got into music?

January 23, 2008 § 9 Comments

belum lama anak saya yg nomer 1 ribut minta2 kursus gitar, ini yg ke 2 juga dah beberapa minggu terakhir ribut minta beli violin (biola). padahal dia masih berusia 5 tahun, takutnya hanya karena pernah lihat di TV atau denger cerita2 teman tentang biola. saya bujuk2, adel..kamu masih kekecilan. baca aja masih ngeja, apalagi konsekwen dengan sesuatu. masalahnya biola itu kan bukan barang murah, dan (sepertinya) tidak lazim diminati anak2 kecebong gitu. yg ada dibenak saya, alat musik yg paling membosankan adalah biola. karena bayangan yg ada dikepala saya adalah idris sardi, satu2nya biolis (eh, apa namanya ya pemain biola?) kondang di indonesia jaman kita2 masih jadi kecebong. rasanya bisa tertidur kalau denger beliau menggesek2an biolanya didepan layar kaca yg (kala itu) cuma TVRI 1-2. ini, si adel yg kirain bakal tertidur pulas saat mendengarkan biola, ternyata malah berminat mau main!

tapi kami bersyukur. kami sebagai orang tua nggak perlu memaksa anak2 untuk ikut ini itu. karena anak2 sudah menunjukkan minatnya sendiri tanpa harus saya paksa. seperti mama saya dulu, saya harus ikut les ini harus ikut les itu. katanya, nanti kl kamu dah gede, nggak bisa sekolah atau nggak punya kerjaan, bisa jadi guru piano..atau nari..atau renang..atau..whatsoever. ternyata tokh…saya harus beralih profesi sebagai “juru masak” juga. karena kebisaan2 yg didapat dari les2 tadi tidak sesuai dengan hobi dan minat sendiri.
belajar dari pengalaman dini, saya nggak mau maksa2 anak untuk ikut kegiatan, kecuali kalau mereka menunjukkan minat yg besar, baru saya tantangin. harus janji kalau permintaan yg keliatannya simpel ini, harus dilakoni seserius mungkin. bahkan nggak ada salahnya kalau memang hobi dan berbakat, bisa dijadikan profesi kelak. masuk sekolah musik atau performing art. yang penting, harus benar2 ditekuni.

sepulang dari mengantar aiz les gitar kamis lalu, saya datangi guru biola di kelas seberang. orang russia, udah nenek2. bahasa inggrisnya juga masih medog dengan dialek russian. tapi keliatan sabar dan atensi tinggi terhadap anak2. saya bincang2 dengan si miss esther ini. dia langsung senang karena adel sudah berminat ke musik di usia dini. beliau sendiri memulai main biola diusia 5 tahun. katanya, anak2 kecil lebih peka dan mudah mengerti. sayang dia hanya punya waktu kamis jam 8 malam dan senin jam 4.30. pilihan yg sama2 kurang afdol. tapi gpp lah, saya pilih kamis malam sekalian aiz juga les gitar. walaupun berbeda waktu, tapi sekalian capek sehari karena hari2 lain mereka juga penuh dengan kegiatan2 ekskul. belum waktu untuk PR, dan untel2an sama keluarga…

tadi siang, kami pergi ke toko musikdi downtown toronto. cari biola yg ukuran 1/8 buat adel. mini sekali, berhubung si adel juga masih 5 tahun plus bodinya junkies kurus kering. cari di mississauga sini nggak ada, mereka tidak menjual barang sekecil itu, langka rupanya. jadi kami harus ke downtown, dimana toko ini juga memproduksi biola sesuai pesanan. begitu saya lihat barangnya, kaget juga…kecilnya bukan main! kayak mainan aja. tapi model dan bentuknya benar2 klasik. indah. baru ini melihat biola dari dekat!

senangnya adel. kami membawa pulang sebuah biola yg katanya kualitasnya oke, bagus banget enggak, tapi cukup buat pemula. mudah2an, dia benar2 memegang janjinya. mau menekuni minat barunya ini. nggak sabar kepingin lihat adel bisa memainkan lagu. trus, aiz main chord nya dengan gitarnya. trus….saya main pianonya (i wish i could afford a real piano soon!).
tinggal 2 pemuda2 ‘ganteng’ dirumah yg jadi penonton…..hidup cewek! (sorry guys, don’t mean to hurt your feeling).

Photobucket

matching bag nya pun udah ada lho…coba ditengok disini.

Advertisements

§ 9 Responses to got into music?

  • Susan says:

    wah..asik juga tuh Silly, adel kecil2 dah demen biola, kalo dah bisa ntar bikin merinding emaknya hehehe…

  • Dhona says:

    Wah Adel hebat ya? Sekecil itu udah pintar main biola. Aiz juga ya, semoga semakin pintar main gitarnya..

  • sili says:

    thank susan, dhona…ya kita juga berharap2 cemas, moga2 nggak cuma ribut mintanya, tp senang menekuni musik.

  • kiky says:

    del…ntar aliran biolanya alternative ya…bise seru….:-D

  • mutia says:

    hebat adel kecil2 dah seneng biola..coba sharing ama bune salma :salmasanidya.blogspot kan salma nya juga baru blajar biola 1 taun trakhir ini, dah pinter tapinya..Met wiken mbak:)

  • Indahjuli says:

    Sili, apa kabar ? sekarang jarang online di YM yah.
    kangen nih.

  • ninda says:

    Akhirnya mama OK juga ya dan izinin Adel belajar biola.
    Yang semangat ya Adel… n buat mamanya jangan capek² dorong Adel buat latihan…
    Selain latihan sama Miss Esther, dirumah dilatih juga ya…

  • si momi says:

    indah..aku kemarin2 emang jarang, tp skr udah OL lagi koq. kenapa kl aku mau leave comment diwebsite moe, ga bisa yah. nggak appeared itu word verification nya. mana gak ada SB. hehe..ayo ayo..kita chat. just in case, add aku di silifbrian@YM. bye.

  • Mela says:

    Wah hebat ya…. Adel udah semangat main biola, mudah2an semangatnya terus begitu dan ga angot2an ya…..
    Anakku les pianonya sekarang tidak semangat walaupun ga pernah bolos cuma ga pernah latihan dirumah jadi seperti terpaksa. Padahal dulu dia yang minta, katanya bosen mau ganti biola. Kan emaknya yg pusing kalo ganti2 gitu, belum tentu nanti betah juga. Akhirnya sekarang dengan sistim paksaan juga, supaya ga nyesel kaya emaknya yang sekarang malah ga bisa apa2.
    Tapi kalo emang bener2 nanti pada serius main musik bikin band aja..kan asik tuh……band cewek….kalo di Indo bisa TOP deh……….he he he

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading got into music? at My Life Abroad.

meta

%d bloggers like this: