pengalaman tahun baru

January 3, 2008 § 7 Comments

welcome 2008…
senangnya…bertambah umur, bertambah uban, bertambah keripyuuuut. kami hanya bisa panjatkan syukur masih diberi umur dan sehat, mudah2an bisa panjang dan berkesempatan bercanda dengan cucu-cucu yg lucu2. aiiiih…jauh nek.

saya dan hubby akhirnya jadi juga ber-tahun baruan ke downtown. tadinya udah muales, karena tanggal 31 itu hari yg pendek bagi saya. seharian sibuk anter belanja sana sini, maklum mertua pulang tanggal 2 januari (udah semalam). tapi pengen tau juga, mumpung mertua masih ada disini kan….ada yang bisa nunggu anak2 dirumah.

kebetulan setelah jam 7 malam, dimalam tahun baru semua public transportation gratis. antisipasi adanya “drink and drive (and die)”. semua warga dianjurkan pakai kendaraan umum, apalagi yg niat mau mabuk2an. ngomong2 soal mabuk, heran juga, kenapa jadi tradisi anak muda disini kalau tahun baru. bule teman2 kerja hubby juga pada bilang, harus mabuk! BAH! kayak nggak ada kerjaan lain yg lebih oke. biarin lah, jadi orang indonesia aja. tahun baru diawali dengan do’a.

sudah ada niatan mau ke Nathan Phillips Square, yang katanya bakal ada musik panggung. Ada Rozz Bell dan Plain White T’s. mayan lah buat tontonan gratis. kebetulan lagunya enak2, dan hanya denger di radio aja selama ini. pengen liat orangnya kayak apa sih.

Jam 6 pm hari sudah gelap, kalo di jkt mirip2 jam 9 malem. sinar matahari di waktu winter disini memang pendek. bete juga, mana dingin nggak ketulungan. hari itu udah -10C aja. itu juga katanya belum apa-apa, klimaksnya biasanya januari-februari. omaigad!
tapi tetap semangat 45. dari rumah sudah mengenyangkan perut. sudah pasti disana bakal antre panjang untuk beli2 makanan. untuk mengantisipasi biar nggak beser, kami juga sudah puas2in minum air dirumah. males juga minum air yg kena cuaca dingin…kayak minum air es.
jam 8.15 pm kami berangkat dari rumah, karena jadwal kereta ke downtown jam 8.40 teng. dari rumah naik bus menuju port credit (selatan), disana ada stasiun KA. ternyata naik bus nggak sampe 15 menit, karena jalan2 agak sepi. disana nunggu lumayan lama, dingin pula….tapi asik, liat orang2 yang berdandan rapi2. niat banget pengen tahun baruan, padahal dingin2 begini maksain pakai rok pendek, bahkan ada yg pake gaun pesta. saya yg sudah seperti lemper gini, buntel sana sini masih berasa dingin. pakai celana 2 lapis, pakai baju 3 lapis. masih kurang juga. ckck..dasar kulit tropis.

jam 8.40 on time KA nya datang dari arah barat. kami berebutan naik. enak juga walaupun ramai tapi kita merasa aman, karena yg naik KA koq keren2 amat….
kereta jalan bak keong siput. pelaaaan banget. mungkin karena penuh dan karena jadwal malam tahun baru agak dipersedikit, sehingga punya waktu banyak. hanya 30 menit kami sampai di Union Station, downtown Toronto. dari situ mulai bingung…nahlo, arahnya kemana nih?

ternyata semua orang mau ke nathan phillips square, jadi PD aja ikut gerombolan. jalan kaki kesana cukup jauh juga, 1 km ada kali. mayan lah buat penghangat badan dan menurunkan makanan yang tadi dimakan. banyak juga yg berkeluarga, bawa anak kecil. bahkan ada yg tega membawa bayi merah. edan.
dari sekian banyak peristiwa2, saya tercengang juga melihat masih banyak homeless2 yg bertebaran disana. diudara yg dingin seperti ini, cuma modal selimut dan tas. mereka kebanyakkan tidur di trotoir. kasihan banget lah. katanya sih, setiap bbrp waktu petugas shelter home mondar mandir, tujuannya menawarkan kalau mereka mau diangkut ke shelter home untuk berteduh & makan. tapi tauk tuh, banyak juga yg masih berseliweran disana….

nathanphillips.jpg
lautan manusia

sampai juga akhirnya di nathan phillips square. disana masih banyak orang2 yg bermain ice skating. seru juga, pengalaman pertama selama hampir 9 thn di luar negri. suasana yg selama ini hanya ditonton di film2 kali ini kami berdua mengalami sendiri.
suasananya meriah, orang2nya juga kayaknya happy semua. benar2 enjoy life. anak2 kecil yg juga keliatan pada happy, padahal kalau dipikir2, jam segitu biasanya udah teler. tempat yg segitu gedenya bisa jadi lautan manusia…..dari jauh cuma keliatan bola2 berwarna warni (kepala pake topi). lampu2 juga dibuat warna warni. seruuu.

lautanorang-sml.jpg

lumayan kedinginan juga, karena berjam2 disana ‘maju kena mundur kena’. lautan manusia benar2 seperti laut. nempel satu sama lain. kalau ada yg mabuk, jalan diantara kerumunan manusia tanpa permisi, kayak domino. satu kesenggol, yg lainnya ikut goyang….
padahal, sudah ada peringatan, alcohol-free. karena moment ini buat family juga. tapi orang2 pada nekad, botol air mineral diisi dengan beer atau minuman keras lainnya. dasar anak2 abg blm tau susahnya ngurus anak. masih ego. yah, tapi kita sih jadi penonton ajalah. enaknya nggak bawa krucil2, nggak ada perasaan was2 kalau ada yg aneh2. nggak kebayang kalau bawa si jagoan kecil kami kesana, pasti resek abis minta ini itu.

band terakhir adalah plain white T’s, dengan lagu hits nya Delilah. semua orang nyanyi….kompak banget. setelah itu mulai count down, pembawa acara CBC & CTTV yg memandu acara menghitung dari 20. hah….udah 2008 ajah! tambah tuwak bow…..kembang api jedar jedor bagus banget. sempet juga foto2 tapi karena tiba2 aja snowing hebat, agak2 susah mau foto. hasilnya begini deh.
sudah niat, setelah 12 teng, kami langsung cabut. tapi…boro2 mau jalan, bergerak aja susah. akhirnya, nunggu sampai ada gerombolan anak2 muda yg agak2 mabuk lewat, kita ikut dibelakang mereka. nggak perlu misi misi numpang lewat.
untuk ke jalan raya, menghabiskan waktu yang lumayan lama. pake acara manjat2 pager segala. karena ngantri untuk jalan di sidewalk panjang. sementara kereta terakhir jam 1.13. kalau ketinggalan harus nunggu besok pagi jam 6. mana tahaaaaaan…

firewirks.jpg

stasiun-sml.jpg
union station at 1 am

kita ngebut ke Union Station. berjalan dikerumunan orang rasanya susah dan menyebalkan, mana kalau lagi begini, banyak yg mendadak liar. mobil2 di jalan macet total. karena orang2 nyebrang seenak udel gak ada aturan. aji mumpung tahun baru….yg lemah mengalahkan yg kuat. bersyukur juga kami nggak bawa kendaraan, belum lagi parkir yg pastinya susah dan mahal. akhirnya sampai juga ke union station 20 menit lebih awal. begitu kereta datang, orang2 pada berhamburan ke platform atas. kami berdua sempat terpisah. tapi berkat kecanggihan era modern, celular adalah sarana yg paling top markotop. romeo dan juliet ketemu lagi, dan naik kereta menuju ke istana…..

sampai di stasiun KA port credit jam 2-an, masih rame. 10 menit kami nunggu bus. baru ini naik bus jam 2 malam penuh sesak. tapi lagi2 seruuuu….nggak akan pernah terulang lagi. karena tahun depan belum tentu ada ortu datang lagi. jam setengah 3 baru sampai ke halte deket rumah. kami berdua jalan kerumah kira2 20 meter. jam segitu masih juga kami liat ada 2 cewek menggiring anjingnya jalan2. ckckck. ditengah2 turunnya salju pula….dingiiiiiin.

semalam, mengantar mertua pulang ke jakarta. pesawat berangkat jam 12.20 malam. tega nian. tapi kami sudah disana jam 9 karena malas antri2 check in panjang. di counter cathay pacific, beliau ditawari dapat cash 400 dollar, kalau mau delay 24 jam karena pesawatnya overbooked. plus, upgrade jadi deluxe. ternyata beliau kekeuh mau pulang. ya ampuuuuun…400 dollar kan lumayan tuh…bisa buat shopping2. belum ada kabar sms dari beliau. mudah2an beliau sampai selamat nggak kesasar dijalan.

sekian cerita hari ini. selamat siang.

§ 7 Responses to pengalaman tahun baru

  • momykeiza says:

    seru..pengen….hiks. Kita disini tinggal jauh dari peradaban, mana gak ada kendaraan, bis kampus dan bis kota pada libur…..hiks. Tahun baru sukses kita lewati dengan…molor:)

  • ...ina... says:

    waduh seru ya….bisa old n new berdua ama hubby….. bener sil, mumpung ada kesempatan…kalo ga harus nunggu anak2 gedhe….๐Ÿ˜‰

    duh…kok ga mau sih bu…kan dapet 400 dollar plus diupgrade pula jadi deluxe….kalo saya mah, tanpa pikir panjang di-iya-in..kekekek…udah kangen ya..ama indo….๐Ÿ˜‰

  • seru ya malem tahun baruannya…… asyik!!!
    met tahun baru, semoga sehat selalu dan sukses.

  • yanti says:

    met tahun baru ya mbak Sili!

  • Since says:

    ui cakepnya… paduan pink!!!

  • si momi says:

    momykeiza : aku lbh seneng tinggal di kota kecil. ada enak ada nggakenak nya sih.

    ina : iya tuh. kl gw langsung mata ijo. gak pake mikir. nginep di hotel situ juga gpp.

    yanti & triplet’s mom : sama-sama..met tahun baru juga…..

    since : iya nih..ga sengaja punya coat bbrp biji pink2an semua. padahal nggak ngefans2 amat sm pink. tp kmr dapet sale2an pas warna pilihannya cuma pink & ijo tua. mending pink aja lah.

  • yossy says:

    mom..coatnya lucu deh…kapan disini ada salju yah…hehe *biar bsia pake coat doang sih*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading pengalaman tahun baru at My Life Abroad.

meta

%d bloggers like this: