horeeee..

June 12, 2007 § 5 Comments

semalam, kami berdua dikagetkan oleh adel. iseng2 bapaknya corat coret papan tulis kecil punya si adel yang selalu dibawanya kemana2 buat gambar, dan menuliskan kata2 yang aneh2. cuma out of the blue, ngga tau mau ngapain selain nggangguin anak2nya. tau2 tulisan2 yang dibuat dibaca beneran sama adel. HAH? penasaran lagi, si bapake nulis lagi….eh, dibaca lagi dengan benar (walau masih ngeja2).

bapake heboh.

“mamiiiiiii…mamiiiii……” kayak orang kebakaran jenggot. jelaslah saya yg masih diatas tergopoh2 lari turun kebawah. kirain ada kebakaran jenggot beneran, tau2 dia cuma histeris, “ADEL BISA BACA….!”. lha…..

hubbyku ini baru 2 hari belakangan sering dirumah. berhubung dapat ijin bisa bekerja part-time sampai kepindahan kami tanggal 5 juli nanti. supaya bisa lebih fokus ke persiapan…thanks to his boss. berkat si boss inilah gaji juga masih full, walaupun kerjanya dipotong setengah. aaaaah..senangnya si bapak. makan gaji buta ceritanya. bisa leyeh2 memperhatikan polah tingkah anak2 dirumah. jadi benar2 dia selama ini luput dari keseharian aktivitas anak2nya, sibuk kerja dari pagi sampe sore kadang malam bahkan seringkali lembur. terkaget2 pas mengetahui anaknya yang baru aja lulus preschool bisa baca! weleh. masih kalah sama anak2 jakarta beh….di jkt sih 4 tahun dah baca koran. 5 tahun baca koran terbalik. 6 tahun baca novel. 7 tahun baca koleksi playboy bapaknya…hehe…kidding.

selama ini si adel yang anaknya super cuek, mana pernah mau serius kalau diajar baca. sayanya udah serius, masih aja sempet2nya dia mengalihkan matanya ke TV. nyebelin kadang2. tapi katanya kan ngga boleh dipaksa, walaupun si emak nih sudah ngga sabaran kepingin anaknya bisa baca. kalau dipaksa bisa seperti pressure juga bagi anak. akhirnya malah ngga kepingin bisa baca. makanya guru2 disini benar2 tidak terfokus kepada anak harus bisa ini harus bisa itu. apalagi masih TK. dari kecil, anak2 juga sudah dilatih bersuara. tidak hanya mengerjakan pekerjaan dari guru semata. tapi guru yg harus meng-adjust kemampuan anak didiknya, dengan panduan kurikulum tentunya.

ternyata, cuek2 begitu, ternyata dia memperhatikan juga slahnya. belajar baca bahasa inggris memang jauh berbeda. tidak seperti di kita yang be-a BA be-i BI….saaapiiiiii….hehe.
disini, anaknya harus menguasai bagaimana sound masing2 huruf, seperti A bacanya ah ah…B itu beh..beh…G itu geh…geh…W itu weh…weh….kalau disatukan huruf2 tersebut, tinggal disambung aja sound huruf2 yang ada. misal “AND” = ah neh deh….ahnehdeh….ANDeh….
kalo dia blm hafal ini, walhasil bakal susah baca. saya yang dididik ala indonesia, harus ikutan belajar baca lagi. maksudnya biar bisa ngajarin anaknya.

aaargh…enakkan juga belajar baca di indo, ini ibu budi…ini bapak budi….ini kakek budi…lebih gampang ngira2nya.

§ 5 Responses to horeeee..

  • de says:

    sil…
    belajar baca di indo udah gak pake ini budi, wati, ibu budi dan bapaknya lagi.

    Tapi de pake sistem nulis huruf abjad + huruf vokal di kertas bekas kalender. 15 menit per hari selama 3 bulan. Alhamdulillah Rafa udah lancar baca skrg

  • Dhona says:

    Emang lebih rumit kalo ngajar baca dalam bahasa Inggris ya Mbak. Abis tulisan ama bacaan beda. Ternyata Adel hebat walaupun diajak baca ama emaknya sambil ngeliatin TV tapi bisa baca tuh. Hebat..

  • Susan says:

    iya Sil,kata temenku yg di Amrik juga, emg lebih susah ngajarin anak baca pake inggris ya.. trus kelas 1 juga dinilai bisa baca pa nggak nya. Kalo di indo penilaian udah macem2 tambah bikin pusing hehehe

  • sili says:

    de & dhona : iya lah..itu si budi udah pensiun gak dipake lagi…hihi….
    maksudnya biar bagaimana, bahasa indonesia tuh konsekwen, apa yang kita lihat itu semua bacanya sama. misal U, ya pasti dibaca u terus, ngga seperti disini yang kadang U dibaca A atau yu. nah dalam hal ini anaknya juga harus bisa ngira2, biasanya terbiasa sendiri nantinya, kalau dibaca A atau YU itu kalo akhir/awalnya beda. auk ah…aku sendiri jg ngga peka urusan begini. maklum bukan mother tounge jadi mau ngotot belajar kayak apa jg kalah lah.
    Susan : syarat kelas satu memang hrs bisa baca. tapi karena pas dikelas kindernya kontinu dilatih baca. dengan cara dibawa ke library setiap senin-rabu, trus diasah mengingat kata2 dgn cara dikasih PR nulis beberapa kata tiap hari selama seminggu. mg depannya ganti lagi…jadi entah gimana kok jadinya baca hurufnya bener gitu lho…yg mana A itu hrs dibaca E atau A. yang mana I ini harus dibaca I atau AI. pusying dah!

  • ira says:

    hehe baru tau kalo budi wati dan iwan dah nggak kepake di indo…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading horeeee.. at My Life Abroad.

meta

%d bloggers like this: