big smile

October 26, 2008 § 20 Comments

pergi ke dentist. salah satu momok bagi saya di dalam hidup ini. gara2 dari kecil sudah langganan mondar mandir ke dokter gigi, cabut sana cabut sini, tambel sana tambel sini, malah sempet pake brongsong segala buat memutihkan gigi……..aduh…rasanya kalo boleh memilih, saya mending jadi dokternya aja deh ya. selain nggak kesakitan juga dapet $$$….ijo deh.

setelah 2 tahun alpa ke dokter gigi, akhirnya dengan berat hati saya bikin janji dengan dokter gigi yg dipilihnya dengan cara ‘cap-cip-cup’, asal milih berdasarkan feeling dan ilmu nujum…dari namanya yg lumayan meyakinkan dan lokasinya yg dekat dengan dokter keluarga dan rumah. dasar pemalas. biarinlah, semua dokter disini kan juga pasti lulusan universitas baik dan kalau cuma urusan perawatan gigi aja sih kecil.

kunjungan perdana saya ke dokter gigi, dilalui dengan sukses. gigi2 saya di x-ray dan dibersihkan hingga kinclong dan rasanya licin banget. hasil x-ray menunjukkan ada beberapa lubang di gigi2 geraham atas, kanan dan kiri. jelas2 yg kanan itu sudah perlu dipermak, karena kalau minum/makan yg panas/dingin suka ngilu. 2 tahun lalu, ketika masih di dallas saya pernah exam gigi juga, dan dasar dokternya mata duitan, saya dikasih rincian biaya yang bikin gigi2 copot. gelok lah…masak sampe 7000 dollar! siapa yg mau bayar? dokter giginya? ternyata selidik punya selidik, karena asuransi saya mau cover 80% dari biaya keseluruhan, dan itu juga termasuk biaya membungkus semua gigi depan pakai porselen. biar putih dan senyumnya kinclong sukinclong! gigi yg bolong disuruh dibungkus (crown) karena katanya udah hampir mengenai syaraf.

gak perlu!!!!!! emangnya profesi saya menjual tampang apa? yg penting, jiwa raga sehat dan kalo urusan senyum2 doang…ya….nggak jelek2 amat lah…(idih…ngomong deh sama ember). alhasil saya nggak pernah balik2 lagi ke dokter gigi itu! padahal harusnya paling tidak yg bolong2 ditambel lah……(kalo bisa nambel pake yg buat nambel ban….gue kerjain sendiri deh😀 )

gitu deh. bersyukur juga dentist2 canada nggak (terlalu) mata duitan. walaupun saya tetep disuruh kontrol bolak balik, tapi saya juga nau’in lah, emang gigi2 geraham ini perlu pertolongan! jadi ini sudah kali ke 3 saya balik kesana. kedatangan yang ke 2, gigi geraham kanan atas ditambal. karena udah lama nggak pernah nambal gigi, waktu itu saya takut setengah mati. nerves sampe2 pegangan korsi mau copot krn diremes kuat2…padahal baru di liat2 doang pake alat2nya yg mengerikan itu.
apalagi pas si pak dokter mau nyuntik kebal ke gusi, 2 suntikan bo! sakitnya sih cuma kayak digigit semut, masih sakitan di suntik epidural……! tapi bentuk suntikannya itu, yg terbuat dari stainless steel, persis kyk yg di pelem2 buat nyuntik mati binatang. hihihi. ya..nerves juga nek! dokternya sempet nanya, mau ditambel pake yg silver, apa mau pake porselen biar sewarna dg gigi?
“yang murahan aja deh dok”. *toh juga ga ada yg ngliat*.
akhirnya pake yg warna silver.

judulnya, kedatangan ke 2 lumayan sukses lah. gigi yg ditambal sudah bisa makan enak. walaupun masih kadang suka ngilu2. kata dokter giginya gapapa, karena bolongnya sudah membesar, jadi lumrah kalau awal2nya ngilu.

minggu lalu hari rabu, saya dateng lagi…..”dating” saya dengan pak dentist yg ke 3. kali ini geraham atas kiri. bolongnya nggak terasa besar, ngilu juga enggak. saya sempat juga bertanya2 sendiri, kalau nggak bolong, kenapa harus ditambal sih? (gigi yg ini dulu pernah ditambal, dan tambalannya masih ada). udah curiga aja jangan2 ini permainan para dokter supaya pasiennya dateng terus….
ternyata, setelah disuntik kebal 2 kali, ketika gigi malang itu di bor, ngilu minta ampyun. lebih2 dari ngilu gigi yg kanan sampe ngos2an nahannya. dentistnya sampe bingung. suntikan ke 3 mendarat di gusi yg sebelah dalam. langsung berasa kebal, tapi nggak sakit sama sekali karena udah kebal dari 2 suntikan sebelumnya.
5 menit dokternya masuk lagi, gigi di bor lagi. NGIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIING…….jadi inget tukang las sebelah rumah mertua dulu. yg kalo siang2 suka bikin pusing kepala, rasanya pengen ngelempar pake sepatu….ngilu bgt. cilakanya, disuntik 3x juga masih kerasa ngilu. dokternya mulai bete kali ya. walaupun dia tetep berwajah ramah. coblos lagi pake suntikan ke 4. EMPAT kawan2……cuma buat nambal 1 gigi doang.
alhamdulillah….setelah 4x suntikan, saya udah nggak berasa apa2. setelah di bor, ternyata itu lubang paling gede yg pernah saya punya. pantesan ngilu berat. untungnya, belum sampai ke root canal. kalo iya, itu bahaya. maap ya pak dokter, saya udah underestimate duluan, trauma sih sama dentist2 di dallas yg suka memanfaatkan situasi…..

tambalan yg ini, sengaja diisi temporary filling, karena sekalian diracik dengan obat yg bisa mengurangi ngilu. kayak antibiotik gitu, biar bakteri2nya pergi. selama satu setengah bulan saya harus mencium “bau rumah sakit” di dalam gigi saya. karena tambalan yg sementara ini baunya rumah sakit banget. minggu depan saya harus datang lagi, buat tambalan berikutnya. gilak kan? baru ini saya “ngedate” sama dokter gigi sampe berbulan2.

sementara, 2 minggu lalu babeh datang juga buat exam dan cleaning. hasilnya bagus. walaupun dokternya sempet terheran2 karena sekian puluh tahun nggak pernah bersihin karang gigi, tapi keadaannya bagus. nggak juga ada cavity (lubang).

minggu lalu, ais juga bikin janji dengan pak dokter gigi itu. saya minta di cek aja, karena dia lagi umur2 ganti gigi geraham. beberapa minggu terakhir sempat nggak enjoy makan karena gerahamnya ogleg2 dan sakit. maksudnya saya minta dokternya nyabut aja biar tuntas. tau2 2 hari sebelum hari H copot sendiri. setelah di x-ray dan dibersihkan, dia benar2 bersih dan gigi2nya juga tumbuh teratur sesuai tempatnya. TIDAK ADA CAVITY seperti gigi emaknya yg hancur lebur. sampai2 pas mau pulang, dokter nya tergopoh2 mengejar, mau motret ais buat dipajang di mading kantornya. digabungkan dengan foto2 pasien2 lain yg juga tidak punya cavity.

unyil2 yg 2 belum dibawa kesana. nanti tunggu emaknya tuntas dulu deh, udah mules liat dokter gigi………:D


maap kualitas fotonya alakadarnya….maklum cuma mengandalkan hp…

Tagged:

§ 20 Responses to big smile

  • ...ina... says:

    hahhaha… kek-nya nasib gigi lu ama gue sama persis…. dan hubby2 kita juga sama…

    Hubby g juga ga pernah bolong sama sekali giginya… duh, moga2 nasib gigi kezia nurun dari papanya…😛

  • KaReN says:

    Halo Sili..
    Blognya bagus deh..seneng liatnya
    salam bwt suami yg temen SMA gw dulu yaaa..

  • sisesu says:

    ina…toss!

    karen : sering2 mampir ya jeng…

  • deph says:

    ahh sama banget tuh nasib giginya kek aku.. suka ngiri sm giginya ayahnya-asha.. duhh, smoga giginya asha nurun dr bapaknya deh..

    mb ais giginya bagus deh, hebat bs mejeng gt bareng anak2 bule laennya.. dirawat terus ya sayang..

  • deph says:

    ahh sama banget tuh nasib giginya kek aku.. suka ngiri sm giginya ayahnya-asha.. duhh, smoga giginya asha nurun dr bapaknya deh..

    mb ais giginya bagus deh, hebat bs mejeng gt bareng anak2 bule laennya.. dirawat terus ya sayang..

  • sherly says:

    aduh… bacanya ngilu2 deh aku…
    semoga segera tuntas ya dating bareng dentistnya hehehe… memang kdg gigi yg kliatannya gpp eh malah gede lubangnya di dlm huhuhu…

  • sherly says:

    hmmm aku jg ga tau kenapa, soale yg lainnya koq bisa comment ya…

  • Liza says:

    Kalo yang gak punya asuransi seperti saya, bakalan bangkrut kalo sering-sering ke dentist ^_^ untung gigi geligi disini belum pernah ada masalah
    Btw, thanks untuk the cute gift.. sejak ada yang baru, yang lama ta’pensiunkan hehehe..

  • tyas says:

    hiks… paling males ke dentist..
    padahal ngerti banget ngerawat gigi tuh penting..
    mana udah banyak yg bolong pula..

  • sisesu says:

    @deph
    toss juga! ternyata aku banyak temennya…huhuy…!

    @sherly
    tauk tuh aku susah bgt. semalem coba2 lagi, keluarnya begitu juga sher….kenapa yah…? hiks.

    @Liza
    justru aku rela dipotong paycheck buat insurance krn tau gigiku bermasalah. kalo enggak bermasalah sih aduh…males deh…nah krn ga bisa cuma spouse doang dpt benefit, jadi terpaksa seluruh keluarga dihimbau supaya memanfaatkan…..rugi kl enggak..!
    kalau kalian ga bermasalah dg gigi sih….ga perlu lah. mending pulang ke indonesia aja bisa puas ke dentist! hehe.

    @tyas
    kalo ud banyak bolong mending cepetan deh. krn aku aja amazed bgt lubang membesarnya cepet bgt. kl udah parah, gawat….

  • caroline says:

    duh, langsung ngilu semua gigi gw, sil baca postingan lo ini.
    ngebayangin mesti disuntik 4 kali biar ga ngilu aja ud serem gw…
    btw, hebat dong si babeh giginya ga berlubang samsek. *plok plok plok*

  • Since says:

    Dokter gigi, udah sebel duluan n’dengernya😀

  • IndahJuli says:

    untung gigi gw ngak pernah bermasalah😀
    ke dokter gigi waktu SD, itu juga gara-gara adik yang harus pakai behel, tapi dia ngak mau sendiri, akhirnya gw juga pakai deh.
    Sejak itu kapok dengan urusan pergigian.
    Bacanya aja serem, apalagi ngalamin sendiri yah.

  • miz-bounty says:

    saya juga sebel ke dokter gigi , sayangnya tiap 6 bulan sekali ( minimal ) dah dapet panggilan kontrol , hiks …

    ketahuan nih si Sili suka yg manis2 , hehehe

  • sisesu says:

    dulu suka manis skarang malah enggak. tapi gigi udah terlanjur ancur…hehe…bukan nasi aja jadi bubur, gigi juga jadi ancur…

  • saya mnding dikasi duit daripada ke dokter gigi
    hehe
    tapi saya harus, kalau tidak ya tar sakit gigi bneran

  • sikiky says:

    jadi inget harus ke dokter gigi, udah setahun kayakya engga…:P

  • De says:

    harusnya abis lebaran tahun lalu gw balik ke dokter. Karena hasil x-ray nya ada 9 lubang minor. huahahahaha kurang banyak gak sih

    sampe udah selesai lebaran lagi nih, gw belum balik ke dokter.

  • mia says:

    pertama kali pergi ke dentist bareng misua, rasanya stres, depresi, mual sampe2 perut gw ga jelas antara mual dan kepengen BAB…hallah malu2in deh, asli gw paling takut ke dentist.

  • santos says:

    aduh2..dokter gigi? ah..enggak deh..jgn s,pi gua skt gigi. krn gua tkt ma dokter gigi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading big smile at My Life Abroad.

meta

%d bloggers like this: