ban mobil

August 12, 2006 § Leave a comment

namanya beli mobil bekas, pasti ada aja yang ketipu. bukan maksudnya nipu kali ya si dealer mobilnya, tapi emang pas waktunya apes aja. mobil ini baru 3 tahun umurnya waktu dibeli 3 bulan yang lalu, wajahnya masih macho, bodinya masih kinclong. interior juga masih cakep, kulit joknya mulus dan bersih spt baru. malah beberapa temen2 waktu itu nyangkain kita beli baru gres. sukurlah, agak2 terhibur juga sih waktu itu, berarti kita pintar dalam urusan memilih mobil bekas (keGRan banged jadinya apes). udah 3 kali juga dibawa keluar kota, dasar pasangan berpantat panas, maunya pergi melulu.
tapi, pas terakhir kita ke wichita kemarin, kok berasa roda gak stabil di kecepatan 70-80 mph (milePH). setiap jalan berapa ratus mile kayaknya ban agak2 gembos dan musti dipompa terus. khusus mobil truck buatan amerika biasanya ada indikator buat melihat berapa mile per gallon si mobil minum bensin (biasa, amerika biasa dimanja sama mesin), waktu itu angkanya turun terus, artinya, boros pisan. waaaaak! pantesan sekarang kok lebih sering beli bensin sih, mana bensin harganya ngga turun2 pulak! untung suami kerja cuma seiprit jaraknya. sekolah anak2 juga tinggal nyebrang jalan. kemana2 deket krn rumah lokasinya lumayan dekat mana2.
kata si hubby, mungkin perlu balancing kali. kan dari beli kita belum ngecek ban. biasanya kalo ban bener, bensin lebih irit. semoga. asal jangan komputer indikatornya yang rusak. bisa nangis bombay deh kite.

sepulang dari wichita, kita bawa ke bengkel. ternyata kita berdua ngga tau kalau itu ban depan dua2nya udah abis dibagian sisi dalamnya. tampak luar masih oke masih gede kembangnya, tapi sisi dalamnya udah botak boo, mana kawatnya keluar2 gitu. hiiii…ngeri amat liatnya. merinding kalo inget kemarinnya habis keluar kota dgn kondisi ban begitu. alhamdulillah ngga terjadi apa-apa dijalan. bisa bahaya kalo ban pecah di highway, duh…
atas anjuran si mamang bengkel, mendingan di spooring dulu aja, biar keadaan ban stabil. masalah ganti bisa lain kali (tau aja si mamang kalo kita duitnya pas-pasan…heuheuheu). rencananya abis gajian besok baru ganti ban sekaligus semua. lumayan booo, ban mobil SUV gedhe gitu sebijinya sekitar $150-200. aih..bangkrut deh bandar. ya nasib ya nasiiiib. emang udah wayahnya tu mobil perlu ban baru kali. abis dulu waktu beli mana kepikiran kalo bagian dalam ban udah habis, dari luarnya masih oke gitu. karena ngga spooring itulah jadi letaknya ngga lurus pada tempatnya, sehingga ban mobil ngga seimbang pemakaiannya dan berakibat botak disisi dalamnya aja. kata si mamang tadi, sebaiknya di spooring tiap 6 bulan sekali. ah…dasar si mamang mah, maunya biar tokonya laku kan????

jadilah besok kita ngebengkel rame2. berhubung hari sabtu adalah hari keluarga, jadi ke bengkel pun kita beboyongan juga se kampiun. kebetulan sebelah bengkel ada wal-mart. paling2 kita sekalian belanja mingguan buat ngisi dapur.
besok mudah2an ngga ada keluhan2 lain, jadi si jago merah udah gaya dengan roda-roda barunya.

PS : mobilku ganti ban, ndoro puterinya juga gak mau kalah, ganti wajah…lebih bersih dan simpel kan???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading ban mobil at My Life Abroad.

meta

%d bloggers like this: