an apple a day…keeps the doctor away!

October 2, 2008 § 12 Comments

pernah dengar selogan diatas? kalimat tsb ternyata sudah diciptakan ribuan tahun yang lalu oleh seorang dokter besar di yunani. walaupun cuma sebuah apel, tapi punya khasiat yang banyak. mengandung vitamin C dan berserat. katanya, sebuah apel mengandung vitamin C yang melebihi beberapa buah jeruk. padahal, selama ini kita menyangka jeruk lah yg punya kandungan vitamin C terbanyak. karena warnanya dan karena keseringan nonton iklan di tv….:D

kakak ipar saya yang seorang pelayar pernah bercerita, awal2 dia berlayar awal tahun 1990an, dia selalu mabuk laut. apalagi kalau melintasi perairan karibia yang katanya arusnya deras dan pasti menyebabkan mabuk laut. obatnya? cuma apel. makan apel banyak2, dan katanya sih bisa menghilangkan mual2. ternyata, berkat apel juga, dia jadi betah bekerja di atas kapal sampai sekarang.

berdasarkan slogan diatas, banyak sekolah2 yang menganjurkan anak muridnya mengkonsumsi apel paling tidak sebuah perharinya. sekolah2 di amerika, dimana sekolah2nya menyediakan menu makanan untuk makan siang, dalam seminggu mungkin ada 2-3 kali memilih apel sebagai buah/dessert nya. di Hamilton school board, dimana anak2 saya bersekolah, apel itu selalu tersedia didalam kotak didepan kantor sekolah setiap harinya! pertama kali saya antar anak2 sekolah, saya nggak ngeh, kalau boks2 apel disitu gratis buat siapa saja (murid2 dan guru2 tentunya). setiap hari saya lewat, selalu ada tumpukkan apel2 baru yang keliatan basah karena dicuci. lama2 penasaran juga, tanya sama mbak ais. katanya, itu buat snack. siapa saja boleh makan. disamping apel yang selalu ada setiap hari, anak2 juga dibagikan snack tambahan yang setiap harinya tidak sama. kadang2 dikasih cheese string, crackers with cheese, kismis, granola bar, malah sering juga dikasih sekotak susu. takjub juga lho….semuanya disupplai sama sekolah! demi membantu meringankan beban ortu2 yang selalu ribut dulu untuk menyuruh anak2nya makan makanan sehat. buntut2nya, banyakkan orang tua yg sibuk dan nggak mau pusing, mending ngajak anaknya yg susah makan ke mc donalds. selain nggak sehat buat pertumbuhan juga nggak sehat buat kantong (apalagi anak biasanya nggak cuma minta makanannya, tapi paket kids meal-biar dapet mainan).

semenjak saya tahu, setiap saya menjemput AIDAN dari ruang TK (kira2 10 menit sebelum mbak ais keluar), saya selalu ajak dia menuju ke kantor sekolah untuk mengambil sebuah apel. kalau dirumah, susahnya minta ampun suruh makan apel. kalo dengan cara begini, dia pasti makan, salah satu sebabnya karena ukuran apelnya mini dan imut. ‘salah dua’ sebabnya, karena lebih fun kalau jalan kaki untuk ambil apel sendiri!

lumayan….sehari paling tidak dia makan apel tanpa harus berantem dulu….!

yuk kita mulai makan apel setiap hari!


kira2 beginilah kronologis mengambilan apel setiap harinya. klik gambar kalau mau lihat lebih jelas.
(foto by paparazzi)

Tagged: ,

§ 12 Responses to an apple a day…keeps the doctor away!

  • Liza says:

    Iya Sil, teman ‘sepuh’ saya pernah ngasih tau “eat an apple a day keeps the doctor away, eat garlic a day keep your husband away” hahaha..
    Btw, Insya Allah rombongan sini akan ngunjungi Hamilton tanggal 12, jangan lupa pasang umbul-umbul yaaaa ^_^

  • novnov says:

    sayangnya aku kurang suka apel mbak……

  • sisesu says:

    sayang amat ga doyan apel. apel itu wenak kalo yg crunchy…jadi pengen…
    liza, ditunggu kedatangannya yaaaaaaaaaaaaa…..siap2 aja kaget kotanya kecil mungil. rumahnya juga mungil. haha.

  • sherly says:

    Fotonya rada gelap, tapi bagus deh sekolahnya berfasilitas OK sekali🙂
    Aku jg seorang yg kurang doyan apel, ntah ya… capek ngunyahnya hehehhe kecuali apel fuji dr jepang😀

  • sherly says:

    hufff…. udah beressssssssssss… lega buanget rasanya, trims encouragementnya🙂

  • miz-bounty says:

    sekolahnya patut di contoh nih , bagi2 gratis apel ..mimpi …sekolah di belanda pelit-pelit sayangnya

  • caroline says:

    huaaa… enak bener di sekolahnya di sediain apel gratis ud gitu sering dikasih snack gratis juga… kapan ya di indo ada sekolah yang begitu?
    mungkin klo di indo sekolah2 pada males sediain apel gratisan, tau sendiri orang indo kan ga bisa banget ngliat yang gratisan… hihihi… termasuk gw…😛

  • sisesu says:

    mungkin karena situasi juga siiih…di sini kan penghasil apel dan anggur, kebun2 apel bertebaran dimana2. mungkin drpd nyumbang duit, mendingan nyumbang apel…hahaha….

  • bener sih – sering bgt denger cerita itu.. meski gak gitu suka banget, ketimbang mangga – dicoba deh – banyak tuh apel di kulkas udh seminggu diacuhin😀

  • Mutia says:

    Skul nya asik bgt.di indo mimpi aja mba bisa ada skul ky gitu.

  • sisesu says:

    mimpi kan nggak harus jadi kenyataan…tapi yg penting berusaha supaya bisa meyakinkan diri kalau mimpi itu suatu saat jadi kenyataan….hehe.

  • yulism says:

    Benar juga ya Mbak, saya dulu waktu di Indo suka banget makan apel. Karena ngak setiap hari. Eh disini bisa makan kapan saja malah jadi males. Hmmm apalagi buat sikecil Aidan, lha saya yang dewasa aja susah juga. thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading an apple a day…keeps the doctor away! at My Life Abroad.

meta

%d bloggers like this: