O’canada

April 2, 2008 § 61 Comments

sebenernya dah dari dulu kepingin cerita ttg suka duka hidup di canada, tapi selalu terlupakan. pas kebetulan “namu” ke rumah Anna, ibu cantik yang tinggal di New England USA, bercerita ttg bagaimana suka duka tinggal di Amrik, jadi bangkit lagi semangat untuk cerita. tujuan utama postingan ini bukan buat mengutarakan uneg2, tapi buat berbagi buat teman2 yang (barangkali) memang sudah punya rencana tinggal di canada, tapi ragu atau nggak punya seseorang buat bertanya. mudah2an berguna juga buat mbak yune manis asal suroboyo ini. not…piye kabare not?

terus terang saya juga belum lama di Canada, belum juga lewat 1st anniversary tanggal stempel visa di paspor. tapi paling tidak sudah tau sedikit2 tentang trik2 hidup di luar negri, karena sebelumnya (untungnya) sudah 8 tahun di AS sebelum hijrah ke negara sebelahnya ini.
seperti kata orang2 tua bilang, jangan melihat segala sesuatu kebelakang, tapi lihatlah hari ini dan masa depan. karena masa lalu hanyalah untuk diukir sebagai kenangan, bukan patokan. telan masa lalu dan ambil hikmahnya sebagai pelajaran. begitu juga dengan saya. menjadi ‘anak baru’ di negara baru membutuhkan waktu untuk beradaptasi. sama halnya dengan masuk sebagai murid baru di sekolah baru, pastilah kuper dan bego. walaupun keliatannya AS dan Canada adalah sama2 negara belahan amerika utara, tetap banyak juga perbedaan. kalau seperti saya yang lama di AS, masuk ke Canada mendadak jadi orang yg emosian. birokrasi disini santai bukan main, baik pemerintahan ataupun non-pemerintahan. menurut saya, mereka lebih taat mengikuti prosedur. ada baiknya sih, tapi untuk hal yg sepele spt masang cable TV, telepon, internet, prosedurnya bisa berminggu2. tetek bengek banyak. bleh. bete abis.
tapi sekian bulan berjalan, saya sudah terbiasa dengan hal2 baru. malahan saya udah jadi manusia santai…tidak ngoyo, tidak emosian, mengalir seperti air. mengalun seperti ombak. tensi agak menurun (asal jgn tau2 koleps aza…hihihi).

ah..daripada bawel, mendingan saya rinci aja ya, mana yg positif dan mana yg negatifnya. kira2 bisa jadi pertimbangan pembaca, buat yg ragu bisa jadi mantap (asal jgn yg sudah mantap jadi malah mlempem…lol).

Positif :
1. canada adalah negara persemakmuran, dan masih dibawahi oleh queen Elizabeth II dari inggris. warganegaranya terjamin hidupnya, baik dari segi ekonomi, sosial dan kesehatan. untuk kesehatan, semuanya ditanggung oleh pemerintah. jadi nggak pusing lah urusan bayar dokter atau asuransi, kalau sakit tinggal ke dokter/RS bawa kartu medical. walaupun tidak semua jenis pengobatan ditanggung, tapi biasanya perusahaan tempat bekerja menawarkan benefit seperti gigi, mata, extended health care lainnya yg bersifat optional.
2. orang canada ramah-ramah dan welcome sama pendatang. pertama kali saya menginjakkan kaki di Pearson airport – Toronto, terkaget2 juga melihat semua petugas imigrasi yang murah senyum. kalau kita bertanya, mereka dengan senang hati menjelaskan panjang lebar.
3. sekolah dari TK sampai SMA gratis.
4. tiap bulan tiap anak dapat tunjangan, besar kecilnya nominal tergantung pendapatan per-keluarga. tapi paling tidak, untuk dibawah 6 tahun, pasti dikasih pesangon buat membantu bayar day care.
5. jangan takut dengan kriminalitas. lain disini lain di AS. selama sekian tahun saya di AS, belum pernah saya kepikiran untuk naik kendaraan umum kota. bawaannya takut aja. toh punya mobil disana mudah dan lebih ringkes ketimbang naik bus/KA. disini, baru pertama kalinya dalam hidup saya merasa aman dan bebas melepas anak jalan kaki ke sekolah. baru kali ini juga saya dengan leluasa tanpa berpikir panjang kalau harus naik bus/KA ke tempat2 tertentu. biarpun malam2 juga masih banyak melihat anak2 kuliahan atau orang2 pekerja yang masih dengan gigihnya menunggu bus di halte. malah sekarang, si babeh ketagihan naik KA kalau kerja, karena pemandangannya bagus dan keretanya bagus banged.
6. masih dalam urusan kriminalitas, disekolahpun, anak2 tidak ditekankan untuk tidak berbicara dengan sembarang orang. motto spt di AS : “don’t talk to strangers” yg tidak bosan2nya diterapkan ke anak2 sekolah, tidak berlaku disini. tadinya saya pikir suatu kekhawatiran, karena takutnya anak2 jadi gampang percaya sama orang. tapi memang tingkat kriminalitas sangat rendah, sehingga belum sampai berpikiran negatif terlalu jauh seperti di AS atau di Jakarta apalagi. ditambah lagi, orang canada dasarnya murah senyum…jadi benar2 seperti hidup di jaman kerajaan dulu kali yah. tapi teteup, kalau pas penjemputan anak2 sekolah, ortu/wali harus lapor ke gurunya dulu.
7. tanahnya masih luas, banyak pemandangan2 alam yg masih asli dan fresh belum terkena polusi.
8. tingkat kelembaban lebih tinggi, bagus untuk orang yang gampang alergi seperti si babeh, yg dikit2 sinusnya kumat gara2 kadar pollen tinggi dan kelembaban terlalu kering. alhamdulillah anak2 yang dulunya sempet dicurigai ada bibit2 gejala asma, disini nggak pernah kumat. insya allah…nggak pernah lagi. (amit2..).
9. Biaya tuition untuk universitas2 lebih murah daripada AS (sedikit doang sih).
10. sama dengan di USA, disini banyak kemudahan2 seperti AAA (CAA kalo disini), sadar daur ulang bagi masyarakat, sadar hak dan kewajiban, sadar antri, sadar memprioritaskan orang2 yg membutuhkan spt cacat, ibu hamil, manula dsb.
11. kemana2 dekat dengan ski resort, dimana kalau winter tiba, tidak perlu planning pergi main ski jauh2. cukup di sekitar sini saja.
12. tidak mengharuskan ikatan pernikahan untuk dibilang ‘spouse’ untuk urusan surat2 resmi/legal. misalnya, spouse bisa diartikan dengan common law partner, dimana sah sebagai spouse kalau sudah bersama selama minimal 1 tahun. (e eh..ga tau ya ini termasuk negatif atau positif…ya..atur aja lah sendiri masuk ke kategori mana!).
13. perkawinan sejenis disahkan secara hukum. bagi siapa yg merasa ‘dikucilkan’ karena situasi seperti ini, boleh dipikirkan tuh untuk bermigrasi ke canada.
14. lebih universal, karena banyak pendatang yg bermigrasi ke Canada. apalagi toronto, yg hampir 50% penduduknya adalah imigran dari seluruh dunia. jangan tanya soal makanan, mau jenis makanan dari negara manapun ada disini. dari yang beraroma jinten dan bau ketek sampe makanan yg pedes nya sampe bikin lidah kebakar juga ada. pasar2 asia tersebar dimana2. KJRI ada. orang indonesia segudang (walopun kita ga gaul blas). pokoknya, jangan khawatir bakal menyendiri dan tersesat.
15. bagi yang bersekolah, setiap sekolah dari elementary sampai college ada ESL (english as a second language) program, dimana bisa membantu pelajar pendatang baru yg kurang fasih bahasa inggris agar bisa ‘catch up’ di sekolahnya.

Negatif :
1. freakin’ cold. sehangat2nya canada, masih dingin kalau buat kulit org melayu. dingin ekstrim sih jarang ya, tapi winternya lama. contohnya di toronto skr sudah mau menjelang bulan april gini, masih aja bersuhu 0. sampai2 ada teman yg apartemennya punya teras, menaruh segala persediaan makanan di terasnya (kulkasnya penuh). seperti daging, telur, ikan, semuanya ditaruh di lantai teras (kebetulan dia tinggal di lt 17, nggak kelihatan tetangga).
2. orang2 terlalu birokratif, kadang2 suka gemez geregetan kalau harus nunggu bertele2.
3. selesai musim dingin, musim hujan yang berkepanjangan. bikin bete kalau antar jemput anak. karena harus beli sepatu setiap musimnya….(hiks).
4. harus punya garasi mobil, kalau tidak….siap2 aja tiap pagi bersihin kaca mobil yang diselimuti es setebal 1-2 cm (winter). malah kadang suka nempel sehingga harus punya ekstra 1 jam sebelum berangkat pergi.\
5. masih winter, ribet kalau mau pergi2 karena harus ‘mbungkusin’ anak2 dengan baju hangat, dimana ini pekerjaan yg membutuhkan ekstra kesabaran.
6. tiket pulang ke indonesia mahal nggak ketulungan. kalau dari dallas dulu cuma 1200 sudah PP dan pake pesawat paling wokeh. kalau dari sini? wayah liburan sih bisa 2000 per orang. matek ga tuh?
7. untuk saat ini, canadian dollar kedudukannya sama dengan USD. dampaknya nggak bagus buat turis yg mau kesini, karena harga2 otomatis menjadi lebih tinggi. contohnya, disetiap majalah/buku selalu tertera 2 harga, USD dan CAD, dimana CAD pasti lebih tinggi nominalnya (dulunya kan CAD lbh rendah jadi itung2 harganya sama deh). sekarang, karena ekonomi AS sedang turun, dampaknya berpengaruh bagi turis asing (salah satunya mertua saya pas beliau berkunjung kesini tempo hari), harga2 berasa mahal dan nggak manusiawi.
8. ini hal yg paling aneh dan mengherankan buat saya. walaupun ini negara lebih teratur, namun pemakaian ganja/obat terlarang tidak dilarang, selama tidak mengganggu ketertiban dan hanya dipakai untuk keperluan pribadi. walaupun distop dijalan, dan kebetulan membawa ganja dimobilnya, masih bisa dibebaskan
asalkan tidak melebihi berat tertentu dan hanya dipakai sendiri (bukan dijual-belikan).
9. terus terang bagi imigran baru yg datang dari negara asal/origin, mencari pekerjaan sesuai impian adalah miracle. kecil kemungkinan, tapi peluang pasti ada lah. apalagi sudah dibekali segudang pengalaman terutama yg spesifik, insya allah semuanya lancar. bahasa inggris adalah kunci utama, jadi jangan sia2kan waktu, ambil kursus bahasa sebisa mungkin sebelum kesini. walaupun disini banyak sekali disediakan sarana belajar bahasa inggris bagi pendatang baru, tapi apa salahnya kalau dipersiapkan dahulu.
kalau mau berpikiran maju, tidak ada salahnya untuk kembali ke bangku sekolah atau ambil beberapa kelas agar bisa menyesuaikan diri dengan kondisi ekonomi dan sosial di canada, agar lebih bisa ‘dilirik’ oleh employers karena rata2 mereka meminta lulusan canada/USA. ini adalah salah satu plan saya, balik menjadi anak sekolahan, paling tidak ambil certificate ga usah sampe menguras otak demi mendapat titel baru (yg toh di kuburan gak digrafir kok! hehe).
10. last but not least…
gak tahan sama tax nya bhow! semua2 kudu di tax. ada 2 tax yg berlaku, PST (provincial sales tax – tax yg ditetapkan oleh provinsi), dan GST (goods and service tax), dimana berlaku hampir semua jenis produk kecuali bahan makanan mentah, medical, sewa rumah dan hal lain yg bukan bersifat barang. di Ontario, propinsi dimana saya tinggal, kami harus membayar 13% untuk hampir semua pembelian. paling nyebelin kalau ke mall, atau jajan di resto, liat harganya yg murah udah girang duluan, tau2 pas bayar…kok segini??? hiks.

Banyak kan tuh, sekarang iklan2 menawarkan berimigrasi ke Canada, karena canada masih membutuhkan orang2 yg punya keahlian tertentu. fyi, hidup di canada memang lebih mudah dan relatif lebih murah dari eropa dan australia, tapi kl saya bandingkan dengan USA masih lebih mahal dikit.
bagi yg berminat membaca2 forum imigrasi canada, bisa dilihat di sini. siapa tau ada yang mau mengetahui lebih lanjut mengenai canada. mereka2 itu orang2 sesama imigran/calon imigran yang saling mensupport (juga kadang saling mencela sih..) dari seluruh dunia. mengenai keimigrasian dan tetek bengeknya, saya kurang tau banyak, tanyalah kepada mereka2 itu. atau yang lebih jelasnya lagi, bisa ditengok ke dept. imigrasi canada.tersedia dlm bahasa inggris dan perancis.


parliament building di Ottawa (ibukota negara)


Quebec City, Quebec, is North America’s answer to Paris: a romantic waterfront city obsessed with food.

sekian dulu lah ya. kang jahit mau jahit lagi. ada pesanan dadakan kemarin. sampai saat ini belum nyentuh mesinku tersayang. uhuk2.

kalau perlu tanya2, silakan aja lho. kalau perlu bantuan cari2 informasi, boleh2 aja. selama saya bisa bantu pasti saya bantu.

permisi….

*thanks to google and wiki*

Advertisements

§ 61 Responses to O’canada

  • Ryuta says:

    Peluang imigran masih terbuka lebar ya…tapi klo liat suhu udaranya dingin aja.

    Ternyata Canada bisa bikin happy pemakai ganja ya..weleh2 aturan yg hebat kali ya bagi mereka.

  • IndahJuli says:

    hi…hi…infonya TOP BGT 🙂
    perlu dipikirkan nih berimigrasi ke Kanada, karena sekolahnya gratis euy.

  • ira says:

    pindah yuk pindah hihihih

  • inotpinot says:

    hai si,
    kamsiah ya infonya! jadi tambah semangat nih. tp kita coba dolan dulu ke BC, inshaa allah taun depan or depannya lagi or depannya .. hehehe (tergantung duite). aku mantep pindah kl disana tambah kaya, huahahah.. kl ngere lagi muales aku si. soale disini dah mulai mayan, cuma situasi politiek aja yg gak enak buat muslim. ya gimana, kl orang londo dah terang2an gak suka ama muslim (2/3 dr penduduk blanda), soale muslim makin berkembang biak kayak kelinci, sdg londo sak upil gitu tanahnya..jd penduduk asli lagi perang pertahankan teritoriumnya.. yg 1 jt muslim kl bisa enyah dr blanda dan gak balek lagi gitu.. hehehe..
    kmrn aku sdh google untuk info salaries di canada, taunya standarnya sama kayak di londo. weleh, gitu kok pas di emigrasibeurs, marco diindikasi penghasilannya drop banged kl kerja di canada yah.. apa krn diliat penampilannya kali ya. hauahaha..
    kl baca postinganmu, canada gak beda2 lah ama belanda, termasuk policy soft/hardrugsnya (halah, kyk pemakai sajah. hehehe). kl disini pajek 19% tp kl bahan pokok, obat cuma 6%. lek gak salah.. tp dr duit pajak itu pemerintah bisa bangun macem2 saranya yg ciameek…
    marco saben2 baca koran vancouver sun, sewa dvd canada dan buku2 ttg canada dan emigrasi kesana. dah bayar ongkos test, mudah2an bener2 lulus secara resmi ya. ntar aku kontek lagi si..
    siapa tau aku bener2 pindah ke sana…. mulai lagi dari nul.. cape yah. tp apa boleh buat.. nasi sudah menjadi nasi uduk.. hehehe (tambah enak doong..) besok nguduk lagi ah. gampang ! pake rijstkoeker jadi… makan ama ayam goreng ama dadar en timun. klaar is kees..

  • Esti says:

    Sama hidup di Vancouver lebih enakan mana ya Sil? Kalo ngomongin dingin ya pasti lebih dingin di Toronto ya? Negatifnya di Vancouver banyak hujan, positipnya lebih hangat, banyak orang Asia juga. Emang betul, kalo orang Canada itu konservatif dan ramah-ramah. Lha GMku sekarang orang Amrik gayane koyo cowboy, beda banget boss yang orang Canada. Ngomong juga teratur. Buat masa depan anak memang mendingan tinggal disana, toh orang tuaku udah almarhum. Tapine bojoku gak wani, malah wani sing wedok ha ha…

  • Runi says:

    iiih, tetep aja pengen banget kesana.

  • si momi says:

    kesini donk..

    tuh..kan..mbak esti juga mengiyakan kalau org canada ramah2. denger2, daerah maritim (nova scotia, new bruinswick dll) itu org2 nya lebih ramah lagi. daerahnya juga masih alami. pengen juga sih kapan2 kesana.

  • Luthfi says:

    Kelupaan tuh, masalah rasis. Mungkin Mbak belum ngerasain ato dengar ceritanya ya. Aku dah sering loh… Yah sekedar sharing saja. Mungkin karena beragamnya orang2 dsini, sehingga yg asli Canadian malah jadi sirik.

  • Mela says:

    Waduh tx banget infonya, makin pengen pindah eii…
    Tapi dinginnya itu lho, secara sini ga tahan udara dingin
    kapan ya bisa pindah ke sana?*mulai menghayal*

  • si momi says:

    luthfi : rasis bukan hanya di canada aja, tapi semua native yg merasa jadi minoritas dinegaranya sendiri pasti otomatis jadi seperti itu. di amerika juga banyak, contohnya org2 leher merah di texas dan bagian selatan lainnya. kita2 yg imigran sih maklum2 aja….paling2 memaklumi kalau posisi kita jadi mereka. emangnya ontario nya dimana sih?

  • sherlly says:

    so true about canada, apalagi ontario, apalgi toronto, kota tercinta tempat ku tinggal skrg. hehe. dinginnya toronto mah gak nahan…udah 4 tahun di sini tetep aja kulitnya masih kulit tropical. hem, tingkat kriminalitas udah makin tinggi deh kayanya ya skrg? tiap baca koran bacanya shooting di sini dan di sana, di subway, di jalan, di intersection, di parking lot, kok jadi kaya arena games tembak2an gini. kan jadi serem mo keluar..takut kena peluru nyasar apalgi daerah tempat tinggalku yang kalo malem banyak org anehnya…

  • Taufik Ismail says:

    Hi sisesu…hehehe..(nama yg lucu ! )
    makasih banget buat cerita o’canada nya, informatif banget dan ngebantu banget buat kita2 yg lagi siap2 buat ‘bedol desa’ kesana !
    soalnya saya sama keluarga ( istri sama anak 2) juga lagi proses canadian PR, pengen sih tanya2 sama mbak sisesu ini, sekalian kenalan juga. kalau berkenan, boleh dong email balik ya !
    oh ya…katanya harga rumah disana lg turun ya sis?

  • ryan says:

    mba2 n mas2 yg now live in canada…kasi info donk…kalau udah dpt PR…masi susah ga sih dpt kerja yg rendahan..kyk jadi tukang sapu,lap2 meja,operator2,pelayan…intinya jadi babu…dikrn kan bhs inggris kita yg minim…ga bs wasweswos ke bule2…tlg donk balesannya,tq

  • Riri Laksmini says:

    Nice info Bu !
    mau tanya nih ttg biaya hidup/bulan untuk single di Quebec Canada. Rencananya bila diterima akan mendapatkan stipend CAD$ 1300/bulan, asuransi sdh dibayarkan oleh pemberi beasiswa. Kira-kira mencukupi gak ya segitu ?
    Makasih

  • Selvie says:

    Hi, Sisesu! Met kenal ya.
    Thanks info ttg canadanya. Itu berarti banget bagi aku yang sedang siap2 imigrant kesana.
    Aku masih mau banyak tanya2 ttg keadaan disana, terutama ttg sekolah buat anak2ku disana.
    Kalo mbak berkenan, tlg email balik,agar kita bisa berkenalan lebih dekat lagi.
    thanks.

  • frida says:

    mba aku mau nanya, untuk tinggal di canada biaya hidup pertama sebelum mendapatkan pekerjaan di sana sekitar brapa $ ya? dan itu untuk hidup berapa bulan ya mba sebulm mendapat pekerjaan, buat persiapan aku sebelum kesana. tolong kabarin aku segera y mba? please..
    maksih sebelumnya mba

  • daib says:

    disana ada masjid gak?

  • Cath says:

    alo Mba, met kenal ya… boleh nanya2 persiapan pindah ke sana?
    Moga2 mba bs bantu ya…
    tolong email ya Mba.
    Aq tunggu… makasih sblmnya….

  • sisesu says:

    cath : boleh..tanya2. yg udh2 sih org yg pindah langsung dr indonesia pasti culture shock. kecuali yg sdh lama di LN atau plg tdk pernah tinggal di LN. aku alhamdulillah udh biasa, ini thn ke 12 kita di LN, awal2nya jg culture shock, tp kan wkt itu msh student, blm ada banyak pikiran spt kl sdh berkeluarga. kamu gimana? masih single apa udh kel?
    siap2in aja mental dan fisik (finansial terutama). udh pasti jgn pernah liat ke belakang…spt anak yg baru lahir, benar2 hrs siap merangkak dulu sblm bisa jalan. utk tips detailnya, kl ada pertanyaan lbh detail, email aja ke aku…sisesu@gmail.com
    ditunggu yah.

  • andris says:

    permisi mba saya andris, sedang mencari info lowongan kerja di kanada,,, bolehkah saya tanya2 soal kesempatan dan prosedur kerja di kanada?
    ini alamat email saya: sugianto.andris@yahoo.com
    terima kasih banyak sebelumnya,,,

  • Hi sis,,,km sekelg sdh mendpt visa utk pr, mau tanya nih,,,apa saja yg hrs km persiapkan utk dibw ke sana? Lalu utk skolah anak2 disana bgm sis?, tq atas infonya,,,,

  • imam nurhadi says:

    masih tinggal di Vancouver sis, bln depan kemungkinan udah nyampe sana. Salam kenal sis.

  • Mulyono says:

    hi sis.. sama seperti mbak vera, km sekeluarga baru saja dapet visa pr.kalau boleh info buat mbak vera di share juga ke aku hihihih
    @mbak vera,salam kenal ya …. 🙂

  • aidha says:

    Benar ngak sich kalo ke canada harus selalu ada sponsorship dr perusahaan disana?Bisa ngk kita datanh aja langsung and nyampe disana baru nyari kerjaan?terima kasih infonya

  • refandi guci says:

    salam kenal mbak, saya fandi tinggal di batam kepulauan riau, jadi ada lowongan kerja utk packer di kanada agen nya dari singapore, utk ongkos dan visa bayar 40jt, + 1000 singapore dolar utk medical check up… saya msh ragu dgn penawaran ini,,, tlg advice nya mbak… mksiii

  • Mirfat says:

    Denger ceritanya kok kyknya menyenangkan banget yah….. Jd pgn deh….
    Klo misalnya cuman punya keahlian baking cake atau jahit bisa gak kerja di sana?

  • Umi Wafa says:

    Hi mba, salam kenal yaa… Mau cari info klo buat peluang usaha kecil di sana bagus ga ya? Misal buka rumah makan sederhana masakan asli indonesia gt. Hehehe… Thanks sebelumnya ^_^

  • Arsyil Axel says:

    Mbak ,saya mama Arsyil.Kira 2 ada nggak ya job buat saya di sana?Usia saya sdh 45 thn.Kerja apa saja yg penting halal buat biaya sekolah anak saya sampai selesai kuliah.Mohon bantuan.Terima kasih.

  • Daru says:

    Hallo, boleh minta kontaknya mbak? Seperti email atau apa saja?
    Sy mau sharing dan minta pendapat karena sudah lama sy ingin tinggal di Canada. Tapi masih banyak yg belum sy pahami.
    Terima kasih

  • Astrid says:

    Hai mbak, Bisa minta contact email nya? kalau masih tinggal d Canada, it would be better. aku mau tanya tanya soalnya. Please reply.
    Thank you so much

  • Mariana says:

    halo mbak, msh tinggal di canada ga? aku mau tanya2 donk, karena akhir tahun ini saya mau di ajak tinggal di canada, blh minta emailnya ga?

  • mbak mau tanya, kalau mau kuliah MBA yang ada beasiswa dimana?, trus kalau soal penginapan/ asrama ada tidak yang terjangkau?

  • Lanny says:

    Mba, aq interest ingin stay d Vancover.
    Tp dgr2 biaya hidup dsana mahal y?
    Skrg ini kami stay s Thunder bay ontario.
    Pls advise. Thx n salam kenal 🙂

  • eni says:

    mbak sis,thx info kanada.sebelumnya salam kenal ya.sy Eni. mau apply pr kanada januari mendatang.biasanya proses pr berapa lama ya.pengennya k vancouver,dgn anak 3 org.menurut mbak gimana?cuaca di vancouver sulit ngga adaptasinya.kami d jkt.kl sempat email sy ya mbak.thx before.

  • schaat says:

    Mba tks utk info nya. Boleh mnt alamat emailnya utk tanya2 ttg canada yg lbh detajl lagi. Tks

  • lputriueo.407@gmail.com says:

    thanks infonya 😀
    bole tanya nggak? kalo biaya kuliah dari tk-sma gratis, yg kuliah itu juga gratis nggak? hehe

  • NL says:

    Saya bolak balik Canada sejak thn 2012 tapi sejak thn 2015 Suami saya mengusulkan saya dan anak saya menetap di Canada di quebec, karena Suami dan saya cape bolak balik Jakarta quebec , Suami saya Asli Quebec, karena Suami saya janji saya paling lama tinggal di Canada hanya Max 5 thn karena Rencana kita mau bukan usaha di indonesia akhirnya saya setuju jadi PR canada, saya cuma mau bilang Seenak enaknya tinggal di negara Luar bagi Saya lebih enak tinggal di negara sendiri, alhamdulilah suami saya setuju dan sangat mencintai indonesia, dan kita sedang mempersiapan suatu hari kita balik ke indonesia, saya sarankan bagi yang sudah punya pekerjaan bagus di indo, lebih baik dinegara sendiri daripada dinegara luar,

  • Juli says:

    Hi nama sy juli mau tanya nih kl biaya hidup untuk makan 4 orang semua dewasa itu sebulan cukup ga ya mbak 1000 sd 1250 dollar canada.sy sih pengennya di vancouver.ya makannya wajar aja nasi sayur buah dan daging ayam misalnya.trims sebelumnya ya mbak salam
    Juli

  • Zahir arsya says:

    Dear mbak sisesu,
    Saya zahir, dari jkt dan bekerja sbgai engineer di penerbangan. Setelah saya baca tulisan mbak saya lebih mantap pingin hijrah. Saya pernah ke new zealand dan australia, dan sekaranf susah kalo mau hijrah ke negara tersebut. Yang saya mau tanyakan, peluang masih terbuka gak mbak untuk taun sekarang ? Dan kalo saya bisa hijrah melalui studi, apakah anak2 saya sekolah di sana otomatis free juga ? Terima kasih banyak mbak.
    Salam.

  • Listra monica says:

    Halo mbak, saya mau nanyak dikit tentang kuliah di kanadanya

  • Muh Idham says:

    Mbak, klo masalah cari tempat tinggal disana gimana yah? Apalagi klo baru pertama kali ke keluar negeri. Mohon infonya mbak hehe

  • abby says:

    bagus pencerahannya saya ada rencana ingin ke toronto awal tahun depan.

  • Monika says:

    Mbak terimakasih sekali infonya. Sangat membantu memberikan gmbaran nyata hehe. Sy mau tanya2 dong mbk. Rencana mau lanjut studi di universitas torronto. Kira2 kultur disana cocok ga ya sm mahasiswa asing? Makasiih banget.

  • Sisilia says:

    Mbak boleh minta nomer wassup nya? Atau emailnya? Saya sama suami mau pindah canada mbak.. Ga tahan sama situasi politik Jakarta yg ga menentu.

  • Eldric'jr says:

    Kak, perkenalkan nama saya eldric, 18 tahun. Saya berencana bwt k kanada ni kak, bwt kerja tp pakai visa pelajar , kira” dsna saya diperbolehkan kerja g kak? Makasih kak..

  • Wend says:

    Hai Mbak apa Kabar?
    apakah masih di Canada.
    boleh kah tanya…
    1. Apa ada agent di Jakarta yg isa bantu step by step utk migrant ke sana?
    2. Seorang pemula apakah memerlukan biaya yg banyak yah utk ke canada?
    3. Saya ingin bersama keluarga pindah ber 3 Istri & anak yg msh 4 thn , mana lbh baik? Saya dulu kerja dan menetap bbrp saat di canada atau bisa lbh mudah/ baik 1x proses maksud nya lsg dgn anak Istri yah?
    terima kasih banyak.

  • Wend says:

    Hai mbak Si apa kabar? Masih di Canada kah?
    apakah bisa tanya:
    1. Apakah ada agent di Jakarta yg dapat bantu Migrant dgn Legal kesana?
    2. Memerlukan biaya berapa kah untuk dapat kesana? Kira-kira nya…
    3. Saya Ingin sekali pindah bersama keluarga: Istri & anak 4 thn. Mana lebih baik: Saya pergi dulu sekolah/kerja atau sekalian saja langsung dengan Istri dan Anak utk berpindah ke Canada yah?
    terima kasih atas bantuannya

  • bunda nanda says:

    Halo

    Saya 12 tahun tinggal di kanada. Saya ingin tulis pendapat saya. Kalau anda sudah mapan dan hidup enak di indonesia, lebih baik tidak pindah ke kanada, kecuali anda ditawari kerja sebagai expat dengan gaji dan fasilitas yang bagus. Biasa hidup enak di indonesia, pindah ke kanada akan sangat berat untuk bisa menyamai gaya hidup yang sudah anda raih disana. Perkecualian bila anda masih berusia relatif muda dan belum memiliki anak. Anda bisa berhenti dari karir anda di indonesia dan mulai dari bawah lagi, kemungkinan untuk berhasil lebih besar. Bila di indonesia anda adalah pekerja kasar and bergaji UMR, bila ada peluang pindah ke kanada saya anjurkan untuk diambil karena kemungkinan besar anda akan meraih kehidupan yang jauh lebih baik.

  • Novez says:

    Mantap, mas mau Tanya?kalau udah masuk kanada pakai visa turis, boleh kerja gak?

  • Oneal says:

    Seru jg ceritanya..hai mb..salam kenal..😊
    Suamiku lg ada kerjaan di montreal..hehe kl sy mau tanya ..tpmt shoping2 nya..hehe/ kl disana merk apa mb tas2 or jam tanganya yg terkenal lebih murah dr indo..thank to infonya y mb…salam suksess selalu

  • Novez says:

    Hi, salam kenal saya Novez, saya mau bertanya tentang employer agency di kanada, apa kah ada seperti di New York City , gampang dan mudah untuk mencari pekerjaan trima kasih sebelum nya,

  • Iyaq says:

    Saya ditawarin untuk bekerja di sea food processing.tapi saya buta akan bekerja di luar negri.mohon pencerahannya bagaimana hidup di canada,bagaimana muslim disana,dan bagaimana kerja di sf processing.

  • Rocky says:

    Bapak/ibu mohon petunjuknya. Saya ada planning ke canada. Buat cari kerjaan. Tapi sekarang keadaan saya sudah menikah dan mempunyai 2 anak.
    Saran dari bapak /ibu bagusan saya sendiri dulu ke canadanya atau sekaligus membawa istri dan anak saya?
    Dan apakah ada saran kota mana yg bagus untuk mencari nafkah dan tempat tinggal yg disarankan oleh bapak / ibu.
    Alamat email saya lieweiquan@gmail.com
    Mohon petunjuk dari bapak/ibu.
    Terima kasih

  • Misaran says:

    Pengen banget pigi ke quebec

  • FeiFei says:

    Hallo Mba … Sy FeiFei , setelah baca pengalamannya membuat sy lebih semangat utk tinggal DiKanada … Terima kasih bnyk utk inspirasinya 😊

  • FeiFei says:

    Oow iya … Mba Ada IG kah? Terima kasih.

  • Noor Hasinah Abd Aziz says:

    Saya dari Malaysia, boleh bantu untuk tinggal d sana Canada, Kami hanya 3 beranak, saya, anak dewasa dan suami,

  • ani says:

    minta info nya ttg study di canada. anak sy kls secondary4 setara O level. ingin masuk college canada 2 th lanjut lg uni 2 thn dng beasiswa,apa bisa? klo tdk bs bgmn klo daftar beasiswa highschool kls 11 n 12 nya . jurusan di tuju adl teknik . thx

  • Marissa says:

    Haiiii apa bisa berkomunikasi??

  • sherley says:

    Untuk proses membuka rumah makan atau sewa foodcourt, sulit ga ya?

  • Dwi says:

    Kak mohon doanya, smoga saya lancar bisa bekerja kesana, dan insyalloh saya juga tinggal di ontario, setelah membaca ulasan artikel kakak hati saya sedikit lega,ada sedikit bayangan kehidupan disana. Insyalloh akhir tahun 2017 atau awal tahun 2018 saya akan kesana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading O’canada at My Life Abroad.

meta

%d bloggers like this: