tiket sea world sangat nggak murah. sekali pernah kita rubah haluan, menghabiskan 1 minggu spring/march break ke kansas, dimana segerombolan temen2 lama yg sudah spt sodara tinggal. itu karena udah bosen ke san antonio…dan kalo gak salah waktu itu tahun terakhir kita di texas, sebelum hijrah ke canada, jadi sekalian perpisahan disaat2 detik2 terakhir di negara itu. pengennya ketempat2 lain, tapi suka malas kalau nyetir terlalu jauh. kl untuk jarak jauh, kita lebih suka naik pesawat. tapi kan muahal bo.

semenjak pindah ke sini, th 2007, saya dan kel belum sekalipun merasakan liburan ke luar kota. summer pun, kita sibuk ngurus tetek bengek rumah yg musti dibenerin sana sini. anak2 juga paling ikutan kelas2 sport dan musik. sudah 2x march break saya dirumah saja. mengenang masa2 dulu yg kalau march break gak pernah diam dirumah. sekarang lain, march disini rasanya seperti desember disana. dingin minta maap. walaupun minggu ini lumayan berkurang, tapi masih kurang asik kalo buat outdoor activity. maklum canada, negara yg terletak di kutub utara….
jadi, kita harus memaklumi, kalau march break enakkan dirumah, atau paling2 jalan ke kota sebelah. toh babe kerja juga, lebih rodi disini….nggak bisa santai2 seperti dulu, apalagi saat ini ekonomi dunia sedang krisis, untuk survive di satu perusahaan dan nggak kena pengurangan pegawai aja sudah bersyukur alhamdulillah banget! tapi semua ada hikmahnya kan. ada kurang, ada lebihnya juga. yin and yang….

march break minus 1, hari minggu, kita pergi ke children museum. nggak jauh dari rumah. tapi museumnya alakadarnya, ala hamilton….isinya nggak banyak, tapi anak2 cukup enjoy lah. masuknya juga murah banget, anak2 $2, orang dewasa $1. kebetulan adele dapat 1 free-pass dari sekolah jadi total cuma $4. huhuy….jarang2 bisa ke museum murah meriah!

march break hari pertama, senin, kita berlima pergi ke rec. centre, tempat semacam gelanggang olahraga/arena yg dikelola oleh city. disana kita berenang rame2. kebetulan teman saya yg anaknya teman sekelas adele mau ikutan nimbrung. jadi kita ber 9 pergi (dia bawa anak, anak tetangga dan ponakannya). ruame yah? asik deh. disana ada slide nya, yg kayak di gelanggang renang samudra dulu tuh….tapi ini miniaturnya. ngeliatnya, ngiler bener…pengen ikutan merosot. tapi malu………hihihi. abis anak2 kecil semua yg naik. biar jelek2 gini, masih punya harga diri juga deh…:D jangan sampai yg malu anak2 sendiri…haha.

march break hari ke 2, selasa, kami ke mississauga. seorang teman baik mau pindah ke dubai akhir minggu ini. cuma babe harus masuk kerja lagi kamis, jadi males juga nanti nyetir 1 jam sendirian bawa anak2 kesana (sok manja ceritanya), jadi dipaksain deh hari selasa. si teman ini, banyak melungsurkan barang2, terutama makanan2 indonesia yg bagi saya sangat berharga sekali…..macam bumbu indofood, sambal, pempek+combro+bakso ikan asli dari indo, bumbu balado, kue2 kering lebaran, macem2 lah. karena dia sering mudik, jadi makanan dirumahnya bertumpuk2. kemarin saya ikutan beres2in dapurnya, karena jumat dia harus keluar dari situ. sembari beres2 dapurnya, juga milah milih ‘harta karun’ yg bisa saya bawa pulang…hahaha. (kasihan ya, padahal kl di indo barang2 gituan gak laku ya? kl mau sesuatu tinggal jajan….hiks).

march break hari 3, rabu, dirumah sajah. bersih2. boring. padahal cuaca diluar sangat bagus. bagus ukuran bulan maret sih….paling enggak saya masih kuat keluar cuma mengenakan sweater aja! kalo nice begini, kepingin rasanya nyapu2 halaman belakang, yg masih banyak sisa2 daun2 saat fall kemarin. kepengen juga sepedahan….tapi saya keburu terlena diatas tempat tidur…!! kayaknya lebih mengasikkan ya??? haha….

saat ini, di jam yg ke 19 dihari rabu, saya masih leyeh2. menikmati satu hari yg penuh kemalasan. saya habiskan bermain dengan anak2, main komputer, main 4-square (macem hopscotch gitu tp lbh seru). besok, saya harus kembali meneruskan aktifitas rutin. saya harus cari baju rapi buat ke quebec tanggal 26 ini. harus menyiapkan fisik dan mental juga. mental terutama. bakalan meninggalkan anak2 dan si babe segitu lamanya. makin deg2an saat saya menerima email dari kantor pusat, isinya tiket pesawat yg sudah confirmed. hayah…..jangan donk dihantui panic attack lagi…..amit2 deh.

but….

I’m so excited. paling enggak, saya bisa punya kesempatan mengenal dunia luar. seperti orang2 juga. mudah2an ini step awal bagi saya buat menguatkan diri untuk kembali lagi ke dunia ‘nguli’ dan ‘nyangkul’ duit buat nambah2in income keluarga. paling tidak hiburan juga sih, melepaskan diri dari kebosanan. toh anak2 sudah punya aktifitas rutin mereka masing2 juga sekarang, saya banyak ditinggal mereka dirumah. it’s so sad.
yak…mungkin sudah waktunya….

hayoh….jangan mau kalah sama pak tani. nyangkul yg dalaaaaaam!!!!!

kalo lagi bosen

March 16, 2009 § 20 Comments

kalo saya lagi bosen, rumah jadi korban. korban terakhir yg terjadi di TKP adalah tembok di depan ruang makan. warnanya boring, krem. itu warna asli dari pertama kali dapet rumah ini. mau di cat, tapi belum2 kesampean juga.

hari itu, lagi kesambet jin nekad atau apa, kepingin aja bereksperimen yg aneh2. tanpa planning. tanpa konsep. tanpa sketsa2 dulu. pikir saya, toh belum di cat, kalaupun gagal buntut2nya beli aja cat yg warnanya lebih gelap.
oke. mumpung si babe belum pulang, anak2 lagi sekolah….
awalnya, nyoba 1 step. eh, kok kayaknya asik juga. warnanya juga turned out so natural. padahal cuma pakai cat acrylic yg beli di toko sedollaran. coba step berikutnya, lama2 merambah jadi satu sisi tembok. ruame. hore!!

jadilah hutan belantara didalam rumah! ah…biar lebih hidup, kasih nuansa warna merah darah. entah apa temanya, tapi biar lebih ekspresif lah. anak2 menyebut hutan mini ini : ‘bean stalk’…inget film ‘jack and the bean stalk?’ – nah…!

pas waktu itu ada teman datang kerumah, mereka yg nanya2, “wallpapernya lucu amat, beli dimana?”. kita berdua senyum2 aja, emangnya segitu tebelnya minus kacamatanya apa? sampe kasat mata begitu?. heheeee, tapi GR juga sih jadinya 🙂

kira2, menurut kalian gimana……? (kali ini dibutuhkan kejujuran….sebelum seluruh rumah jadi korban dari pelaku tak bertanggungjawab!).

mural

tambahan :
media : cat acrylic warna hijau dan merah, kuas nomor 4 or 5, 3 sdm semangat ’45, 1 sdt nekad.

Cerita Camp Rock (versi emak).

March 15, 2009 § 11 Comments

Rabu 25 Februari 2009.

dengan semangat 45, saya dan mbak aiz bangun pagi2 jam 4.30 (ngalahin ayam tetangga). kami udah prepare dari hari2 sebelumnya, dan udah berpuluh2 kali di recheck. biar nggak ada yg terlupa, terutama peralatan perang melawan suhu dan cuaca! jangan sampai disana beku kayak ayam di kulkas! sarung tangan, kudu yg thinsulate ; bahan thermal yg tahan dingin dan waterproof. gunanya, supaya kalaupun harus bergumul dengan es nanti, enggak bakal basah.
dari malam sebelum tidur, udah mandi. kalo bagi orang di indonesia sih kedengerannya jorog bener ya? mandi aja dicicil. tapi bagi kita yg disini, males juga pagi2 buta mandi disaat suhu diluar minus sekian…walaupun ada pemanas dirumah, tetep aja menggigil. brr..yg penting sikat gigi dan cuci muka biar nggak keliatan bangun tidur amat. setelah itu nyiapin sarapan pagi buat makan di bus.

Jam 6 teng, saya sebagai volunteer ikut bantu2 guru untuk ‘menggiring’ anak2 kelas 5 SD untuk masuk ke bus yg udah nangkring dari jam 5.30 pagi disitu. banyak juga dari mereka yg kebelet pipis (karena mungkin dirumahnya sono mereka boro2 pipis, mandi malem juga enggak kali…bangun tidur langsung cabut…gleg). jadi saya ngantar mereka kedalam sekolah dan make sure mereka nggak ada yg tertinggal didalam sekolah.

guru cowok yg ikut 2 orang, yg cewek cuma 1 orang. murid2 yg ikut sekitar 30an, semuanya kelas 5. ada juga murid yg nggak mau ikut, mungkin karena keterbatasan dana atau ada alasan agama. mereka tetap sekolah biasa.

jam 6 seperempat baru deh….akhirnya bisa take off. perjalanan ke Camp Wanakita memakan waktu hampir 4 jam. jauh nek. saya aja yg udah tuwir gini merasa jenuh. apalagi yg anak2 kelas 5 SD. ada 1 anak yg duduk disebelah sepanjang jalan nanya melulu…..kapan sampenya. kalo nggak nanya “kapan sampenya”, “jam berapa sekarang” atau “berapa lama lagi”. aiiiiiih…cape deeee. nanyanya nggak sama saya sih, sama pak guru. tapi kan kuping nggak bisa disumpel…..tetep aja kedengeran. so annoying. sampe si pak guru aiz yg paling baik sedunia aja sampe naik darah & marah2. siapa juga yg nggak marah kalo diteror melulu gitu?
disepanjang jalan yg boring, saya nggak banyak bisa berbuat apa2. paling2 cuma baca buku dan dengerin iPod. sampe bosen. sayang niat saya mau bawa gitar buat si aiz, nggak di approved sama ybs. dia agak2 krisis pede, karena temen2nya nggak ada yg bawa. nyebelin juga. padahal kan namanya kemping, asik lah kalo malem2 drpd bengong ngamen bareng……ya kan?

jam 9an, bus stop di mc.donald. kita diberi kesempatan buat beli breakfast/lunch. saya karena udah bawa dari rumah, cuma beli kopi aja biar jantung bisa sedikit dipacu biar nggak tidur kebosanan. kira2 hampir jam 11 kita sampai di sana. tempatnya enak bangeeeeet. serasa kayak di film2. bener2 jadi inget film Camp Rock. suasana didalamnya kira2 sama deh. bedanya ini winter jadi permukaan semua putih.

setelah masing2 dapat bagian kamar, kami harus jalan kaki membawa tas dan bawaan lainnya, sendiri. tempatnya nggak jauh sih, cuma 100 meter….tapi nanjak bhok….jadi berasa betisnya mengencang seketika!! haha.
saya sudah prepare sih, lebih baik bawa 1 tas tapi gede, ketimbang bawa perintilan tapi banyak. tas nya juga yg ada wheelnya, jadi enak tinggal digeret. tapi tetep aja, bantu2in anak2 lain yg sama emaknya dibekalin tas yg nyusahin dan banyak. bahkan ada 1 temen aiz yg bawa sleepingbag/selimut pakai kantong plastik sampah. aiiih. belum juga masuk cabin, kantong plastiknya udah robek2 krn diseret2 di snow. *speechless*.
saya jadi supervisor di cabin no 10, ditempat aiz juga. isinya ada 7 anak cewek yg semuanya annoying minta di pitessss. apalagi saya sempet ribut dikit sama 1 bule yg sok tau bgt. gara2 pas habis lunch di core (tempat makan bersama yg jauh banget dan muter2), dia sok mencari jalan pintas dan akhirnya nyasar….*minta di poles*.

setelah lunch, kita semua ganti baju pakai baju winter lengkap. nggak lucu banget deh, jadi keliatan kayak buntelan 😀 . tapi masih narsis sih.

permainan pertama, kita semua berkumpul ditengah2 danau yg airnya membeku. serem juga. tadinya kita nggak tau kalau yg diinjak adalah danau….tapi saya agak2 curiga nih, karena dilapangan seluas itu nggak ada pohon2 atau jalanan sebijipun……………..? begitu instructors nya memberitahu kalau itu adalah danau, langsung sepasang kaki ini mendadak lemes….serem aja kalo tiba2 jeblog….(biasa, akibat kebanyakkan nonton pelem).
diatas danau, kita main games. macem2 deh games nya, sebenernya saya males banget kayak anak SD aja main games. tapi ada salah satu murid yg nggak kebagian pasangan main, jadi terpaksa lah jadi volunteer. karena udara di gunung kering, terasa banget nafas jadi pendek. ah, dasar…udah tua nggak mau ngaku tua!

cuma sekitar 30 menit kita disana, kemudian grup dibagi 2. grup A dan B. saya masuk ke grup A dimana disitu ada aiz dan walikelas nya aiz juga (mr. H). si mr. H ini guru yg baik dan perhatian sama anak2. kita ketempat yg buat manjat2 pakai tali itu lho…..apa ya namanya? model2 rock climbing, tapi ini bukan di tebing, melainkan di sebatang kayu yg lumayan tinggi yg nancep ke tanah dan permukaannya dibuat seperti buat rock climbing. belum pernah merasakan manjat tebing seumur hidup, bukan apa2, belum ada kesempatan aja. nah, mumpung kali ini nggak bawa anak2 dan honeybunny (yg suka protes kl bininya lupa diri), hajar aja bleh.
saya nggak mau nyelak giliran anak2, gile…keterlaluan bgt berebutan giliran sama anak kls 5 SD! jadi menunggu dengan sabar sampai semua anak2 yg kepengen manjat dapet giliran (aiz sih boro2. dia agak2 parno sama ketinggian dan hal2 yg berbau challenging 😀 ).
ngeliat kelakuan emaknya yg terkesan “masa kecil kurang bahagia”, dia cuma geleng2 aja……

cuma satu setengah jam kami bermain panjat2an, setelah itu digiring ke program berikutnya : cross-country skiing. bedanya dengan ski yg saya pernah pelajari, ski ini equipmentsnya lebih enteng dan (menurut saya) lebih nggak asik ketimbang downhill-ski. tapi daripada nggak ada, jadi asik2 aja sih. apalagi dah lama banget saya nggak ski lagi, terakhir tahun 2001 kalo gak salah, sebelum hamil Adel. ini yg pertama kali buat aiz, dan keliatannya dia enjoy dan cepat beradaptasi.

kira2 satu setengah jam kami disitu, dan harus kembali ke cabin untuk istirahat dan acara bebas. siap2 makan malam di ‘the core’ (pusat pertemuan dan tempat makan seluruh campers). jam 5.30pm kami semua sudah siap makan malam disana. menu makan malam adalah pizza, caesar salad, ice cream dan assorted fruits untuk dessert. sistim makan disana adalah ‘all you can eat’. terdiri dan beberapa meja besar, 1 meja kira2 10 orang. setiap meja boleh nambah kalau makanan habis, salah satu dari kami mengambil di dapur. campers dilarang wasting makanan. jadi ambil seperlunya. kalau ambil porsi baru dari dapur, artinya wajib menghabiskan!!!
saking capeknya, anak2 satu meja makannya kayak org nggak makan seminggu. salah satu teman aiz cewek ada yg makannya bikin orang eneg menyaksikannya. belum habis yg dimulut, udah disumpel yg baru. belum habis yg baru, udah keburu disumpel lagi. mana pas habis nyumpel, pake acara ngobrol…..buset. makanan yg dimulutnya ikut muncrat bok! bikin perut tambah mual. saya berusaha nggak menyaksikan adegan pemuncratan tsb, tapi nggak tau kenapa, kok mata ini nggak bisa 100% beralih, masih aja ngintip. hehe. penasaran kali, sebanyak apa sih itu bocah makannya……amazed juga. dibanding sama aiz yg makannya bak putri keraton….lebih memilih makan salad yg banyak ketimbang makan pizza (padahal emaknya nggak nyuruh diet lho…..heran deh).

jam 6an, kita semua selesai makan. belum juga meja dibersihkan, masih mendengarkan instructor berkoar2 pake halo2, tiba2 kok pala pusing. ah, capek aja kali. jadi saya banyak minum air putih aja. sambil tetap mendengarkan aba2 buat program berikutnya, yaitu firecamp (pasti seru deh). setelah fire camp, ada acara night ski (bagi yg mau). bagi yg nggak berminat, bisa istirahat di cabin.

10 menit habis kepala pusing, tau2 dada terasa sesak. saya pikir mungkin kebanyakkan makan. biasa kalo terlalu di forsir makan banyak, suka begini. jadi masih santai aja. nggak lama, kok pusing dan sesak nya bertambah parah. leher saya terasa seperti dicekik, susah nafas. kayak ada pembengkakkan di kerongkongan. mau menghirup oksigen rasanya susah banget. belum lagi, ditambah tangan kanan dan kiri mati rasa, geringgingan, mirip rasanya dengan kalau habis kena suntik anastesi, perlahan2 mati rasa. kaki dan tangan gemetar, dada makin sesak dan ditambah ada rasa kebakar didalamnya.
mampus.
waktu itu, pikiran saya langsung aneh2…..kena heart attack? atau asma? kena diabetes? atau penyakit serius apa nih? rasanya kayak ajal udah diawang2, tinggal menunggu saat2nya. mana suami jauh. anak2 pisah. in the middle of kampung di gunung antah berantah pulak, yg RS nya lumayan jauh harus naik mobil ke kota terdekat. tambah panik.

untung….
namanya camping di sini, pasti dilengkapi dengan tim paramedik. jumlahnya malam itu ada sekitar 4 orang. saya ditemani oleh 1 orang paramedis dan 1 orang instruktur yg seharian membimbing grup kami. paramedis nya cowok, masih ting2 dan sangat goodlooking – mirip2 hugh jackman. tapi tetep nggak membuat saya lebih baik malam itu. dia memeriksa semuanya, dari tensi, detak jantung, dan sejuta pertanyaan yg menurut saya gak penting banget (baru nyadar beberapa waktu kmd, ternyata dia berusaha membuat saya lebih tenang dan tidak terfokus sama sakitnya).
hampir 45 menit saya terkapar, kadang2 rasa burning sensation nya hilang, kadang2 timbul lagi. setiap 10 menit rasanya jantung saya kayak dikejar maling, cepet bgt. sampe di kuping berasa kenceng. instructor yg cewek, bolak balik bawain saya air minum. saya nggak enak juga, niat ikutan camp sebagai volunteer, eh, malah jadi pasien dadakan!

si instructor cewek ini nanya2 masalah kesehatan saya. olahraga saya. kondisi saya belakangan. saya bilang, saya sehat kok. as healthy as a horse! belum pernah ada major attack spt ini. cek rutin tahunan juga selalu normal. olahraga lumayan rutin, walaupun cuma jogging2 dan main tennis di wii 😀 .
karena nggak enak ati, saya minta dia bawa saya yg malang ini ke emergency. takut juga sama yg namanya serangan jantung kan kadang suka nggak pake permisi. nggak pandang umur juga. sepupu nya suami saya meninggal kena serangan jantung diumur kurang dari 35. almarhum sendiri nggak pernah punya penyakit jantung sebelumnya! mertua saya meninggal karena serangan jantung. trus, anak teman saya yg pernah saya posting disini bbrp minggu yang lalu, meninggal mendadak juga karena penyakit yg tidak pernah ketahuan sebelumnya. bikin saya tambah parno!!!! walahualam sih, namanya umur kita sudah dijatah. tapi…paling enggak bertindak sebelum menyesal, kan nggak salah juga toh?

karena sesak nafas nya datang pergi, dan kadang2 rasanya kayak terbakar……mereka akhirnya nyerah juga, saya diboyong ke ER di RS lokal yg kira2 20 menit naik mobil melewati hutan2 belantara dan rumah2 petani. jalanan mobil juga cuma cukup 2 jalur. jalan kampung. mana snowing hebat malam itu.

sampai di ruang tunggu ER, saya masih juga disuruh nunggu. dokter dan suster jaga masing2 cuma 1 orang. saya masih juga di interogasi, ditanya gejala2nya dsb, ditanya health card, nomor telp suami, bla bla bla. abis itu juga nggak langsung diboyong masuk. masih juga disuruh nunggu. menunggu dan menunggu……
sementara, leher ini rasanya makin kecekik, malah sekarang seperti ada bolanya didalam leher, sehingga mau menelan ludah aja nggak bisa. kakek2 yg udah tuwa banget yg duduk disebelah saya, sampe bingung. karena saya udah kayak ikan kehilangan oksigen….megap2. susternya tetep aja hilir mudik sok sibuk! akhirnya saya manggil dengan tergopoh2 (krn suara boro2 keluar, bisa nafas aja udah alhamdulillah bgt). susternya akhirnya mendengar…..dan melihat saya yg udah pucat pasi, dia langsung ambil kursi roda dan menggiring saya ke kamar periksa. legaaaaaa. biarpun nantinya kenapa2, toh saya udah di RS. waktunya untuk telepon babe. siap2 bikin suami sendiri sakit jantung juga!

*kriiiiing…!*
baru sekali udah diangkat. si babe, diujung sana, langsung hepi. teriak2 nggak jelas. “mamiiiiiiiii……kemana ajaaaaaaaaaa…….kok sms nggak dibales2………….disana seneng nggaaaaaaaaaaak……mbak aiz manaaaaaaaaaaaa………..dadi kangen niiiiiiiiiiiiiiih……”.
begitu saya cerita semuanya panjang lebar, dia langsung yg berubah total suaranya, “whaaatttttttttt?????? masyaallah…kenapa? kamu baik2 kan skr? mbak aiz gimana? kamu sama siapa? emang awalnya gimana? sakit apa???? aku kesana yah sekarang????”.
itu dia buntutnya….pasti responnya “aku kesana”. emang suami saya tercinta ini paling nggak bisa pisah lama2 dari bini dan anak2nya. sesuatu yg nggak ada alasannya untuk bilang iya. kecuali untuk keperluan2 tertentu seperti volunteer atau saat2 yg keluarganya nggak bisa ikut. tapi kalo dia nyusul bawa 2 anak kecil malam2 dan menempuh 3-4 jam perjalanan menuju gunung yang jalannya seuprit dan lagi blizzard dan…….haduh!. saya yg denger aja jadi pusing. mana mau ngomong suara rasanya susah keluar gara2 sesak nafas. kalo org lain dengar, pasti menyangka saya lagi mendesah2 ditelepon….bikin mual yg mendengar. 😛 .
“udah, besok pagi aja kalo mau nyusul. aku gpp kok. kan udah di RS. ok? aku hrs diperiksa nih. nanti dikabarin ya? daaaa!!!”.
*klik*

untung HP ada sinyal disini. di camp mana bisa. makanya sms nggak masuk.

dokter jaga dateng. saya di cek EKG. cek darah. cek urine. cek gula darah. semuanya normal, alhamdulillah banget. tapi kenapa ya?
katanya sih, kena syndrome panic/anxiety attack. semacam stress di bawah sadar, yang dalam statement tertentu bisa menjadikan fisik kita melemah. akibatnya bisa macam2, ada orang yg larinya ke perut. ada yg ke pusing. ada yg sesak nafas. ada yg pingsan. ada yg keringet dingin. tapi kalo saya, jadinya kok separah itu sih? kirain kena serangan jantung….udah sampe flash back sore itu, saya banyak dosa nggak ya? pernah mimpi aneh2 nggak ya belakangan ini? pernah ada firasat buruk nggak ya? pernah ada bad luck nggak yah? atau mitos2 lain yg saya cuekkin? hahaha. keadaan itulah yg membuat fisik tambah melemah. tambah kecekik. tambah susah nafas. makin panik soalnya.
STRESS?????? stress apaan yah? perasaan saya orang paling doyan becanda dan nggak pernah mikirin sesuatu sampai berlebihan? auk ah. yg penting….saya jadi warning. lain kali, saya nggak boleh panik kalau hal ini terjadi lagi. belum ketemu penyebabnya. kata para instructors sih, mungkin saya merasa seperti terkungkung diruang tertutup yang bising (anak2 kan wkt itu emang ribut banget) dan penuh dengan orang.
AH…NGGAK PERNAH BEGITU SIH SEBELUMNYA? malah saya doyan ngemall, kurang bising dan kurang penuh apa tuh mall?
jangan-jangan…….gara2 terhipnotis sama adegan makan temennya aiz tadi? hihihi.
tapi kalo kata bapake, “kamu lupa bilang assalamu’alaikum kali….‘yg nunggu’ camp nggak terima”. semprul. serem amat. mana waktu itu habis nonton film vampire….heuheuheu.

Besok paginya, ketika keadaan saya mulai membaik (setelah semalaman masih parno nggak mau tidur, takut sesek nafas lagi), si babe telepon ke office dan katanya lagi on the way ke camp. ya ampuuuuun. bener2 deh tuh bapak. anak dua dibiarin bolos sekolah. padahal kan saya udah baik2 aja. udah tau deh, kalaupun begitu lagi, saya harus tetap tenaaaaaaaang…..kalau perlu mencari ketenangan ditempat terbuka. sambil mikir yg indah2 dan lucu2. itu saran dokternya.

Saya nggak bisa report cerita camp di hari Kamis dan Jumat ya, kira2 program nya sama spt hari rabu, plus ada acara ice skating di tengah2 danau, tobogganing dan another campfire sampai malam.

ah..nasib. maunya membantu jadi sukarelawan, malah jadi pasien dadakan. memalukan banget deh. baru kali itu jadi pusat perhatian ratusan anak SD (nggak cuma dari sekolah aiz aja, ada sekolah2 lain juga) dan pekerja2 camp plus guru2 aiz….omaigaaaaaaaad!

gak lagi2 deh ikut2an camp.

dsc01039
makan bersama (hari pertama masing2 harus bawa lunch dari rumah).
dsc01049si momi lupa diri.
centreofthelake
ngumpul ditengah2 frozen lake
dsc01059
aiz enjoy bgt cross-country ski
cabin1
di dalam cabin #10
dsc01093
temen ais si “J” (baju ijo) yg makannya bikin saya syok. hehe.


situasi cabin, next to the boyz’s cabin.

Cerita Camp Rock!!!!

March 10, 2009 § 9 Comments

cerita singkat dan gambarnya, bisa disimak DISINI. kapan2 nanti saya cerita versi EMAK-EMAK deh….lebih detail….lebih gossipy…..lebih hebwoh…..lebih HHOTTT (haha)……dilengkapi cerita yg pake acara masuk EMERGENCY segala…dan upload video2nya juga. sabar ya…..

Adel Jayuz

March 10, 2009 § 4 Comments

kemarin, dikasih tebak2an sama Adel…..(adel anak nomor 2 yg msh kls 1 SD).

(Adel) knock-knock
(Momi) who’s there?
(A) Tenis
(M) Tenis who?
(A) Ten is 5+5….

*ih, ga lucu ah*

gak lama dikasih tebakkan lagi…..

(A) knock-knock
(M) who’s there?
(A) Ken
(M) Ken who?
(A) KEN you get out of my house???

*grrrrr*

belum kapok juga dia…..

(A) knock-knock
(M) who’s there?
(A) Water
(M) Water who?
(A) Water you doing in my house???

HUH! *sambil moles jidatnya*
….tapi sebagai ibu yg baik, pura-pura ketawa juga sih….. 😀

whatta nightmare (s)

March 8, 2009 § 8 Comments

SAYA cukup enjoy dan lupa diri menikmati hari2 – oops – minggu2 terakhir dengan melahap 4 buku Twilight Saga. tapi (pasti lah) tersendat2 karena tak lain karena keterbatasan waktu. waktu. waktu….dan full of distracting, obviously – monster2 kecil saya yg juga butuh perhatian…..
seandainya waktu bisa dibeli. atau bisa ditarik ulur biar sehari itu bisa 12 jam siang, 24 jam malam. saya pasti bisa menyelesaikan 4 buku dlm waktu singkat! haha.

disela2 ‘kebahagiaan’ saya baca serial tsb, nggak kurang dari 5 kali saya terjebak nightmare. saya juga nggak tau, kenapa bisa begitu. padahal kemasan ceritanya sendiri dibuat halus, jauh dari kata2 yg mengerikan. malah banyak juga diselipkan konyol2an yg bikin saya tersipu2 sendiri. two thumbs up buat Stephenie Meyer!

nightmare nya menjijikkan. di ‘serial’ mimpi pertama : paling ‘berkesan’, ketika tiba2 mulut saya terasa aneh. saya makan sesuatu tapi kok rasanya bikin muntah. didalam mimpi itu, saya sempet mikir lamaaaaa, sampe akhirnya saya ngeh kalo saya adalah seorang VAMPIRE…….. terus….ada si edward disitu, kita sama2 ‘hunting’ burung2 di pantai. rasa darahnya terngiang2 sampai sekarang. omaigaaad! so sick!
nggak lama, saya terbangun shock….langsung pusing kepala. inget bau anyir hasil ‘hunting’ burung….rasanya masih tersisa dimulut. buru2 saya langsung ke kamar mandi dan kumur2 pake listerine.
nggak menyangka, pusing kepalanya terus berlanjut sampai sekarang…..mudah2an bukan karena penyakit serius, tapi karena my freakin’ nightmare!!!

mimpi ke dua.

masih seputar ‘peristiwa berdarah’. tapi kali ini…lebih menjijikkan. saya sendiri males cerita.
heran juga, kan itu romantic story, nggak jauh beda dengan kisah romeo dan juliet….CRAZY IN LOVE ONE ANOTHER – dan saya orang yg gampang terbuai dengan kisah2 romantik….day dreamer…doyan bermimpi di siang bolong (dulu sih-skr gak sempet mimpi siang2)….mengumpamakan diri sendiri jadi salah satu tokoh dongeng…..you know…longing for the prince charming- kind-a-thing? 😛
tapi kenapa justru mimpinya bukan milih yg bagian cinta-cintaan…..tapi malah yg bagian horrornya.
sebellll.

mimpi ke tiga.

saya tenggelam! gara2 baca buku kedua. padahal, dulu teman2 menjuluki saya ikan duyung…….renang adalah urutan penting nomor 2 setelah sekolah. tapi di mimpi itu rasanya bener2 spt tenggelam. begitu terbangun, saya baca semua surat yg saya inget….istighfar entah berapa ratus kali.

mimpi ke empat dan kelima.

lupa. karena mimpi2 ini terjadi disaat saya ketiduran, bukan tidur malam lho…ketiduran krn mata lelah. cuma nggak kalah horror sama sebelum2nya.

walaupun begitu….tetep saya lanjutkan lagi buku berikutnya. bener2 bikin orang addicted. sialnya, buku ke 3 dan 4 cuma ada edisi hardcover…yg harganya $20an/biji. mana pernah beli buku harga segitu sebelumnya. tapi ini dibela2in deh gak jajan….demi baca lanjutannya……hahaha.

ironisnya lagi,
saya dapat warning, di-protes suami gara2 buku ini…..kalo mau baca, pas aku gak dirumah donk…!“.

*jeles juga dia sama kang edward….* LOL.

Where Am I?

You are currently viewing the archives for March, 2009 at My Life Abroad.