daripada beli…

September 13, 2008 § 4 Comments

gara2 lagi marak kampanye GO GREEN di negara ini, sampe2 banyak juga toko2 yang nggak menyediakan tas belanjaan buat pelanggannya. mungkin juga ini salah satu usaha untuk menekan harga jual supaya lebih murah, selain untuk mengurangi penggunaan tas kresek. setiap toko selalu menyediakan reusable “eco friendly” shopping bag, dengan harga cukup murah (99 cent). terbuat dari bahan recycle yang masih cantik jika digunakan untuk keperluan lain selain belanja isi dapur.

dulu, jaman masih kecil2, saya suka marah sama nyokap kalo memberikan baju2 saya yg udah kekecilan ke adik2 sepupu. kayaknya gimana gitu lho….wong mereka kan nggak minta. tapi ternyata tradisi ini sudah dibentuk ketika mereka (si mamah, tante2 dan om2) masih kecil2. jadi, lucu juga pas saya mau punya anak pertama, crib besi bekas saya bayi dulu masih ada dirumah om saya. sudah puas dipakai bergilir oleh adik2 sepupu. tapi sayangnya, ruangan kamar tidur kami yang sempit nggak mengijinkan saya untuk memakai crib yg gede banget itu…..toh akhirnya dapet lungsuran crib berukuran mini dari kakak ipar yg anaknya udah mulai gede.

begitu juga dengan baby walker….saya juga nggak beli tuh. pakai lungsuran om nya ais (adik saya, red). bayangin aja, masih awet padahal udah 20 tahun! bukan hanya itu aja, ternyata si mamah masih menyimpan dress2 batik saya jaman imut yg katanya kualitasnya terlalu bagus untuk dibuang. saya masih inget mama pernah bikinin saya sepasang bikini dari kain batik ketika saya masih TK. ada2 aja sih, masak berenang pakai bahan katun……cuma karena biar spesial, nggak ada yg nyamain. dulu jaman itu, kami hampir tiap minggu berenang di pantai binaria. inget bangetlah masa2 berenang pakai ban dalem mobil….:D. kalo ada orang bule liat, mungkin terheran2. itu ban dalem kan bahaya banget ada besi pentil nya…bisa dianggap child abuse….anehnya lagi, itu ban sewaan, yang bekas ditempeli ketek berjuta2 manusia. mana cuma ditumpuk2 sembarangan kalo nggak disewa orang. tapi justru krn itu kali orang indonesia kuat2. selain kuat fisik juga kuat mental….sampe2 bisa bertahan sekian generasi dengan budaya ngaret…..:D

…dan….baju2 batik tsb di daur ulang. dilungsuri ke anak saya……

kebiasaan lungsur melungsur tidak hanya sampai situ. walaupun saya hijrah ke belahan bumi lain, masih aja saya terbiasa untuk berbuat demikian. waktu mertua datang, dia pernah bercerita ttg ponakannya yang selalu dibuatin baju oleh mamanya dari baju2 batik lawasnya. katanya daripada baju lawasnya dibuang, toh masih bagus. apalagi banyak juga yg jarang dipakai. maksudnya cerita kalau adiknya yg satu itu saking pelitnya, sampai2 baju anaknya aja pakai barang sisa….padahal harta berlimpah2.
hehe….dia nggak tau kalau mantunya juga punya pikiran yg sama dengan adiknya. saya sering buatkan aidan celana pantai dari bekas daster batik. rok2 adel juga banyak yg dari batik sisa. kebaya2 yg udah sesek pun saya permak jadi ukuran anak2. lumayan kalo ada international day disekolah….bisa pakai kebaya. pokoknya semenjak disini, baju2 dari indonesia berasa selangit harganya. sarung2 bekas jatahan suami jaman kerja di istana presiden dulu, saya jadikan sarung bantal guling. bahkan saya baru2 aja bikin sarung bantal pakai kaos T-shirt DAGADU yg dikirim dari jakarta (tapi entah knp kaosnya nggak melar dan berasa kayak pake baju bayi deh….sesek benerrrr). mau disumbangin tulisan di t-shirt nya konyol2an dalam bahasa indonesia…mana ada yg ngerti? tapi malah unik….karena tulisan2nya yg menggelitik masih bisa dinikmati saat duduk2 di sofa…..tanpa harus memakainya.

baju2 bekas ais yg masih bagus saya simpan untuk adiknya. apalagi celana2 panjang yang masih bagus2 dan bermerk. seneng juga kemarin pas bongkar2 gudang, nemu celana panjang banyak bgt. seperti menemukan harta karun bajak laut, saya seneng banget karena artinya budget beli celana anak2 bisa dipakai buat beli celana ibunya….:D

hobi jahit menjahit saya jadi salah satu alasan kenapa saya kepengen men-daur ulang baju2 lawas. kalau salah nggak rugi. lagian bikin baju anak2 lebih gampang, nggak seperti bikin baju dewasa yang butuh pas badan…..belum lagi bawelnya kalau jahitannya mencang mencong…..

jadi, jangan heran kalau melihat baju2 anak2 saya yg suka aneh2 ya? karena semuanya hasil daur ulang…….
kalau kalian suka melihat2 situs orang2 yang sangat mencintai barang HANDMADE, kalian bakal terpesona dengan kreatifitas mereka yang bisa menyulap barang lawas dan jelek jadi barang baru yang cantik……


click to enlarge
daripada beli….lunch box anak2 pun bela2 in bikin sendiri pakai bekas sprei (bagian dalamnya). bahan luarnya pakai kain sisa yg juga dibeli hasil sale2an. lumayan kan ngirit $10…lagian nggak takut ketuker karena pasti lain drpd yg lain.

btw, ada salam dari adele……buat tante/om bloggers….

Advertisements

§ 4 Responses to daripada beli…

  • caroline says:

    gile… gw salut bgt sama ide2 kreatip lu, dari dulu yg lu bikin celana dari bekas sarung bantal dan skg tas bekal… hebad bgt lu, sil… ide2 lu tuh ga ada matinya dehh… keren semua.

    thanks juga buat video tutorial bahasa perancis dari neng adel yah… ditunggu pelajaran berikutnya… hihihi… klo ud yang rumit jangan lupa subtitlenya yah… 😛 bikin orla jadi ikutan pinter bahasa perancis juga amal, loh, dek… hihihi…

  • Neng,

    Recycling dan lungsuran itu hemat, pintar dan bijak.. saya juga disini ngajarin bedinde (Pengurus rumah tangga) agar bisa hemat, selain harga-harga barang2 memang mahal disini, juga menanamkan rasa bijak pada lingkungan..seperti misahin sampah organik dan yang bisa di daur ulang.. toples2 bekas botol selai bisa jaditempat bumbu ketimbang dibuang begitu aja..

    Liat deh http://www.realsimple.com banyak ide2 serupa disana.. – kumaha weekend kemana nih?

    Liat2 harga tiket ampun deh mahalnya – mau mudik harus ngerogoh 2ribu sorangan, kacau nih! Hugs from West Africa!

  • sisesu says:

    @caroline
    maklum lah…hidup di negri jauh gini kudu pinter2 ngatur budget. pengeluaran banyak dan banyak juga yg musti disimpen buat masadepan anak2.
    yg gue bikin kesel kalo beli baju, disini kan musim ada 4, baju baru 2-3 bulan udah harus ganti krn musimnya ganti. sementara disimpen buat thn depannya, udah sesek. apalagi di canada yg winternya 5-6 bulan sendiri….
    iya tunggu aja 1 thn lagi, kali gue aja dah susah ngomong sm si adel….hehehe….

    @kang ibing…van garut
    bagus donk ya, disana menerapkan recycling. weekend nggak kemana2 paling2 ngukur jalanan….motong rumput….ngiris bawang…..nonton soap opera…..

    harga tiket dari SONO bukannya dicover? iya nih geleuh dr sini gara2 tax tinggi jadi mikir2 mau pulang…mending duitnya dibuat beli token kali yah….kali2 jackpot nya ngeluarin million dollar…..wuih..langsung hengkang deh…..kekekek.

  • oci says:

    bused dah, kreatip banget yak

    ampe speechless gue

    tapi gue kagum deh ma elo, serius, sempet2nya jait, blon ngurusin anak, blon masaka, hebat deh, bikin iriiiiii

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading daripada beli… at My Life Abroad.

meta

%d bloggers like this: