negara sok tau

August 21, 2006 § Leave a comment

kalo ngga inget kita cari makan dan sekolah disini, mungkin saya dan keluarga dah kabur entah kemana. amerika nih memang dibenci seluruh dunia. semenjak dinasti bush memegang peranan di pemerintahan, rakyat banyak yang mencemooh. entah kenapa sepertinya darah panas texan nya bisa dominan. bapak dan anak sama2 doyan perang. doyan campur tangan urusan rumahtangga orang.

beberapa hari yang lalu saya membaca berita dari surat kabar inggris, dan ini cukup membuat saya geleng2 kepala. jadi gini. menurut ceritanya, waktu itu di dalam sebuah pesawat (milik british kalo ga salah), ada komplenan dari beberapa orang bule yang setelah diselidiki ternyata berkebangsaan AS. orang2 bule tersebut memaksa petugas maskapai (awak pesawat) untuk menurunkan 2 penumpang yg ada didalam pesawat. kenapa? hanya karena mereka mendengar 2 orang tersebut bercakap2 dalam bahasa arab dan berwajah timur tengah. dan mereka curiga kalau kedua orang tsb adalah teroris!!! sinting.

emang dipikir2 negara ini benar2 paranoid sekali, semenjak adanya peristiwa nine-eleven semuanya jadi berubah. suasana disini sewaktu pasca kejadian WTC benar2 seperti perang dunia. kita2 para muslim benar2 seperti diteror. setiap imigran laki2 dewasa dari negara asia wajib melaporkan diri. bahkan beberapa teman didatangi oleh FBI untuk diinterogasi. kebanyakkan ditanya masalah latar belakang keluarga dan agama. agama! teman2 yang (maaf) berstatus illegal benar2 ketar ketir seperti dikejar hantu. seorang teman yang waktu itu bekerja di denver, colorado, bercerita banyak tentang penangkapan tenaga2 gelap disana. sadisnya, mereka (FBI) beraksi pada saat jam sahur (waktu itu bulan ramadhan). gerombolan orang2 indonesia yang ketakutan berkumpul di salah satu kediaman teman wanita, supaya tidak didatangi FBI. tapi ada juga yang berhasil tertangkap, dan dibawa ke tahanan untuk dipulangkan ke indonesia. sadis banged!

belum lagi semua warga negaranya yg mau berpergian ke luar negri, dihimbau agar membatalkan perjalanan ke daerah asia (waktu itu ke indonesia juga termasuk lho!). demi keamanan dan kenyamanan katanya.

waktu itu, keadaan airport di seluruh amerika udah mirip situasi perang. petugas2 khusus yang dipekerjakan untuk membongkar kopor dikerahkan. datang harus 3 jam sebelum check in baru bisa bernafas lega. soalnya bayangkan kalau satu penumpang membawa 2 kopor, masing2 kopor benar2 diubek2 sampe celana dalam dan beha pun diperiksa! daripada ketinggalan pesawat mendingan datang lebih pagi. kopor2 pun tidak boleh dalam keadaan terkunci, kalau kelupaan, ya relakan saja gemboknya bakalan dirusak.

sekian tahun sudah peristiwa tersebut lewat, tapi sampai saat ini dampaknya masih terasa. amerika semakin defensif sama teroris. udah mengidap penyakit teroris syndrome. dikit2 dicurigai. paranoid yang berlebihan. ini dampaknya kalau kebanyakkan ikut campur urusan orang, sehingga dirinya pun merasa orang lain bakal mengusik balik. hal ini sangat terasa kalau kita berpergian naik pesawat, di airport tuh rasanya sudah seperti ditelanjangi. denger2, baru2 ini alat deteksi nya sudah yang tembus pandang, artinya bisa melihat badan kita sampe jeroan2nya….gilak. itu kan menyalahi aturan banged. namanya sudah pelecehan hak asasi manusia. makanya sebisa mungkin kalau masih bisa berpergian pakai jalan darat, saya lebih pilih itu. naik pesawat memang cepat dan ngga capek, tapi hari gini? bawa anak kecil2 pula….mendingan cari ketenangan deh.

suami saya minggu depan ada converence 4 hari di nashville tennessee. ga ada pilihan, namanya ditugaskan kantor mau ga mau harus naik pesawat. dia sudah rencana untuk tidak membawa apa2 di cabin, even camera atau laptop. dulu kita pernah ke boston bawa anak2, tetep aja camera diperiksa. dicoba2 apakah benar itu isinya camera! dijepret2 beberapa kali dan dilihat hasilnya. ck..ck..ck…
si hubby makanya ogah bawa2. males berurusan sama petugas. abis, sampai air minum aja ngga boleh dibawa masuk cabin. katanya teroris sekarang menggunakan air mineral untuk membawa bom. waaaaak…..jadi apa donk yang bebas bom? lama2 bom bisa ditanam didalam badan kali! mungkin saja…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading negara sok tau at My Life Abroad.

meta

%d bloggers like this: