pom-pom

September 29, 2008 § 8 Comments

karena suhu sudah mulai menurun, minggu lalu saya sibuk bongkar2 kopor digudang, mengeluarkan baju2 buat musim gugur. t-shirt2 & kaos yang buntung2 sudah saya pak kembali kedalam kopor buat disimpan. bukan hanya baju sih, tapi sepatu2 juga saya pilah2 lagi, yang model2 sendal saya bungkus dan disimpan kedalam dusnya. repot ya?
resiko tinggal di negara 4 musim, setiap musimnya harus sibuk bongkar pasang baju/sepatu sesuai kebutuhan….kecuali kalo punya kloset segede kamar, nah tuh….nggak perlu kali…ini bukan hanya kamar yg seiprit, rumahnya pun mungil imut….apalagi klosetnya….miniatur sekali lah.

ceritanya, adel bertemu kembali dengan boots kesayangannya yg berwarna merah jambu dan hangat. walaupun belum terlalu dingin untuk dipakai, tapi dia udah nggak sabaran kepingin bergaya2 dengan boots nya (keliatannya sangat nyaman dipakainya sih).

hari pertama si boots dipakai sekolah, pulang2 pom-pomnya hilang satu. saya tanya donk….
“adel…mana pompom nya?”. *doi cuma nyengir*
“heh, ditanya kok nyengir…mana pompomnya?”
“mm..I gave it to my friend”.
“why?”
“so when she moves to other school, she won’t forget me….”

*momi speechless – campur gemes tentunya*

hari kedua pakai boots, pulang2 pompomnya hilang 3. tinggal satu yang bergelantung disitu.
“pompomnya kamu kasih temen lagi?….kok hilang 2?”
“iya…abis yang satunya iri pas aku kasih temenku yg itu. katanya dia nggak mau dilupakan juga….”

yah….cuma bisa memble.
kalau anak terlalu mendambakan pertemanan ya begini inilah. semua2 dipikirnya sah2 saja kalau diberikan buat teman. saya sih memang suka bilang, kalau makan ada teman harus nawarin jangan makan sendiri. atau kalau bawa mainan dari rumah, harus main bareng2 nggak boleh egois. rupanya……dia juga ‘mendonasikan’ pom-pom sepatunya buat teman2nya…..sifat pemurahnya itu yg dari dulu suka bikin cowok2 dikelasnya pada keGRan. baru hampir sebulan sekolah, udah dapet “fans” baru dikelas. ya mungkin salah satu cowok yang keGRan juga. 😀
omaigad.


pom-pom yg sudah tidak punya teman….aka jomblo.

Advertisements

ritual

September 28, 2008 § 13 Comments

udah pasti menjelang lebaran, orang2 pada mudik. kalaupun nggak mudik, mereka terpaksa memBABU buta dirumah masing2. si bibik pada mudik. supir, satpam, nanny, kang bakso, kang sayur, hampir semuanya pada menghilang dari peredaran.

tradisi mudik yang dirintis oleh generasi ortu kami ini sudah mendarahdaging ke anak-cucunya, walaupun kami tahu betapa sulitnya mendapatkan karcis kereta api, bis, pesawat, kalaupun pakai kendaraan pribadi juga muacet. saya yang [dulu] dari lahir hingga dewasa, selalu harus mentaati ritual tahunan ini, merasakan ada sesuatu yang HILANG semenjak ‘melarikan diri’ ke negri paman sam dan 2 tahun terakhir ini setelah akhirnya menclok di daerah kekuasaannya ratu elizabeth II. setiap lebaran, kalau saya telepon rumah jakarta, betapa tersesaknya dada ini kalau mendengar keluarga dirumah lagi sibuk menyiapkan peralatan mudik. masih aja seperti dulu jaman kita2 masih kecil…..kali ini hebohnya lain…bukan ngurusin anak lagi, tapi sibuk sama cucu dan ponakan2….. kata nyokap, selama eyang masih ada dan [alhamdulillah] masih sehat, apa salahnya kalau kita rame2 memeriahkan rumahnya yg suasananya sangat saya rindukan…: adem, sepi, kalau pagi masih terdengar ayam berkokok, dan rindu akan nyegat si yu sego pecel atau tepo yg selalu liwat dimuka rumah joglonya. makanan khas madiun yg selalu ngangeni. belum lagi bakso pak simo yg kata sepupu2 saya masih eksis dan pak simo masih berkumis! kalau pulang, kami selalu dibekali roti kecik dan madumongso.

sudah hampir 1 dekade saya absen mudik lebaran. gile memang. tapi apa mau dikata, takdir sudah demikian. belum rejeki kami untuk bisa ber-jejal2 mudik sambil berdo’a sepanjang jalan, berharap tidak ada rampok yg nyegat di alas roban. saya ingat detik2 masuk ke solo, berarti sebentar lagi sampe ngawi….madiun….nggak sabar untuk bisa selonjoran di kasur kapuk eyang yg bentuknya masih bulat berbonjot2 (dulu setiap cucu2nya mau dateng, dia selalu rajin mengisi kapuk biar montok lagi), sambil diurut sama mbok tukang pijet pakai parem. bau khas jamu yang menyebalkan tetapi ngangeni masih terngiang2 dikepala. habis remuk dipijet, lalu tertidur pulas las. mimpi habis dikeroyok massa. 😀

jangan pernah menentang dikala ortu kalian mengajak untuk mudik. jangan pernah bete kalau diajak kerumah saudara untuk bersalam2. kalau sudah seperti kami yang dirantau sini, baru bisa merasakan indahnya berlebaran di kampung sendiri. semua2 yang dulu menyebalkan menjadi indah dan membuat air mata ini tak bisa dibendung kalau mengingat2 semuanya. walaupun kami [insya allah] punya kesempatan pulang kampung tahun depan, waktu juga yang harus membatasi kami, kami belum tentu bisa pulang disaat lebaran. karena anak2 harus sekolah dan DISINI MANA ADA LIBUR LEBARAN….? kalau maksa mau mudik, berarti harus menunggu sampai lebaran jatuh di bulan juni-agustus. udah keburu pikun. 😀

satu lagi, jangan pernah mengeluh kalau mendadak harus memBABU buta disaat asisten2 mudik, karena pekerjaan merbabu itu pekerjaan kami yg jauh2 ini, tanpa ada pengecualian dan bala bantuan (hormatilah kami…:)). contohnya seperti si mamang dibawah ini yang setiap hari kamis (karena hari jumat truk sampah datang), walaupun cuaca nggak bersahabat, mau nggak mau harus motong rumput. (kalau rumput gondrong, bisa kena denda dari tatakota)…..


bukan cuma hati aja yg sepi, dunia maya juga pastinya sepi…….
selamat mudik, teman2 ku tercinta….jangan lupa pulang bawa cerita yang seru ya?????

Dapat award dibulan suci

September 25, 2008 § 8 Comments

Walaupun bulan ramadan tinggal segelintir hari lagi, bukan berarti kita harus lemes dan tidak bersemangat untuk menjalankan kehidupan sehari2 donk…..harus BERSINAR seperti award yang diberikan oleh mbak Nova kepada saya beberapa hari yang lalu.
bersinar?
ya jelas toh….
perut saya sudah bersinar2 membayangkan sajian lebaran di wisma indonesia. udah pasti rasanya nendang dan suasana lebaran lebih meriah ketimbang tahun2 sebelumnya. rencana, saya mau masak makanan lebaran juga donk dirumah, sekedar meneruskan tradisi keluarga lah….ketupat. walaupun sampe sekarang belum nemu ketupat di toko asia, kalaupun nggak nemu juga, ya terpaksa bikin sendiri.

syaratnya….gampang :
1. Copy gambar diatas lalu posting di blogmu
2. Lanjutkan tag ini minimal ke 5 blogger muslim yang kamu kenal. Jangan lupa tinggalkan komentar pada blog mereka ya.
3. Tulis alamat blogmu (dibawah gambar) setelah alamat blog pemberi tag.

didukung oleh:
antownholic.com, dee-adp.blogspot.com, pencakarlangit.blogspot.com, questionquince.blogspot.com, dessycherrypone.blogspot.com, greicheanwar.blogspot.com, raygatrasadi.blogspot.com, keiraadzra.blogspot.com, nadhiramalena.blogspot.com, bundadanulya.blogspot.com, obrolanwanita.blogspot.com, yudhistira31.wordpress.com, kepak-kepik.blogspot.com, sisesu.wordpress.com

Dengan tanpa mengurangi rasa hormat saya, saya hibahkan penghargaan yg bersinar ini kepada 5 kandidat ;

1. Runi. adik sepupu saya yang cantik ini lagi sibuk2nya ngurusin urusan kuliah dan panggilan tugas none betawi-nya. jarang update blognya. tapi saya selalu mendapat info2 ttg musik, film, apa deh yg paling uptodate darinya. jangan ngerem aja donk run, kangen nih.
2. Liza (Mommy 2S). ibu muda yg manis ini nggak disangka2 ternyata tetangga! dia tinggal masih di wilayah toronto juga…walaupun nggak deket2 amat, tapi kapan2 bisa donk…ketemuan….jangan mau kalah sama kopdar2 lain ya liz?
3. Inot. Mbak yune yg baru jadi orang londo ini selalu cerita apa adanya ttg keluarganya. kadang2 kalau lagi sama2 kesepian, kita saling telpon2an…..kalo udah ngobrol lupa suami dan anak….hahaha….
4. Novi. Ibu cantik ini istrinya pakpol (syereeeem). emak paling konyol sedunia. orgnya keliatan slebor banget…(hihi..salah ya gue?)….tapi asik banget. dia juga rajin ngapdet blognya jadi kalau kesana nggak pernah kecewa karena pasti ada cerita baru.
5. Widi. Masih bisa dibilang tetangga, walau tetangga jauh (banget). dia tinggal di montreal, kira2 7 jam dari tempat ku tinggal. Ceritanya selalu seru, terutama kalau nyeritain ttg si ganteng Akbar (Abay).

Daripada telat, sebelumnya saya mengucapkan selamat Idul Fitri buat teman2, kalau sekiranya pernah berbuat kesalahan, mohon ampun dimaafkan ya..pliiisssss….disini lebaran jatuh pada tanggal 1 Oktober. Disana gimana?

Perkenalkeen…mm…saya anunya Momi….

September 24, 2008 § 13 Comments

Kayaknya gue kemarin2 kepengen ikutan bini tercinta (a.k.a my long-time partner gila from kuliah ’til forever) untuk rame2 di blog ini (rada2 pemaksaan sih tepatnya), tapi begitu mau mulai…kok susah ya? Lagi2…satu2nya yang keluar dari kepala cuma foto. Foto. foto lagi. Bisanya cuma itu sih. (Walaupun cuma bisa sedikit doang).

Bohong ah…gue bukan penggombal. ngaco deh bini gue. Gue cuma menggunakan jurus2 jitu biar dia klepek2. terbukti kan…bisa sampe berekor 3…..haha. (siap2 gue bakal biru2 nih kl dia baca ini).

Buntu nih. Kali ini cuma sharing foto yang nggak disengaja. Waktu itu lagi nganter istrinda ytc ke Limeridge Mall di Upper Hamilton, seperti biasa my baby nikon ini pasti gue tenteng kemana2. Segitu lamanya menunggu istri dan anak2 keluar dari mall, sampai2 gue bisa capture sunset (setelah sekian jam berjemur). Biasa cewek kalo udah ketemu mall udah lupa punya suami (setuju bapak2??)

Merah difoto ini menarik buat gue, padahal belum di sentuh oleh photoshop. Jadi bagus juga nggak ikut shopping, karena jarang bisa punya kesempatan motret sunset. Walaupun nunggunya sampai kering juga.

Sekian kata “hallo” dari gue…’si dadi’….sosok Gatot Kaca yang selalu diceritakan dan ‘diperjualbelikan’ foto2nya oleh si momi tercinta. I am blessed I marry her….so I get to know y’all – blogger fellows, through this blog. sampe ketemu di FOTO dan cerita boring berikutnya.

Wassalam,
FENGKY FNU (First Name Unly)

Kolaborasi

September 21, 2008 § 16 Comments

ada kabar gembira [atau buruk?]. si babeh kepengen kolaborasi sama bininya ke blog sisesu ini. setelah diteror sama bininya, kenapa kok blognya dia nggak pernah di apdet [paling enggak ada sesuatu yg bisa diingat orang lain], akhirnya mungkin dia mikir2, mendingan nebeng punya bininya yg udah terlanjur ngetop. cuih.

yah, jadi dengan berat hati, saya sedikit merubah penampilan dan komposisi. supaya paling enggak dia merasa dihargai lah. tapi jangan berharap mendapat cerita banyak dari si babeh ya. karena dia orangnya suka MALU-MALU. suka nggak menyadari kalau surat2 cintanya jaman dahulu kala itu adalah bukti kalau dia itu penggombal sejati dan samasekali tidak mencerminkan orang yg pemalu. dan jangan heran juga kalau postingnya hanya keluar sebagai ‘edisi khusus’, 1 : 10 sama postingan bininya. 😀

kita lihat saja nanti. toh saya sudah menyiapkan semuanya dan dia pun sudah terdaftar sebagai author di blog ini. kalau sampai dia males juga ngapdet, bener2 minta dihukum……absen olahraga malam…..hahaha.

nggak ada cerita penting kali ini. lagi butek.

belanja murah

September 18, 2008 § 15 Comments

I must say this week has been delightful. I have loved the rain we have had all week. There are leaves that are beginning to change and fall is in the air! I must say I love Canada today! Especially when time to go shopping……with no tax!

We traveled to the tiny town called Caledonia. About 15 km south of Hamilton (where we live). A friend of Fengky told him about things that we might see there. The good news is, there a huge toy and electronic shop….with NO TAX.

kenapa no tax????

karena tokonya berada di dalam INDIAN RESERVATION (six nations).

disini, untuk mereka yg keturunan suku Indian (native), tidak perlu membayar tax. mereka punya kartu identitas khusus yg harus ditunjukkan kalau mau belanja. anak2 indian juga mendapat tunjangan lebih banyak dibanding anak2 biasa. mungkin pemerintah canada merasa bersalah telah merampas tanah mereka ribuan tahun yang lalu. seringkali mereka protes, menuntut hak2 mereka yg sejak tahun 1700an belum terpenuhi.
duile…tau apa ya cicit2nya….wong yg deal sama pemerintah kan kakek moyangnya…..

lokasi six nations ini dulunya dibuat untuk kalangan mereka2 saja. tapi lama2 mereka kesal, karena tuntutan2 mereka nggak pernah terpenuhi…akhirnya mrk membiarkan orang2 publik masuk dan bertransaksi di kawasan mereka dengan bebas pajak. tetangga sebelah yg perokok berat juga sering masuk sini, karena rokok di canada harganya selangit. sebungkus kira2 10 dollar-an. kalau disitu, isi 150 biji cuma $15. bahkan kalau lagi mujur bisa cuma $10. karena rokok2 yg dijual disitu hasil produksi para Indian tsb. istilah ngetopnya “Rollies”. dibungkusnya juga cuma pakai plastik ziplock. nggak bermerk. boro2 ada customer satisfaction guarantee. kalau tau2 fly gara2 isinya “bukan tembako”….tanggung sendiri….:D


ngiler ya mas…liat porsche antik nangkring?

masuk ke daerahnya, rasanya enaaaaaaaaaaaak banget. hamparan lahan sawah dan perkebunan yg masih ijo royo-royo. mereka ini Indian modern yang sudah melting pot dengan peradaban. bahkan banyak juga yg kawin campur. rumah2 disana juga bagus2, rumah2 modern yg punya lahan berhektar2. rumah idaman gue banget deh.
di beberapa tikungan, terlihat TIPI2 yg sengaja dipajang untuk simbolis (tipi: tenda2 Indian).

kami kesana tidak berasa lapar dan haus. karena udara belakangan enak bangetlah. hujan tiap 2 hari sekali, dan disela2 hujan ada panas matahari namun suhunya sejuk sekitar 19-20 celcius. sayangnya karena kami kesana sudah jam 5, dimana toko mainan yg tadinya jadi tujuan utama bakal tutup dlm waktu 10 menit! hayoh loh…anak2 pada kocar kacir memilih mainan ditoko yg gede banget itu (mirip2 toys r us lah). setelah masing2 menggondol 1 mainan yg disuka, kami antre di kasir. eh bener lho…nggak dipungut pajak! enak banget lah. niat banget mau balik lagi kapan2……….toh nggak jauh cuma 15 kilo! disebelah toko mainan ini ada toko elektronik, yg menjual segala macem jenis game yg lagi booming….lagi2 NO TAX!!!!!! jadi pingin beli WII. *wink2*.

asik….punya tempat belanja baru deh….!

PS : sorry foto pas belanjanya nggak ada.

adel & marriage

September 17, 2008 § 9 Comments

bosen kali yah…cuplikan video klip di blog ini cuma tentang adel…bukan anak2 yg lain. karena memang cuma adel yang paling bawel dan banyak tanya pertanyaan2 ajaib (dan nggak malu walaupun sambil di rekam).

siap2 nih bakal ada pertanyaan2 ajaib lainnya…seru ya kalo anak2 udah mulai tanya macem2….kadang2 suka bikin hari2 jadi penuh hiburan….

Where Am I?

You are currently viewing the archives for September, 2008 at My Life Abroad.