sok sibuk

February 13, 2009 § 12 Comments

udah 2 minggu belakangan, saya SOK sibuk. hampir setiap hari kalau lagi agak2 renggang, saya volunteer di sekolah mbak ais dan aidan. tadinya nggak terpikir mau volunteer, mikirnya, pasti mereka nggak butuh orang lagi karena saya suka liat ortu2 seliweran disekolah. tapi baru tau pas aidan bawa pulang school’s newsletter bulan februari, kalau sekolah SANGAT SANGAT membutuhkan volunteer! selama ini ternyata cuma punya 1 orang volunteer tetap, sudah 3 tahun dia disitu.
sebenernya sih males ya, wong ngurusin urusan bisnis sendiri aja keteteran. tapi pikir2, cuma 1-2 jam seminggu minimal, kenapa enggak? lumayan bisa buat referensi kalau suatu hari ngelamar kerja.

kerjaannya gampang banget, karena sekolah mereka tiap hari menyuplai snack buat 253 anak, jadi lumayan gempor lah kalau selama ini cuma 1 orang doang yg preparing semuanya. kasihan banget. jadi akhirnya, saya dengan ikhlas (ikhlas beneran lho….) bantu2 sekolah dengan datang tiap hari selama 1-2 jam (tergantung banyak/enggaknya yg kudu dikerjain). ternyata enak juga…. karena pantry/ruang snack letaknya di salah satu ruangan di dalam Gym, jadi asik aja sambil kerja nonton anak2 olahraga. apalagi kalau anak2 TK yg lagi olahraga, lucu…biasanya Gym Teacher-nya pasang musik keras2. banyak juga sebenernya yg dikerjain, cuma karena saya enjoy, jadi nggak berasa. yang harusnya bisa dicicil, kadang saya hajar aja sampe selesai. kadang2 mau pulang juga tanggung, karena aidan sekolah cuma 2 jam setengah. baru duduk sebentar dirumah udah hrs jemput lagi….mending disitu bantu2. (naluri pembantunya keluar bok! – maklum orang udik…:D).

ini ada cerita lain lagi yg berhubungan dengan SOK sibuk.

karena dulu pernah ikutan program pertukaran pelajar sama EF, saya pernah kepikiran mau ngirim anak2 nanti kalau mereka sudah SMA. lumayan buat pengalaman hidup dan culture. belajar mandiri juga. terutama belajar mengerti orang lain dan bersabar.
lagi baca2 katalognya, eh, kok ada tawaran jadi Local Coordinator. sebenernya fungsi utama local coordinator ini membantu student2 EF dari seluruh dunia yg sekolah disini. selain membantu kalau ada masalah, juga memperkenalkan mereka ke culture lokal. the fact is, saya sendiri bukan orang lokal, parahnya, baru pindah ke kota ini less than 6 month!. apa yg bisa diperkenalkan ke mereka? wong jalanan aja nggak hafal2. tapi cuek aja lah….ajuin lamaran. 1 bulan berlalu, saya sampe lupa pernah ngelamar. tau2 dapet email balasan, mereka butuh orang! seorang regional coordinator menelpon saya. kita ngobrol ngalor ngidul. saya jujur-jujuran bilang kalau bukan orang lokal, bahkan bukan org canada. saya cerita niatnya sebenernya bukan ngelamar, tapi pengen cari tau buat anak2 nanti. tapi lumayan sih kl ada peluang, lagi2…bisa nambah2 referensi di resume…hihi.
ternyata si RC ini malah justru tertarik karena saya mantan pelajar EF, yg walaupun blo’on urusan paperwork dan managing student, tetep menurut dia aset yg bagus. lucky me. jadilah saya seorang Local Coordinator yg kerjanya kebanyakkan dari rumah ; senangnyaaaaaa ada kegiatan baru. lumayankan sambil jaga anak2 (dan ga perlu bayar2 daycare), bisa sambil ngerjain kerjaan lain. tapi tetep [sok] sibuk. pas!

kerjaannya sebenernya simpel dan nggak menuntut banyak waktu (amat sangat flexible), selain membimbing dan memantau student2 EF di area saya, juga siap2 kalau mereka punya problem apalagi biasanya banyak tuh yg hubungannya nggak harmonis dengan host family nya. maklum lah…boleh numpang….dan si student biasanya anak2 manja yg datang dari belahan dunia lain (dengan culture yg berbeda). alhamdulillah, 2 “anak didik” saya manis2. nggak banyak tingkah. dan keluarga angkat mereka juga orang2 baik dan parent figure sekali. yg satu orang korea, yg satu orang mexico. beberapa kali saya ngobrol dengan mereka di telepon, tanya progress dll. kapan2 mau mengajak mereka hang-out….just to have some fun. mereka juga rajin mengirim progress sekolahan ke saya…..what a sweet! (jadi berasa tuwir euy!!!).

bulan2 februari ini, kerjaan lumayan banyak, nanti mungkin masa2 spring-summer, lebih ribet lagi karena harus sibuk ngurus2 sekolah mereka dan penempatan (placement) dengan calon host family. saya sekarang harus memilih calon2 exchange student yg BAKAL datang bulan agustus 2009, nanti masa2 placement, saya harus match mereka dengan host family2 yg ada di list. gampang2 susah dan gambling banget. kalo cocok ya bagus, kl enggak ya problem nya nanti dimakan saya sendiri. dari 2 katalog yg tebelnya lebih dari yellow pages, saya harus mengandalkan feeling, indera ke 6 (hehe) dan sedikit sense of gambling…….tampang mereka di foto baik2 semua. data diri mereka juga ya…bisa2nya mereka lah sebut yg baik2. hehe….pengalaman pribadi….:D
jadi satu2nya cara jitu (yg pernah diajarin mantan boss dulu jaman nyari pegawe baru), cari yg tulisan tangannya bagus dan terorganisir. cara orang menulis biasanya mencerminkan karakter. wajah nomor 2. apalagi isi dari application nya. hobby dan kebiasaan mereka juga menurut saya penting banget. orang bisa terlihat dari situ, semakin aktif dia, berarti orangnya nggak banyak menyimpan uneg2. hehe. paling tidak, kalau ada masalah nggak terlalu terpaku dan stress sama masalah tsb, bisa ‘melarikan diri’ ke hal2 positif, yaitu aktivitas. pintar nomor sekian. karena pintar itu kan relatif, banyak kendala kenapa nilai nggak bisa bagus. tapi asal kemauan keras dan niat mau menjadi exchange student bulat, itu sih yg penting.

haduh, kalo inget dulu….saya merasa dulu itu the luckiest EF student at the moment. saya dapat host family yg baik. mereka dokter spesialis, nggak punya anak dan rumahnya dilengkapi segala fasilitas termasuk kolam renang dan sauna. kapan aja, saya bisa berenang. mereka orang yg caring, menganggap saya ini anak sendiri. kalo si “mamah” ngajak shopping ke mall, saya pasti kecipratan. udah gitu, money is not the issue, apa yg saya mau, boleh…asal dipake. sampe2 pernah dibeliin coat yg saya suka modelnya, begitu liat harganya $500. trus sy males lah ya….ini ngemis apa nodong. tapi pas dia tanya, gimana…cocok gak? saya spontan aja bilang enggak. abis mahal. sama dia diambil dan dibawa ke kasir…..jebret $500 buat sebuah coat (wkt itu tahun 1990 bok!). SAMPE SEKARANG SAYA BAWA COAT TERSEBUT dan MASIH RAPI TERGANTUNG DI CLOSET KAMAR…..(size nya udah nggak muat lha yaaaw….:D).
setelah waktu berjalan…..setahun saya tinggal sama mereka. I had the most memorable year ever! saya masih menganggap mereka orang tua, mereka yg akhirnya mengadopsi 2 anak masih menganggap saya anak sendiri. mereka tinggal di Boston sekarang, menunggu masa2 pensiun. masih suka email, telepon, dan kirim2 gift kalau ada occasion. jadi walaupun jauh dari orang tua, saya merasa ada orang tua lagi…….enak ya kalo punya 2 orang tua….hihi.

back to topic.

istilahnya skr saya lagi “shopping around” nih sekarang, udah kayak liat katalog baju aja. hehe. tinggal yah sambil cari2 peluang kalau2 disekitar sini ada host family yg mau volunteer ambil international student. biasanya mereka2 ini keluarga yg kepingin merubah situasi…bosen sama keadaan yg monoton. hosting seorang international student kan juga perlu perjuangan, terutama urusan adaptasi kedua belah pihak. tapi banyak org yg merasa itu tantangan, pengalaman baru, sesuatu yg bakal diingat seumur hidup. pengen juga sih suatu hari nanti, kalau anak2 sudah agak besar. nggak enak juga “ngadopsi anak orang” tapi istilahnya dia harus babysit anak sendiri…hehehe….abis emang masih kecil2 dan butuh perhatian extra sih.
akhir maret, saya harus ikut national meeting EF seluruh canada di Quebec City, yg konon kota tercantik dan terklasik di canada yg masih pure bangga menggunakan bahasa perancis. bakal ninggalin anak2 selama 3 malam 4 hari. huhuuuuu…belum pernah pisah nih…..pasti berat banget!
akhir februari tgl 25-28, saya ikut mbak ais camp di Wanakita Camp, kira2 2.5 jam dari rumah. saya sebagai salah satu volunteer….(total cuma 2 sih). itung2 sekalian jaga anak gadis..hihi. seru kali ya…mudah2an dia dan teman2nya bakal senang disana. lagi2, saya harus ninggalin anak yg 2 dirumah sama babenya. mungkin harus dititipin ke tetangga karena babe harus kerja. tapi untuk bulan maret, babe udah prepare, dia udah minta jatah cuti 3 hari, dan si boss udah confirm OK. legaaaaaaa.

ya-gitu deh…
kerjaan “prakarya” saya terbengkalai belakangan ini. tapi kalau malem2, suka disempet2in sih, kutak kutik di depan “meja kerja” dan masih berniat ngejar craft show buat spring nanti. kebetulan, ada orderan goodybags dari si ibu ini. kebetulan ada bahan dari Ikea yg motifnya animal zoo….cucok buat anak2 dan…keliatannya edisi ini udah nggak keluar lho di ikea. can’t wait to see the girls! (& traveling d’downtown).

walopun sok sibuk gini, FB dan ngeblog masih lancarrrrrrr lhooooooooo!

♥♥♥♥♥ Happy Valentine’s day….! ♥♥♥♥♥

§ 12 Responses to sok sibuk

  • mommy axel says:

    Hepi Valentine, Mbak Silly and the genk.

    Heran ya, 1 hari cuma 24 jam, terus yang 8-10 jam kan dibuat bobo, lha itu si Mbak bagi waktunya gimana?? Oalahhh…

    Waaa… aku tertarik tuh, yang ngurusin pertukaran pelajar itu. Perlu bantuan dari Indo ga?? Serius nih, cuma ngebantuin apa yah??

  • arman says:

    wah seru banget ya kegiatannya…🙂

    ngomongin resume yang diliat aktifitasnya, ini suka bikin gua keder. emang gua juga tau kalo orang tuh suka ama orang yang aktif. malah kalo ngeliat resume orang tuh bisa yang aktifitasnya banyak banget. ikutan senat lah, perhimpunan ini lah, klub itu lah… lha gua sendiri paling males ikut ini itu. hahahaha.

    pas kuliah kegiatannya cuma ikut kelas, trus nongkrong di kantin, atau ke mal. huahahaha. kaco ya…😛

    untung begitu lulus, langsung dapet kerjaan.. hahaha

  • silifrebrian says:

    mommy axel :
    bagi waktunya…kan mereka2 itu fleksibel. dikerjain kapan aja pas lagi luang. nggak spt ngantor yg harus dateng dari jam 8-5 sore. kerjaan ini, lebih banyak per telepon, email dan lapangan (in a fun way! hehe).
    yg di indo, spt nya mereka punya grup sendiri. EF Indonesia dulu sih di Kuningan (Rasuna Said), skr nggak tau juga pindah kemana.

    Arman :
    man..ini kan cuma menurut gue. karena udah kepusingan milih student dari ratusan pilihan. daripada gw bingung sendiri mendingan milih berdasarkan pengalaman pribadi. gua dulu jaman sekolah doyan bgt keluyuran…ada aja yg dikerjain. dari olahraga, musik, nari, kecuali organisasi which is gue kaga tertarik sm skl krn repotnya gak asik kl menurut gua..haha. nah yg gw rasain, kl gw ada masalah, pasti pelariannya ke olahraga. mendadak semua lupa!
    skr krn keterbatasan waktu dan keadaan, olahraga bukan pelarian lagi….pelarian gw sekarang anak. kalo bad mood anak kena semprot, kl lagi good mood maen bareng sama anak…hehe.

  • Liza says:

    Ck..ck.. beneran sibuk euy.. tengkyu masih sempet bikinin lootbag😉. Can’t wait to see you tomorrow !

  • Runi says:

    sini mbak coat-nya buat aku aja.. hehe. kaya muat aja..

  • silifrebrian says:

    liza :
    kalo buat duaes, enggak sibuk koq!

    runi :
    boleh run…pasti muat. tapi coatnya tebel lho..dari bahan wool dan panjang se paha gitu. wkt ke jakarta nggak dibawa krn wkt itu dah overweight, tapi pas aku ke boston ke rumahnya sherry & dick th 2004, mereka menghibahkan lagi…katanya…lumayan buat kenang2an. ternyata…waktu ditinggal itu sm dia disimpen – punya feeling kali kl aku bakal balik lagi….:D

  • sikiky says:

    gue aja bacanya kok capek ya mbak…:)
    how’s your palentin day? :p

  • Esti says:

    Happy Valentine Day Sili & family.
    Waktu baru lulus SMP anakku Dita sebetulnya sudah diterima program 1 thn EF di Canada/Amerika. Dia di test sama guru yang orang Canada dan langsung diterima. Padahal udah bayar test eee…anaknya mundur katanya ntar aja. Awal tahun ini dia diterima program Nacel untuk tinggal 10 bulan di USA. Kita sekarang lagi nunggu dimana dia nanti penempatannya. Mudah-mudahan dapat host parent yang baik dan cocok seperti orang tua angkat Sili ya..

  • D-eby says:

    congratulation ama role barunya🙂 wadoh naga2nya nih blog jadi agak lama buat update nih dengan bertambahnya kesibukan🙂 aniwei sukses trus deh buat jeng sili..:)

  • silifrebrian says:

    kiky :
    iya yah…kayaknya segitu sok sibuknya kali ya…padahal sih kl dijalanin biasa aja lho…msh bisa napas teratur – hehe. buntut2nya, kl kecapekan, suka bolos2 volunteeran disekolah….palagi kl udah ada ibu2 lain yg dateng (skr nambah 1 lagi…asik..berarti bisa mengurangi waktu lah).

    Mba Esti :
    happy valentine juga mbak.
    jadi mau ditinggal nih emaknya??? yakin mbak bakalan kuat…hihihi. dulu aku sih santai2 tapi si mamah yg kayak kebakaran jenggot. padahal yg maksa2 juga dia. tau2 pas udah kejadian, dia yg “homesick”.
    mudah2an mbak…dpt hostfam spt aku…..tp kalopun enggak mbak, kl nggak dilepas gt aja kok. kl nggak cocok diusahakan dicari gantinya yg baru. itulah tugas aku menangani semuanya kl ada masalah spt ini.

    shanti (d-eby) :
    enggak lah…ngeblog itu my other sanctuary….hehe…thanks ya. gmn..di bld musim apa skr?

  • D-eby says:

    well still gloomy,wet and windy sometimes😦

  • novnov says:

    cieeeehhhhh si mommy sibuks yahhh…hepi valentine jeung…..

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading sok sibuk at My Life Abroad.

meta

