November 22

November 22, 2007 § 11 Comments

Hari yang bersejarah bagi saya.

Yang pertama, si papah (yang kung nya anak2) berulang tahun yang ke 71 (tuwak ya…tapi alhamdulillah masih gagah lho). Tadi malam (22 pagi di indonesia) saya ngrumpi dengan beliau di telepon. Resikonya kalau telepon rumah, maunya sebentar jadi berbuntut hitungan jam. Segala macam digossipin…hehe.

Yang kedua, dapet kiriman duit dari pemerintah canada…disini kalau punya anak dapet tunjangan, istilahnya bantu2 bayar ngurusin anak atau bayar daycare. Ini berlaku bagi semua orang. Besar tunjangan tergantung pendapatan. Semakin besar income semakin kecil jatahnya. Tapi biarpun cuma sekedar cukup buat jajan anak2, lumayan lah…..setidaknya merasa bahwa pemerintah ada usaha untuk timbal balik. Kesejahteraan anak2 terjamin sekali disini, sekalipun kami dipotong pajak yang lumayan tinggi setiap gajian ataupun setiap membeli barang jadi (kecuali bahan makanan mentah), saya rasa fair2 saja. Toh, biaya dokter dan rumah sakit dijamin pemerintah juga.

Yang ketiga, HARI INI SNOWING lumayan banyak. Anak-anak senang bukan main. Adel nggak mau diantar pakai mobil, maunya jalan kaki. Katanya mau bikin snowball dan snow angel. Ini kali pertama kami merasakan salju di Canada. Baru bulan November sudah turun lebat gini, gimana nanti 1-2 bulan lagi? Menurut informasi, di Barrie, sebuah kota dimana 45 menit dari kota kami, (daerah pegunungan), sudah diselimuti dengan salju tebal. Arena2 ski dekat2 situ juga sudah buka untuk umum. Kita berencana mau kesana hari Minggu. Itu kalau keadaan memungkinkan. Repot kan kalau keadaan begini, tadi aja menyiapkan anak2 sekolah ribet minta ampun. Bajunya juga ribet, pakai long john (lapisan thermal anti dingin spt stocking), celana sweat pants, dan terakhir snowpants. Tentu saja harus wajib memakai atribut winter spt topi, tutup kuping, syal, sarung tangan dan snowboots. Sekolah2 disini mewajibkan anak murid memakai “seragam” winter tsb kalau cuaca dibawah 0 C, apalagi snowing begini. Kalau nggak, ortunya yg kena teguran.
Mengantar Adel kesekolah juga perjuangan. Di jalan, dia excited banget sehingga nggak mau jalan buru2. Dia kepingin sekali main2 dengan salju. Padahal bisa dibayangin, beceknya jalan dan salju yg turun lumayan lebat bikin muka (satu2nya yg nggak ditutup rapat) semriwing. Ternyata kalau badan dibuntal dengan baju2 dan sepatu yang menghangatkan, cuaca begini asyik juga sich. Sesuatu yang selama ini kami rindukan dan nggak pernah terjadi di Dallas dulu.
*sebenernya, sempet ngeshoot pakai HP sih, beberapa menit, tapi nggak tau cara upload..hihi…mungkin hrs beli memory card dulu*.

Maklum Canada, cuaca udah begini hebohnya masih dibilang belum apa-apa. Kalau di Dallas, suasana begini sekolah2 sudah diliburkan. Disini boro2. Banyak juga orang mengantar anak2nya berjalan kaki. Disekolah, gurunya malah membiarkan anak2 bermain2 salju. Guling2…lempar2an snowball, bikin snow angel. Dengan syarat, harus memakai pakaian winter dan sepatu lengkap. Adel dengan happy nya, guling2 sana sini. Sesuatu yang dilarang oleh emak-bapaknya itu enak pastinya.
Akhirnya, sesampai dirumah, saya ajak Aidan ke playground halaman belakang dan saya biarin dia main2 di tumpukkan salju sepuasnya. Sampai2 dia bosan dan minta pulang.

Speaking of Aidan, ada hal2 aneh baru yang terjadi dirumah. Aidan mulai menunjukkan tanda2 aneh. Dia jadi kedoyanan masak!
Resikonya anak cowok yang sehari2nya seringan sama mak nya daripada pak nya. Jadinya begitu deh. Dianggapnya memasak adalah rutinitas keharusan yang harus ditekuni org rumahan. Karena dia belum sekolah, guru abadinya adalah mak nya. Tiap pagi, dia sudah ribut mbangunin saya, “mami..mami…I wanna cook pancake!”. Awalnya, dia suka saya suruh ngadon tepung dan bahan2 pancake lain…asisten bagian aduk2 adonan, lama2 jadi keranjingan. Berlanjut dengan nagih mau nggoreng sendiri. Setelah itu dia jadi yang sok jago….pernah ketahuan lagi manjat2 mau nyalain kompor!!!! Omaigad! Pusing deh kepala. Jadi sekarang, mau nggak mau, listrik kompor harus dicabut kalau lagi nggak masak. Daripada bikin jantungan!
Sementara, dia sudah terlalu besar untuk dikasih pagar di dapur. Kemandiriannya dan kemauan yg keras malah membuat kami kewalahan. Kalau dicuekkin, dia nggak terus merengek, tapi melakukannya sendiri tanpa sepengetahuan kami! Ngeri pisan lah! Tadi pagi, dia ribut mau bikin telor dadar. Grandma yang memandu (karena mantunya yg pemalas masih leyeh2 di kasur yg empuk..). Anehnya lagi, Aidan baru mau makan kalau makan hasil masakannya. Jadi, mau nggak mau, kita harus bersabar nungguin dan memandu dia masak. Kalau liat orang masak didapur, langsung heboh…ambil apron/clemek mini nya, dan ambil spatula. Langsung menawarkan diri untuk masak. Hah…sok kali lah pokoknya! Yah…nggak bisa jadi insinyur, jadi ahli kuliner yg terkenal seantero juga bisa jadi miliuner….hahaha….liat itu Emeril Legassi, Wolfgang Puck, Jamie Oliver……


dari ngaduk adonan, sampai nggoreng maunya sendiri. modelnya pletat pletot..


dinikmati oleh kakak2nya…


pancake hasil gorengan si jagoan kecil, dimodifikasi pakai meisjes segala…

Hari ini, hari yang sibuk bagi saya. Anak2 yang lagi kegirangan main snow, kekeuh mau membawa pulang snowball yang dibuat sepulang sekolah. Tentu saja sampai rumah sudah mencair, tapi mereka nggak kehabisan akal. Yang ada di freezer saya sekarang ada 3 mangkuk snowball……!


tinggal ngasih sirop aja enak kali ye…

Advertisements

§ 11 Responses to November 22

  • debbie says:

    weks, am the 1st now 😀
    sil, hebad deh si jagoan mau turun ke dapur, jadi master of cooking lah. Good for him. Paling gak kalo entar dah lebih jago, emaknya bisa ongkang2 kaki pan? hehehe..

    emang dennis nggak suka ngerusuhin dapur ya? tauk nih…kirain dia model yg cuex cuma asik sm kereta2nya doang…taunya justru yg plg atensi sm mominya. hiks.

  • ...ina... says:

    sama sil..disini juga dapet tunjangan gitu…dan pajaknya juga gila2an…
    tapi tunjangannya bisa diambil mingguan ato tahunan…gue ambil yg tahunan…lumayan itung2 nabung…kekekek

    duh…lucu2 banget krucil2nya….
    enak si jagoan kecil udah demen masak….jadi ntar kalo gedhe udah pinter…wah, enak tuh yang bakal jadi istrinya….(*daftar ah…buat kezia…kekekekekek)

    iya kali karena negara commonwealth shg kehidupan sosial terjamin. mau daftar jadi calon istri…waiting list yg pertama nih…hehehe…

  • Ryuta says:

    Udah turun salju luamayan banyak juga ya, dingin..disini aja yg baru 3 derajat di pagi hari udah menggigil.

    Aidan suka ngeliat mami masak ya makanya jadi kreatif mau masak juga. Boleh nih dicicipi masakannya Aidan.

    Happy B`day untuk yang kung….

    turun salju sih bakal terus2an sampai bulan april th depan. forecastnya, mulai senin mg depan salju melulu. enak sih enak, tapi sebelnya mobil dan rumah becek. makasih ucapannya.

  • mutia says:

    asik bener klo banyak anak dapet banyak dwong tunjangannya….mau dwong..hiks kapan yah indo bisa kayak gini..happy b-day buat yangkung nya anak2:) mengamini semua do’a mbak sili yah:) met wiken mbak:)

    panen nih..hehehe…nggak juga sih mut, tp lumayan lah buat nambahin celengan anak2. makasih ucapannya…

  • Susan says:

    wah asik ya bisa main2 salju… Aidan suka liat mommy masak makanya jadi tertarik,hm..enak tidak pancakenya? hehehe met weekend ya sili..

    asik, makanya kesini donk..jalan2. met weekend juga.

  • Esti says:

    Anakku yang cowok dulu juga senang turun ke dapur. Indomie dibikin macem-macem. Tapi begitu udah SMA gak pernah lagi ke dapur. Konyolnya anakku yang cewek boro-boro deh nyentuh peralatan dapur. Sampai SMA juga gak pernah bikin telor ceplok. Halah…

    mudah2an aidan nanti kl gede nggak tertarik sama dapur….mungkin anak laki lbh deket sama ibunya ya?

  • Since says:

    Wah…. liat pancakenya jadi inget pancake buatan temenku yg dihidangkan dengan maple syrup.. lekkeeeeeerrrrr….
    Cute banget si koki kecil nih 🙂

    iya nih…untungnya adonannya udah ready mix, tinggal tambah susu & telor aja. sama dia dimodifikasi dengan meses. makanya sendiri pakai gula halus…aneh bgt.

  • ira says:

    wah, selamat ultahbuat yangkung…:D

    Aidan cute banget pake apron gitu hehehe

  • mutia says:

    kebayang pasti rayga sama deh kayak mas aidan bakal seneng banget gugulingan di salju..kapan yakk..mimpi.com.Gimana ntu snowball dah dikasih sirup belum?terus rasa nya gimana enak gak :D. Kemaren jadi mbak ngajak anak2 main ski?ayo cepet pajang yah foto2nya:)
    oh ya, bert* tilars* kemaren dvd nya macet jadi olahraga cuman saptu dowang, minggu libur..alasan vcd macet padahal males bow..xixi..betul sekali tebakan mbak:P

  • yanti says:

    hihihihi ada es serut ya 😀

  • dyah says:

    Wah sdh turun salju ya.. disini blm, mudah-mudahan masih lama.. Aidan calon koki hebat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading November 22 at My Life Abroad.

meta

%d bloggers like this: