kesibukan baru

September 12, 2007 § 3 Comments

sudah seminggu lebih anak2 masuk ke sekolah baru. saya tadinya waswas karena aiz bakal kesulitan menghadapi pelajaran yang separuh berbahasa perancis. ternyata di sekolah tersebut ada beberapa kelas khusus anak2 yang bahasa utamanya inggris. sementara bahasa perancis hanya sebagai bahasa kedua. setiap hari mereka mendapatkan bahasa perancis selama 1.5 jam. lumayan lah daripada nggak sama sekali. mengingat bahasa perancis merupakan salah satu dari official language di Canada.

kegiatan saya sehari2 sangat padat. pagi2 saya mengantar aiz ke sekolah. kadang2 kalau si babeh agak siang, bisa mengantar sekalian pergi kerja. sekolah disini masuk jam 9.10. rasanya aneh banged. sementara saya ingat dulu jaman SD harus berangkat jam 5.30 pagi hanya untuk supaya menghindari macet. padahal mata masih kriyep2 walopun sudah menggerujug badan dari kepala sampe kaki. naik jemputan sekolah pulak. harus jemput sana sini dulu. karena jarak sekolah sama rumah mayan jauh.
jam 1 siang adel harus sekolah. kelas pagi sudah penuh, jadi terpaksa ikut kelas siang (pm). saya antar lagi jalan kaki. jarak rumah ke sekolah lumayan jauh kalo ukuran jalan kaki. mungkin pulang pergi 1 km jaraknya.
jam 4 saya jemput mereka berdua. jalan kaki lagi. 1 km lagi. kalo dihitung2 saya tiap hari jalan 3 km. sukur2 kalau si babeh agak siang aiz bisa diantar pagi, kurang 1 km lah. πŸ˜€

biasanya saya kalo pulang udah ngos2an. karena jalan kakinya melewati sungai dan jalannya hilly (naik turun). kalau lewat sungai, di jembatan aidan boy suka ngasih makan bebek2 disana. sisa2 pinggiran roti yang kalau sarapan pada dikulitin suka saya simpan di plastik. nggak mubazir kan, bebek2 pada seneng dapet roti sisa. ditengah2 situ ada playground besar, kalau hari tidak terlalu panas, kita suka nongkrong disitu. belakangnya banyak hijau2 yang rindang….enak banged kalau untuk leyeh2 meluruskan kaki dan membuang stress.

saya kasihan melihat si boy kalau kakak2nya sekolah. kesepian. jadi saya daftarkan dia jadi member YMCA. ada gym, crafts dan swimming untuk toddler. tapi yang ada saya gempor duluan. padahal baru beberapa hari ikut programnya. kata si babeh udah aja sayang2in badan, mending dirumah aja ajak main ke playground. toh kelas2 toddler cuma gitu2 aja…main2 doang.
bener juga sih. YMCA disini jauh. harus naik mobil atau bis 2x.

akhirnya, pas ultah kemarin, saya dapet 2 kado istimewa. kalo dipikir2 nggak ada istimewanya sih, karena bener2 aneh dan nggak pada tempatnya. si babeh beliin aku stroller jogger kayak gini, yang bener2 beroda gedhe. enteng setengah mati karena terbuat dari aluminium. ban nya isi angin, bener2 spt ban sepeda. itu yang membuatnya jadi enteng banged.
begitu saya coba bawa jogging, eh….enak banged. si boy didalam juga gak berasa ajrut2an. suspensi nya ciamik banged. makanya saya baru tau kenapa dibilang jogger, karena memang dibuat untuk orang jogging yang nggak bisa ninggalin anak dirumah.
yang kedua, dapet HP motokrzr k1 (red) by motorola. ini sih bukan karena saya butuh. tapi atas dasar keperluan yang beliin. karena selama ini kalau ditelepon kerumah nggak pernah eksis. seringan keluarnya. kalau pas dirumah bukan jam istirahat beliau jadi nggak bisa telepon. curang. sementara saya belum punya teman yang bisa diajak telpun2an. jadi HP benar2 buat ngobrol sama kakanda seorang. gratis…karena family plan dan cuma nambah $10 perbulannya. handsetnya sendiri harganya zeroalias gratis, karena ikut service family plan 3 tahun. padahal kalau dijual tanpa service plan $300an. asik juga. kasih kado tapi gratisan. bener2 curang. kirain mau ngasih berlian atau mentahannya kek, buat beli tas & sepatu :D. anyway, saya terharu loh…dihari ultah, saya bangun kesiangan. benar2 capek sehari sebelumnya kelayapan ke pantai di kota orillia. tau sendiri diantara kita berlima, akulah yg seksi repot. ngurus 4 bebih. begitu bangun, langsung mendapat kecupan dari masing2 personil. begitu saya ke dapur, ternyata kang mas sudah bikin breakfast buat semuanya plus saya tercengang juga, diatas meja makan sudah ada black forest. so sweet…hari itu, saya sok manja. nggak mau masak walaupun hari minggu. beli aja di resto. males juga keluar rumah, karena badan masih pegel2. anak2 hari itu juga sangat manis. kami tiup lilin dan potong kuwe. lilinnya pakai lilin rumah, berhubung yang beli kelupaan. yang penting niat yang tulus…..terharu juga…hiks.

tadi pagi, hari mendung dan keliatannya bakal hujan deras (walaupun kenyataannya enggak).
tapi saya semangat mendorong si aidan boy pakai jogger baru. naik turun bukit sambil lari. sok kuat banged, gara2 liat majalah lawas yang ada di kamar mandi. tentang ricky lake yang turun BB dari 250 pon jadi 125 pon tanpa operasi, dengan cara jalan dan jogging naik turun bukit sejauh 4 miles sehari. itu sih menyiksa diri ya? hehe…gak sampe segitu napsunya sih, tapi boleh dicoba kalau tiap hari anter jemput anak pake kaki. walopun sampe dirumah ngos2an trus kayak orang kalap makannya. itu sih sama aja bo-ong ya……..:D.

disekolah, aiz dan adel sudah mendapat sahabat baru. dari hari pertama sekolah, mereka sudah dekat seperti teman lama yang sudah pisah bertahun2 trus ketemu lagi. heran juga…..
teman aiz namanya brianna, seorang gadis kecil, asli canada tapi keturunan afrika. anaknya manis, sopan dan ramah sama orang. dari awal datang ke canada, saya benar2 takjub dengan cara orang sini bertutur kata. mereka rata2 ramah dan sopan. beda dengan di US yang jarang saya temui org seperti ini kecuali bule pada kalangan tertentu. ibu briana adalah seorang single mother yang tidak pernah menikah. wanita pekerja keras. masih muda. keliatannya dulu ‘MBA’ selagi dia masih sekolah. tapi beberapa kali saya ngobrol dengannya, orangnya sopan sekali. pantas saja anaknya juga sopan. ternyata, pengaruh ibu itu besar sekali ya. padahal dia tidak pernah punya bapak. berarti ibunya disela2 kesibukkan bekerja masih mengutamakan anak. saya suka kasihan, karena tiap hari dia harus jalan kaki sendiri kerumah sitter nya. tapi beberapa hari terakhir, ibunya memilih bekerja freelance dan berhenti dari perusahaan tempat bekerja dulu. dia seorang make up artist. hanya bekerja kalau ada order. demi anak satu2nya. supaya bisa lebih memperhatikan kegiatan anaknya…katanya.

teman adel, namanya selma. orang tua selma asal bosnia. muslim juga. tapi ibunya bilang kalau dia nggak pernah kuat puasa. well, kalau dipikir2 memang puasa disini berat. waktunya panjang. tapi kan ini ibadah, bu. mana bisa ditawar2 minta hari supaya pendek. siapa juga yang nggak lapar dan haus. semua orang pasti merasakannya. ternyata, badan suburnya bukan karena umur dan punya 2 anak, tapi karena gak bisa berhenti makan.
selma anaknya imut. masih malu2. masih manja. di sekolah ini, murid kindergarten harus punya 2 pasang sepatu ; oudoor dan indoor. sepatu indoor ditaruh di locker kelas. kalau masuk kelas, masing2 anak harus ganti sepatu indoor. supaya lantai nggak kotor. si selma ini nggak pernah bisa pakai sepatu sendiri. rupanya begitu saya intip, adel sedang sibuk memakaikan selma sepatu. sampe bengong si momi…wong dirumah adel itu benar2 princess, mana mau ngeladenin kakak/adiknya. kok disekolah bisa mengayomi teman sendiri. bagus lah buat adel. saya sendiri terheran2 kok dia bisa juga begitu.
so far, adel suka dengan sekolah barunya. dia yang sudah bisa baca harus mengikuti teman2 sekelasnya yang rata2 masih belum bisa. sistim TK besar di canada beda dengan di US. di canada, TK masih santai seperti di indonesia. sekolahnya pun hanya 3 jam. kalau di US, TK besar sudah serius. belajar. walaupun tidak harus bisa baca, tapi tiap hari stimulasi belajar. sekolahnya dari pagi sampai sore (7 jam). kayaknya terlalu berlebihan sih. anak temenku sampai mogok sekolah dan ngeluh capek. dia harus naik school bus pagi sore. mungkin kepanasan atau terlalu jauh. namanya anak 5 tahun, masih tergolong balita kalo di indonesia, bukan?

begitulah, si momi yang bawel ini punya kesibukkan baru. walaupun tidak bisa menyalurkan bawelnya ke orang lain (maklum blm punya teman..hiks), tapi bisa ke ‘rumah rumpi’ nya sendiri.

capek ah….besok sahur. untung udah masak tadi. sekali gabrug buat disimpan di freezer juga πŸ˜€ *curang*

Advertisements

§ 3 Responses to kesibukan baru

  • mutia says:

    pantes mbak sili lama gak main ke blog aku,ternyata mbak marah yah aku lom ngucapin met ultah:( xxixi..iya kan..ayo ngaku..:P happy belated b-day mbak ku yang cantik..ibu beranak tiga tapi masih singset aja..bikin gw iri..niwey..boljug tuh hapenya..minta nomer hp mbak yah, imel ke aku mhandayani@hppm.co.id oceh..met puasa mbak, salam buat aiz,adel,aidan boy..:)

  • ira says:

    Met belated birthday ya Sil… moga-moga panjang umur….
    eh soal Ricky Lake…aku nggak percaya seh cuman dari jogging doang…. hehehe kaya Star Jones akhirnya ngaku juga khan kalo pake operasi πŸ˜€

  • Dhona says:

    Aduh jalan kaki terus ya? Bisa cepat langsing dong kalo gitu.

    Ternyata maminya Mbak Aiz lagi ultah ya? Selamat ulang tahun, semoga panjang umur, murah rezeki, diberi semua yang indah-indah deh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading kesibukan baru at My Life Abroad.

meta

%d bloggers like this: