bilingual

August 26, 2008 § 17 Comments

tinggal seminggu lagi sekolah masuk. telat ya? dibanding indonesia kita2 yang di upnorth ketinggalan 2 bulan. padahal bulan juni udah libur lagi….

 

saya sibuk beli2 alat tulis. untungnya nggak usah repot beli2 buku pelajaran karena sudah di suplai dari sekolah. malah kalau kata tetangga saya, tahun lalu di sekolah katolik deket rumah di suplai sampai ke tas sekolah, lunch box dan peralatan sekolah lainnya. sumbangan dari gereja. sekolah katolik disini di subsidi oleh pemerintah. dulunya tidak, tapi karena mungkin perngaruh perancis yang banyak menganut katolik, jadi pemerintah dan gereja mengambil alih supaya orang2 katolik yg tidak punya budget buat biaya sekolah anak bisa masuk gratis, dengan syarat harus punya surat baptis.

mbak ais dan aidan masuk ke roxborough park public school. sekolah yang sudah berdiri sejak tahun 1964 dan katanya sih termasuk sekolah bagus didaerahnya. jaraknya dekat cuma sekitar 150 meter dari rumah, jalan kaki sama teman2 sambil ngobrol lebih asik sambil menikmati rumah2 di kompleks daripada diantar jemput naik mobil. jalannya juga tinggal lurus nggak harus turun naik melewati sungai dan hutan kota spt tahun ajaran lalu. karena aidan hanya sekolah siang dari jam 12 sampai jam 3, jadi ‘terpaksa’ si momi ini harus ikutan excercise juga mengantar si buyuang ke sekolahnya. gapapa deh, itung2 program pengencangan betis biar ranum bak tales bogor.😀

adel akan bersekolah di sekolah yang berbasis bahasa perancis. agak jauh dari rumah dan harus naik mobil atau school bus. nyebelinnya, naik school bus atau jemput ke sekolah jaraknya sama, karena school bus hanya nge-pool ke lokasi2 tertentu. tapi hati anak senang krn bisa pulang rame2 sama teman2. repotnya, kalau cuaca dingin dan bersalju nanti, bakal kewalahan buat parkir karena udah pasti pinggiran jalan penuh dengan salju. *lagi mikir2*. sekolah perancis spt ini cuma ada 5 buah di kota saya. rayon nya juga lebih luas tidak seperti sekolah public biasa. di sekolah, murid2 kelas 1 SD akan mendapat 100% materi pelajaran dalam bahasa perancis. di dalam kelas pun harus menggunakan bahasa perancis. syarat untuk masuk ke sekolah berbasis bhs perancis ini harus dari kalangan keluarga yg berbahasa inggris. sehingga anak tidak melupakan bahasa inggrisnya. di canada, ada 2 bahasa utama ; inggris dan perancis. untuk provinsi ontario (kita di ontario, red) berbahasa inggris, kecuali daerah antara ottawa ke perbatasan provinsi quebec, dimana orang2 sudah pakai bahasa perancis sbg bahasa utama. sering juga sih disini saya mendengar orang berbahasa perancis, tapi tetap kalau ditempat umum memakai bahasa inggris. di quebec, bahasa utama adalah perancis, inggris sebagai bahasa minoritas seperti di tempat2 wisata atau kota2 besar mungkin sudah berbahasa inggris. kalau di daerah2 pelosok, mirip dengan suasana di perancis sana, yg orang2nya nggak mau berkomunikasi dgn bahasa inggris!

kenapa saya memasukkan adel (dan aidan tahun depan) ke sekolah perancis? alasannya untuk fleksibilitas mereka nanti untuk memilih universitas dan lapangan kerja. menjadi bilingual (bahkan lebih) nggak rugi, malah banyak keuntungan buat karir di masa depan. sekarang, banyak lapangan kerja yg membutuhkan karyawan bilingual demi kelancaran bisnisnya, dengan gaji yang jauh lebih besar ketimbang cuma menguasai 1 bahasa.

sayang mbak ais udah terlalu telat untuk masuk ke sekolah berbahasa perancis, karena waktu datang ke canada sudah kelas 4. sudah terlalu ketinggalan dengan teman selevel nya, plus dia sama sekali belum pernah belajar bahasa perancis. tapi walaupun masuk ke sekolah berbahasa inggris, tetap mendapat pelajaran bahasa perancis 1 jam setiap harinya. lumayan sih dia selalu mendapat ponten A, tapi tetap tidak mampu berkomunikasi lancar seperti kalau masuk ke sekolah berbahasa perancis. mungkin nanti di grade 8 bisa beralih ke sekolah perancis, tentunya dengan kadar yang tidak sebanyak kalau dimulai dari kindergarten atau kelas 1. tahun depan, aidan pindah ke sekolah adel dan mbak ais masuk ke middle school, masih daerah sekitar kompleks juga-tapi sekolahnya baru thn 2006 berdiri.

bahasa indonesia cukup dari rumah, atau kalau mudik summer bisa kursus kilat di rumah eyang2nya karena sudah ada ‘kamus terpendam’ di dalam otak mereka, walaupun skr mereka cuma pasif. kalaupun ngomong bahasa indonesia, terdengar aneh dikuping mending pake bhs inggris aja. percaya nggak, cinta laura masih bisa lebih bagus dan lancar bahasa indonesianya ketimbang anak2 saya……..hehe.

ngomong2 soal sekolah, kemarin si babeh tau2 curhat. dia kepingin sekolah lagi. waks..! bukannya otak udah bobol? apa nggak jadi orang ter-bolod dikelas nanti, bersaing dengan yang muda2. ada2 aja sih….

alasan dia supaya dia bisa bergaul dengan orang2 yang bisnis. dia itu kepingin banget putar haluan bikin bisnis sendiri. sekolah yang dia pengen ini adalah sekolah semacam extension, khusus buat orang2 profesional yg mau memperdalam ilmu bisnis dan manajemen. ya tapi….berarti motong biaya sekolah anak donk pa’e? :D 

kalau mau bisnis….udah aja jadi tukang poto keliling. selain hasrat hobi terpuaskan, juga dapet duit lumayan…..tul ga? btw, speaking of going back to school, kok saya pengen banget ambil course buat jadi life guard ya? atau at least bisa ngajar anak2 berenang. gara2 bekas anak buah babeh yang hobi berenang trus menyalurkannya menjadi profesi sebagai usaha sambilan. kayaknya asik juga. tapi berat. syaratnya harus lulus banyak tes, terutama CPR dan sistim penyelamatan2 lain. selain itu juga harus mampu berenang sekian ratus meter non-stop dan banyak teknik2 ngapung yg harus dikuasai dgn baik. apa iya masih memungkinkan ya? waktu jadi “lifeguard” di baywatch, pamela anderson umur berapa ya itu?

*hehe*

Tagged: , ,

§ 17 Responses to bilingual

  • sherly says:

    hmmm bagus banget utk anak2 ya nti jadi bilingual🙂 memang semakin dini belajar bahasa, semakin mudah meresap… aku sendiri ngerasain, skrg mesti blajar mandarin krn suami org chinese, rasanya aku koq bolod banget wekekeke…

    mo jadi lifeguard? serius neh? hihihi

  • ...ina... says:

    setuju…! kalo emang bisa bilingual kenapa gak….

    emang masih bayar ya sekolah Sil? masih visa kerja ato udah Permanent sih?
    di Canada public school bayar ya??

  • sherly says:

    lah… sakit koq malah disuruh beli testpack? *mlongo* serius neh sil?

    teorinya gitu, Sil, harusnya Lan bisa tuh ngajarin aku, lha tapi dia pengen blajar bahasa Inggris, jadinya ya malah boso Inggris dilancarin deh…
    Aku blajarnya lambat banget deh jadinya… Iya blajar dr film2 drama gitu bisa ngerti dikit2, tp kamu tau sendiri deh, kalo dia dah ngobrol sama ortunya, wah puyeng deh aku hahaha

  • caroline says:

    hebad… hebad… sbenernya pengen banget belajar bahasa prancis, abis keiknya indah di dengernya. agak sengau2 gimana gitu. hihi…

  • caroline says:

    tar klo adel dan aidan ud banyak vocab prancisnya, share yah, sil… biar dikit2 gw bisa bahasa prancis. gw males klo mesti belajar secara formal takut ketauan bolot. hahaha. tapi klo gw denger dari cerita2 lo pasti cepet nyantol deh. *wink wink*

  • Manik says:

    Emang ada kemiripan rupanya dgn orang2 yg di Baywatch movie itu?😛

    btw, knp linkku belom terpasang disini…hiks😦

  • sikiky says:

    weh, banyak banget bahasa anak2x nanti dirumah…:)
    kan loe dah sexy kayak pamela mbak sil….

  • Yanti Wyant says:

    baguslah anak2 menguasai macem2 bahasa🙂, disini anak2 dah mulai sekolah seminggu yg lalu…sepi rumah …heeeeehehe

    Lifeguard…siplah🙂

    say hello to Fengky🙂

  • mom4kids says:

    Tapi Cinta Laura khan tinggal fi Indo dr kecil say , nggak bisa di bandingin dong , hihihi …

    Gimana dengan si Momi , belajar perancis nggak say ??

  • mia says:

    tante ku ada yang kawin sama orang perancis, uda tinggal disono 28 tahun…cuma bisa ngomong prancis tapi kalo dia mo tulis surat dia musti bawa kamus…katanya lafal sama tulisan beda’ banget…capeee deh

  • de says:

    gw seneng banget liat orang yang multi-lingual. berharap bisa kaya gitu juga. apa daya males belajar hahahaha

    padahal bokap gw juga bisa bhs indo, inggris, chinese, dan arab loh. kok ya gak nurun ke anaknya. hiks

  • inot says:

    lha kl di europe kok orang malah demen bahasa inggris. even di europe timur orang2 pada ngebahasa enggres. denger2 pamor bahasa prancis dah turun di europe. soale di EU sendiri, inggris kabeh.

    aku dulu jg les prancis. buat gaya2. kekeke. tapi terus capek sendiri. kl di canada malah bagus bisa prancis. lah 2 bahasa yah. ais gak les aja li? untuk ke depannya gitu..

  • sisesu says:

    @sherly
    ayo donk sher…belajar mandarin. aku aja pengen kok.

    @ina
    public/catholic school gratis. nggak perlu PR/citizen asal punya ijin tinggal yg valid bisa masuk.

    @caroline
    mudah2an aja si adel betah…kalau dia kesusahan nanti di review lagi koq…klpun give up bisa balik ke sekolah inggris lagi. iya kayaknya bhs perancis kedengeran seksi gitu yah?

    @manik
    mirip kl diliat dari tugu monas…:D
    udah di link kok pak…

    @kiky
    iya nih tinggal bapa-ibunya yg bolod.
    kayak pamela? jgn2 elo kudu periksa mata lagi….:D

    @yantiwyant
    makasih teh…salam balik katanya. salam jg buat frank.

    @susie
    aduh maleslah belajar. paling2 cuma dengerin anak belajar aja. kl istilah hari2 sih ngerti deh. tp kl suruh ngomong no way.

    @mia
    udah kelamaan di LN sih, mungkin dia jg ga kumpul sm org indo. disini banyak org2 yg udah 20thn-an, tp masih lancar2 aja kok.

    @de
    sama dg mertua…jago macem2 bhs tp anak2nya bolod semua..

    @inot
    bhs inggris tetep nomor satu di dunia lah…makanya boleh masuk sklh perancis kalau lingkungan sehari2nya bhs inggris. biar bilingual. kalo dr kel perancis jg sm aja bohong…nggak jadi bilingual.

  • mutia says:

    hehe..jd inget,IPB kampus yg dkt rumah d bgr disingkat institut pembengkakan betis scara kampus dramaga tuw luas n masuknya jauh.aq mah ga kul d situ,dkt rumah,males.ckckck kebayang mba sili pake bikini ato baju renang minim keik d baywatch..banyak yg naksir ntar..hehe.

  • sisesu says:

    @mutia
    ya enggak pake bikini lah yaaaaa….lifeguard di kolam mah pake celana/jaket training gitu. kalaupun gerah pake kaos oblong & celana pendek/panjang. duh….gile lemak bisa balapan kl pake bikini…

  • Luky says:

    salam kenal mbak pam …(pamela andersen maksudnye.hehehe). Tapi kurasa kalah deh pamela andersen ama mbak sili mah…..

  • IndahJuli says:

    *ngebayangin sili jadi lifeguard*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading bilingual at My Life Abroad.

meta

%d bloggers like this: