BBQ everyday!

July 28, 2008 § 2 Comments

karena summer di canada sangat pendek, kita benar2 memanfaatkan season ini dengan maksimal. beberapa waktu lalu sempat juga cuaca mendadak panas, yang mengharuskan kami menyalakan AC setiap saat dan agar bisa tidur pulas di malam harinya. tapi 2 minggu terakhir ini, panas nya summer masih bisa ditolerir oleh badan, angin yang sepoy-sepoy dan hujan yang sering turun cukup bisa menyejukkan kami walaupun tanpa harus menyalakan AC, asal jendela di setiap ruangan dan pintu ke halaman belakang harus terbuka lebar-lebar. alhasil selain menghemat energi, juga lebih sehat karena hawa AC bisa membuat kelembaban di kulit berkurang (ini menurut petuah nyokap dari jaman baheula, saking seringnya dilampiaskan oleh beliau sampe2 si momi yg pelupa ini ingat terus).

kemarin2, waktu masih tinggal di apartemen, kami sering mengajak anak2 berenang. orang2 bule yg malah mencari panas matahari buat menghitamkan kulit, kita yang sudah originally tanned by GOD tau diri dan masih sayang sama kulit sendiri jadi lebih baik berenang di indoor pool ajah.
sekarang, semenjak kami pindah ke rumah, kami benar2 absen dari berenang. selain belum mengenal baik daerah kota ini, juga males aja menggosongkan diri yg sudah dari sononya gosong. mendingan cari kegiatan lain yang lebih bisa memutihkan kulit…..hehe.

salah satu kegiatan yang paling kami doyan adalah BBQ-an. walaupun kami belum punya patio yang layak untuk ber-BBQ-ria, kami sudah cukup hepi dengan patio nan kecil mungil seiprit yang kami punya. toh kami juga kurang enjoy makan diluar rumah sambil dikerubuti lalat dan nyamuk kebon. dulu jaman di apartemen, kegiatan BBQ digantikan dengan memanggang di oven. berhubung nggak punya lahan untuk BBQ. tapi hasilnya lumayan juga kok, walaupun kurang ada aroma gosong dari charcoal (areng). semenjak banyak dari keluarga kami yang ngetrend dengan penyakit jantungan, asam urat, kolesterol dan darah tinggi di usia dini, kami sebisa mungkin menjauhi sumber2 penyebab “trend” tadi. jadi tiap hari makanan cuma seputar rebusan, kukusan, ovenan & sekarang bbq-an. bukan berarti saya absen dari makanan gorengan, tapi bisa dihitung dengan jari dalam seminggu. buat melatih anak2 juga, untuk makan makanan yg lebih less greasy.

sekarang, hampir tiap sore saya dan si babe “bergumul” dengan areng2 di belakang rumah. niat kami semula mau beli grill yang pakai gas jadi dihapus dari daftar. karena memakai areng lebih gurih dan enak (asal tahan nunggunya aja…heee). dasar saya yg doyan banget sama makanan panggangan, segala rupa juga dipanggang. sampe bawang bombay, sosis, paprika, tomat……….

kemarin, saya bikin sate. anak2 doyan sekali sama sate daging ayam dan kulitnya. bahkan mereka biasanya sampe berantem karena rebutan kulit (yg ini nggak termasuk dlm menu sehat lho…). dasar si momi ibu yg pemalas, untuk sayuran nya cukup menyajikan fresh salad. bumbu satenya buat sendiri dari peanut butter yang dikasih kecap manis dan bawang putih. lumayan juga.

belum ada 15 menit sate sudah ludes sama mereka.





chicken wing saus hickory

§ 2 Responses to BBQ everyday!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading BBQ everyday! at My Life Abroad.

meta

%d bloggers like this: