Toronto Island

September 24, 2007 § 5 Comments

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

seperti yang pernah saya posting sebelumnya disini, toronto itu nggak akan habis kalau hanya punya waktu sehari-dua hari. karena kami tinggal cuma di kota tetangga, maka acara jalan2 ke toronto bisa dicicil.

weekend kemarin, kami mendadak kepikiran mau mengajak anak2 ke pulau toronto. dimana {kata orang2} bisa membuat seluruh anggota keluarga sama2 senang. anak2 having fun, bapak-ibunya juga senang. sebenernya dah lama punya planning kesini, tapi setiap melewati pier/dock ferry buat menyeberang ke pulau, selalu nggak dapet parkir dan ada aja kendalanya. akhirnya, kami putuskan untuk naik kereta api “GO” ke downtown. GO adalah salah satu sistim transportasi publik yang terdiri dari bis maupun kereta api. kereta apinya mirip dengan kereta jabotabek, dimana kalau hari kerja selalu penuh sesak dengan orang2 komuter. karena harga karcisnya juga nggak murah2 amat, walhasil banyak juga orang yang malas untuk spend 189 dollar sebulannya untuk dapat karcis bulanan. malah akhirnya orang lebih memilih sistim “carpool”, dimana mobil2 mereka diparkir di suatu tempat {biasanya di suburb2}, dan rame2 nebeng 1 mobil ke downtown, paling2 saweran bensin. tapi tetep aja sih, “GO” selalu penuh sesak dengan manusia.
kami naik kereta dari port credit, mississauga – kira2 5 menit dari rumah. parkir mobil di tempat parkir yang tersedia dan beli karcis di mesin. kebetulan hari itu hari minggu, jadi stasiun tampak sepi penumpang. dari tempat parkir ke platform melewati lorong bawah tanah yang kemudian naik dengan menggunakan eskalator sampai platform 3 {arah eastbound – union station toronto}.
baru melihat rel keretanya, si aidan udah jingkrak2 kegirangan. kasihan yah? belum lagi begitu melihat kereta datang dari arah yg berlawanan, benar2 terkesima. 20 menit-an kami nunggu sampai kereta datang dari arah oakville {barat}. keretanya, ada 3 split level. interiornya lumayan keren dan bersih. waktu tempuh yang hanya 20 menit rasanya nggak cukup untuk berleyeh2 dan menikmati pemandangan luar. aidan yang gila kereta api, benar2 gak berkedip dan takjub sambil melihat keluar jendela. melihat wajahnya, seperti membayangkan kalau dia sedang ada di alam mimpi……bersama koleksi kereta2 nya di rumah.

di union station, suasananya mirip subway di newyork. ribet kalau kita nggak tau arah. tapi sebenarnya semua informasi ada, hanya butuh waktu untuk mempelajarinya.
kami langsung menuju ke arah “exit to bay st”. naik ke permukaan jalan dan harus berjalan kearah pier kira2 2 blok. udara hari itu enak sekali, ada matahari tapi sejuk2 semilir gitu. enak jadi nggak haus. tapi namanya jalan ditengah2 gedung tinggi yang menutupi sinar matahari, lumayan jadi dingin juga, ditambah angin sepoy2 yang kadang2 nggak sepoy2 {kenceng bho}. untung bawa jaket. begitu sampai di pier, kelihatan dari sebrang jalan ribuan orang yang antri nyebrang pulau. yah..namanya juga minggu. mana2 pasti rame kayak pasar.

sebenarnya, di pulau toronto ada 3 bagian yang masing2 punya karakteristik sendiri2 : hanland’s point, centre island & wards island.
handland’s point ini dulunya isinya cottage dan resort hotel. terdapat juga lapangan baseball (stadium) dan beberapa amusement park. tapi sekarang sudah di relokasi ke kota dan yang ada tinggal tempat piknik/rekreasi keluarga dan lapangan olahraga umum spt volley, basket, kolam renang dll.
centre island : terdapat spot paling indah berlatar belakang downtown toronto secara keseluruhan. terletak diantara wards island dan harland’s point. didalamnya terdapat toronto island park, tempat yang paling sering dikunjungi turis, dimana isinya terdapat amusement park (centerville) dan miniature farm. banyak juga orang2 datang dengan membawa perlengkapan hobi mereka seperti sepeda, rollerblade/rollerskate, scooter, bahkan ada juga yang bawa jetski. orang2 yang datang dengan membawa rombongan keluarga atau grup tertentu, biasanya mereka membawa grill dan container2 besar yg mungkin isinya steak atau makanan bbq lain. disana juga tersedia penyewaan sepeda atau {mungkin} boat & jetski.
wards island : bagian dari pulau di sisi sebelah timur. biasanya orang2 kesana kalau mau memancing ikan dan bersepeda (trail).

kami cuma pergi ke centre island. karena bener2 cuma kepingin menghibur anak2. yang kepikiran oleh kami karena disana pantainya paling ramai dan ada farm-nya. biar kata kalo di kampung eyang saya di jatim sana banyak mbek bertebaran di kebon belakang, kalau disini kan rasanya beda…..mbeknya paling enggak blondi, mengembiknya bhs inggris pula..hehe…
yaaa…gimana yaaaa…..mau ke jatim jauh siiiiih.
kami ngantri ferry sampai 1 jam, karena hari minggu memang harinya keluarga. ferry yang cuma 3 (masing2 bagian pulau punya sendiri2), berangkat setiap 30 menit. tapi antre karcis nya ya bikin bete. loketnya cuma 2, sementara orang2 yang antri ada ribuan. padahal nyebrangnya cuma 10 menit. tapi kami sih enjoy2 aja. sesuatu yang belum pernah kami rasakan sebelumnya…..apalagi anak2.

siapa yang berkesempatan untuk jalan2 ke toronto, kudu wajib ke pulau ini {selain ke niagara falls – of course!}. karena satu2 nya spot berfoto dengan background panoramic downtown toronto paling bagus ya dari centre island ini……..

mau lihat bangunan2 arsitektur toronto? silakan lihat disini.

Advertisements

§ 5 Responses to Toronto Island

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Toronto Island at My Life Abroad.

meta

%d bloggers like this: