kindergarten, here and there

October 2, 2007 § 11 Comments

jaman adel kelas nol kecil (pre-kindergarten) di dallas dulu, saya lumayan kewalahan karena adel dihujani PR setiap harinya. nggak susah sih, tapi membosankan. metode pengajaran di dallas school lbh kearah stimulasi. tiap hari diasah dengan hal2 yg sama, terutama menulis nama masing2 setiap harinya. walau karena otot motorik belum berfungsi bagus, kebanyakkan mereka menulis terbalik2. adel, yang memang terlahir kidal, seringkali menulis dari kanan ke kiri. saya sering komplen ke gurunya, berkeluh kesah kenapa bisa terjadi spt itu. menurut beliau ini lumrah kok, bukan karena kebot atau lambat, karena memang masih kecil.
bagusnya, dengan metode ini anak2 secara nggak sadar diasah otaknya. benefit yang bagus buat para orang tua. tapi apakah anak2 merasa senang? kebetulan, anak2 saya cuek2 semua. mereka doyan yg namanya sekolah, karena dirumah sarat akan teman (mana kenal tetangga…). tapi ada anak teman saya yang sekarang duduk di TK nol besar, merasa jenuh dan mengeluh kepada ibunya. mogok sekolah. bagaimana tidak, anak 5 tahun (kindergarten) sudah harus sekolah dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore. naik school bus yang jaraknya lumayan melelahkan buat anak seupil gitu.
sekolah public dimana anak2 saya pernah masuk, peraturan begitu ketat. terlambat ada batasnya, hanya boleh 3 kali. absensi juga 90% dari tahun ajaran harus hadir. anak TK, mana boleh ditunggui orang tuanya. ada anaknya teman, karena nangis terus menerus, malah gurunya bilang gini, “ibu masukkin aja anaknya ke sekolah swasta atau kegiatan sosial lain, supaya anaknya lebih berani. kalau begini terus bisa mengganggu anak2 yg lain”. maklumlah..public school kan gratis. kesannya kok, kalo mau sekolah gratis, jangan macem2 lo…
tapi untungnya, anak2 saya fine2 aja. gak pernah ada masalah dengan sekolah. malah kalau boleh memilih, mending disekolah seharian drpd dirumah .

seingat saya, memang TK besar di USA itu sudah belajar serius. mereka dituntun untuk siap masuk sekolah dasar. awal ajaran baru, saya sibuk mempersiapkan peralatan alat tulis yang menurut akal pikiran saya itu alat2 tulis untuk anak gede. seperti binder book, buku tulis bergaris, folder, agenda, dll. perasaan jaman saya TK, adanya cuma gambar, menempel & menggunting, berhitung dasar, makan-minum, main dan nyanyi. cuma basa basi pula, 2-3 jam trus pulang. sekolah hanya untuk bersosialisasi dan buang2 waktu ibunya….[hehe].

begitu kami pindah negara, ke canada, kembali saya dihadapkan ke sistim pendidikan yg berbeda. di peel school district [nama wilayah daerah tempat tinggal kami], anak TK tidak demikian adanya. adel yang sekarang duduk di TK nol besar [senior kindergarten] harus sekelas dengan junior kindergarten. saya sempat protes, lha wong dia itu sudah bisa baca tulis, kok malah harus mundur krn gabung dengan junior2. si guru bilang, sistim pendidikan di canada gak boleh memaksa anak apalagi anak TK untuk belajar. untuk mau bersekolah tanpa berurai air mata saja sudah bagus. artinya si anak merasa betah berada disekolah dan yg terpenting menikmati sekolah. kenapa senior dan junior dicampur karena agar si senior bisa menuntun juniornya dalam segala hal. si senior juga belajar bertanggungjawab atas ‘tugas’ nya sebagai ‘tutor’. untuk mengetahui tingkat kemampuan anak sampai dimana, gurunya yang memantau masing2 anak. setiap 4 bulan ada review.
beda dengan TK nol besar di USA, di canada hanya 3 jam saja. karena menurut pakar2 pendidikan disini, itu sudah cukup untuk usia 4-5 tahun. dikelas juga tidak banyak belajar, malah mereka lebih dibiarkan berkreasi sendiri. di cuaca yg masih enak ini, mereka juga kebanyakkan main diluar. intinya, supaya anak2 balita bisa belajar menikmati enaknya sekolah.
nanti kalau sudah SD, baru mereka mulai dengan pelajaran2 yang serius. malah untuk anak kelas 4 dan 5, ditawari menjadi volunteer, bekerja untuk sekolah. harus mengorbankan waktu istirahatnya untuk ‘kerja’. aiz memilih bekerja untuk newsletter, dimana setiap harinya harus mereport kegiatan2 sekolah dan menumpahkannya kedalam tulisan. semacam membuat ‘koran sekolah’ atau majalah dinding. tadinya dia tertarik dengan mengasuh anak2 kindergarten ketika recess, semacam babysitter. tapi gurunya menyarankan agar dia membantu di news atau morning announcement (yg suka membacakan berita pagi dan menyanyikan lagu kebangsaan ‘O Canada ke seluruh penjuru sekolah).

kalau metode pelajaran anak TK di indonesia saat ini bagaimana sih? apakah masih sama dengan kita jaman kecil dulu? atau sudah didorong untuk belajar spt aiz dulu di USA? cuma curious aja, karena saya sedikit upset dg keadaan dimana adel harus sedikit lebih mundur karena sistim sekolahnya yg berbeda. mudah2an, dengan cara yg ini anak2 nggak malah jadi jenuh kebosanan. atau malah sebaliknya? yang jelas sih saya sbg ibunya sangat jenuh. mengantar dia jalan kaki jam 12.30 siang, jam 3.30 harus sudah jemput lagi. untung di perjalanan banyak yg diliat, kalau winter nanti dimana semua jalan licin dan putih semua…gimane donk?

§ 11 Responses to kindergarten, here and there

  • Anneke says:

    Hi sili,

    Bagus banget ya kalau mereka ada system mentoring dari si senior ke junior. Disekolah anakku sepertinya tidak ada. Yang aku tau hanya ada program “post office” dimana si anak boleh ikut “kerja” mbantuin sekolah nge-sortir surat (sekalian belajar baca)..Tergantung statenya, ada state yang tidak mengharuskan masuk TK, jadi kadang ada anak kelas satu SD yang belum pernah menginjak sekolah sama sekali…menghambat anak kita yang pintar pintar …he…he…(gaya nih si mamah). Coba liat postingan ku terakhir (kebetulan seragam sama punya’mu). Mudah – mudahan membantu.

  • Arenita says:

    Hi Sill,
    Gue sih sekolahin anak gue di Montessory based school awalnya. Ketika Ake masih umur 2 tahunan sampai 3 tahunan, sekolah itu okey banget. Karena ngajarin practical life dan kelasnya dicampur sama anak2 yang besar.
    Karena ake sendirian di rumah, dia jadi dapet role model dari temen2nya yang lebih besar dibanding dia umurnya.
    Tapi ketika memasuki umur 4 tahun, sengaja gue pindahin ke Kinderland. Bukan apa2, ake itu anaknya emang cuek dan butuh role model. Dia mau usaha kalo ada saingannya, bukan self starter gitu. Walaupun bayarnya rada mahal so far gue sih seneng ake sekolah di Kinderland. Sekolahnya 4 jam dalam sehari, dan sebagian besar bermain , art&craft dan main musik. Udah diajarin sih mengenal huruf, nulis (skrg ake udah bagus pegang pinsilnya) dan angka.
    Menurut gue nyekolahin anak itu tergantung karakter anaknya juga. Kalo dia tipe extrovert dan pemberani serta self starter, sekolah di TK standard juga udah ok. Utk anak gue … rada beda🙂

  • susie says:

    Duh memang beda2 banget ya Sil sistem sekolah di mana2 , tapi aku malah setuju dengan sistem yg di kanada , anak sampai 5 tahun cukup dengan 3 jam aja belajarnya , dr pd yg di dallas , masak anak TK di kasih pe er sih ?? tapi tentu saja tiap ortu beda2 ya🙂

    di belanda , anak mulai umur 4 tahun dah sekolah mulai setengah sembilan ampe jam 3 kurang seperempat , tapi wajib belajarnya sih pas anak2 usia 5 tahun …

  • sili says:

    nahlo…di belanda lebih gile lagi tuh…dari 4 tahun udah sekolah seharian….
    iya sus, sekolah 3 jam itu buat anaknya bagus sih. kayaknya jadi nggak stress. tp yg aku sayangkan, dari yang agak serius jadi yg cuma main2 itu lho. bagus main2nya diajarkan menjadi role model nya anak2 junior..jd sering juga tuh aku liat si adel lagi sibuk bukain sepatu dan makein pakai sepatu indoor nya anak junior…(disini anak2 hrs punya indoor shoes, khusus di dlm kelas dan di gym). begitu pula pulang sekolah, pasti dia paling belakangan…krn tipe anaknya ga bisa menolak teman..dia sibuk mbenahin jaket dan gantiin sepatu juniornya. padahal ngurusin dirinya sendiri msh blm becus. suka kasihan…tp syukurlah dia jd belajar peduli org lain ya?

    aren : bener bgt kita hrs melihat si anak itu sendiri ya? kl kayak kasus ais anak sulung gw, gw ga peduli. krn gw tau dia bisa inisiatif. walaupun dlm hati kepingin jg sih someday gw masukkin boarding school…kl dah gede-an. so far gw fine2 aja sama sekolahan yg dia attend. krn gw yakin dimanapun dia bisa adaptasi. kl anak gw adel lain…dia ini ga bs inisiatif. hrs ada role model sm spt akhe.

    anneke : baru tau aku kl ada state yg gak mengharuskan masuk kindergt. kayaknya kl kindergarten wajib sekolah bukan? di texas, kl anak ga masuk 1 hari aja ditelepon, walupun cuma grade K. cuma memastikan kl anaknya bener2 sakit. kl bolos krn ijin, hrs ada permission dr principal dulu.

  • Yanti Wyant says:

    HI..Sili, Dicanada hampir sama kayak disini (east), anak Tk masih ada yg half day , bisa ambil kelas AM atau PM. biasanya yg ambil full day (8-3) yg ortunya kerja. Gitu juga Elementary, anak2 dikasih kerja dari pasang bendera, jaga bus, office worker, baby sitting dll…sampe bersihin recicle bin tiap kelas, tahun kemaren Michael jadi Office worker…dan Peter jadi mail deliver antar kelas…lumayan ngajarin anak2 kerja ( juga menghormati para pekerja beneran, karena mereka tau…susah and cape and disiplin waktu) dan akhir taun dapet penghargaan…mereka seneng🙂 , anyway…santai aja atuh Sili….gurunya juga pasti tau kalau Adel more advance than other student :)…Nah…cepet beli UGG Boots….buat winter biar ngak beku kalau ngaterin Anak2🙂

  • sili says:

    teh yanti..
    jadi lega…
    aku br ngeh kl michael & peter udah kenyang yg namanya pengalaman gonta ganti sekolahan ya? beda2 state pula!😀
    ada masukkan baru buat aku nih. aku jg seneng si ais bs ngerasain kerja. skr aja suka diupah kl bantuin jaga adek2nya. sedollar sejam. hehehe..

  • momykeiza says:

    yipppe..bisa komen..akhirnya..:))

  • Mela says:

    Hai…salam kenal, sering mampir tapi baru berani komen. Kalau di Jakarta sekarang yang aku liat sekolah TK juga makin bersaing. Rata2 sudah belajar serius, jadi masuk SD sudah harus bisa baca tulis. PR juga tiap hari ada.
    Anakku aja dulu di playgroup udah bisa baca (terbatas huruf cetak). Tapi karna TKnya pindah jadi sempet lupa. Di TK-B biasanya baru belajar baca tulis, walau huruf besar, tapi ada juga yang di TK-B harus sudah bisa tulis sambung seperti sekolah anakku. Bahkan belajar melihat jam juga di TK sudah diajarin. Beda banget dengan jaman dulu yang sekolah itu lebih banyak mainnnya. Jadi kadang2 kasian melihat anak2 sekarang yang pelajarannya makin susah. Sekarang anakku sudah kelas 2 SD, lihat pelajaran matematikanya lumayan susah, seperti soal2 di psiko test (waktu kita mau test masuk kerja). Mengenai belajar kerja salut deh, kayaknya disini harus diterapin tuh

  • sili says:

    halo mela…makasih akhirnya komentar juga….
    iya aku denger dari temen sekolah yg anaknya udah pada SD, ternyata pelajaran SD indo skr susah bgt ya?
    udah gt, mrk saling berlomba2 dan bersaing dlm pelajaran. ortunya jg sibuk wasaibuk cariin anaknya sekolah yg bagus, hunting sana sini..keluar duit berjut2 buat uang panjer. mungkin memang jamannya sudah harus begitu…maklum lah kita skr sudah maju. tp sangat disayangkan ya…kualitas SDM yg sudah bagus tp kurang didukung oleh dana pemerintah…sehingga yg kurang berduit ga bs sekolah disekolah bermutu. walhasil, tetep aja banyak anak2 mandeg sekolah..aku sempet liat kisahnya di youtube..anak umur 12 thn narik becak krn ga ada biaya. hiks…
    mudah2an anak2 yg beruntung spt anak2 kalian, bs membangun bangsa kita nanti ya..amin2…

  • debbie says:

    lah….preeschoolnya dennis cuman 2 jam 3 x seminggu. Lebih byk ngasah motorik, yang kalo utk dennis ngasah motorik halus nya. Gak tau ya mungkin krn anak laki grasa grusu banget, gak bisa pelan dikit
    pelajarannya telling story, bikin prakarya, maen, makan minum plus budi pekerti spt blng “thank you” or “please” or blajar antri. trus blajar pegang pensil – mewarnai
    sisanya nyanyi n berdoa – krn based agama
    teuing ya entar kalo dah tk😦

  • sili says:

    debbie…
    kl seumuran dennis sih emang iya. dulu aiz wkt msh preschool, cuma 3x seminggu. tp dulu krn msk private school..yg tiap hari mahal..hehe…
    anyway, kl udah TK besar spt adel, gw maunya sih fullday, krn anaknya memang butuh berteman. dia agak2 cueks.

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading kindergarten, here and there at My Life Abroad.

meta

