vitamin minyak ikan

July 6, 2006 § Leave a comment

Sewaktu sakit 3 minggu yang lalu Adel & Aidan puasa makan selama seminggu lebih. Bener2 bikin aku senewen & capek ngejar2 suruh makan. Kata dokternya, dikasih pilihan macam2 makanan aja, biarkan mereka memilih jangan dipaksa, karena pemaksaan dampaknya tidak baik secara psikologis. Enak aja. Kalo biarkan mereka milih berarti membiarkan mereka puasa donk! Soale, gara2 sakit bener2 bikin napsu makan hilang blas. Boro2 makan, susu aja kadang2 ditolak mentah2! Mau jadi orang Rusia kali, puasa cuma minum air putih berminggu2. Katanya biar ginjal dan darahnya bersih. Udah bersih, back to normal, minum vodka lagi. Kekekek…maksudnya biar lebih “bersih” kali. Sekaligus antiseptik usus.

Beberapa hari aku pusying mikir kok anak susah makan, alhasil beli aja Pediasure. Pediasure jaman sekarang enak lo, udah ada rasa macem2 ngga cuma yg putih aja. Dulu sih kalau mereka sakit & BB turun, aku supply pake Pediasure. Entah apa khasiatnya tapi menurut dokter itu mengandung vitamin2 pengganti makan, beliau menyarankan kalau lagi susah makan, ngga usah pusing, kasih aja pediasure. Udah dibeliin pediasure rasa pisang, malah ga mau minum. Lha ini gimana sih? Udah dibeliin mahal2 kok. Jadi badanmu tuh isinya apa donk, nak? Adel masih mau makan sedikit karena diwanti2 kalo ngga makan nanti malah tambah sakit. Kalo Aidan, weleh2, susah bener. Belum bisa ngomong banged sih jadi kurang ngeh apa yang dimaksud. Bawaannya ngambeg aja kalo dipaksa.

Putar otak lagi, aku telepon si Yang Ti di Jakarta. Maksudnya curhat. Tapi yang ada malah aku kecipratan omelan sang nenek. Kok anak dibiarin ga makan, kalo sakit harus makan biar kuat. Hhhhh….
Makanya kalo anak sakit aku suka malas telepon Jakarta, kecuali kepepet. Soalnya bukannya dikasih wejangan malah kena omel. Bukan omelan sih, tapi secara halus menuduh kalau kita ngga bener ngerawat anak sehingga sakit2an. *sama aja boong*

Tau2, seperti membaca pikiranku, si Mama (Yang Ti) ternyata udah menitipkan sesuatu lewat ortunya teman yang sedang menengok anaknya disini (fyi, aku dan mama sering “konek” padahal kami berjauhan, unbelievable bgt. kadang2 saling mimpi satu sama lain. kalau aku atau mama sakit, kami kayak ada feeling yg ga enak gt). Sebuah vitamin penambah napsu makan berjudul “Curcuma Plus”. Hari itu juga, langsung aku ambil paket titipannya. Biarpun jauh perjalanan tapi namanya juga usaha. Malamnya, mereka aku berikan masing2 satu sendok teh (5ml). Minyak ikan dengan rasa jeruk manis itu sangat disukai oleh Adel. Sementara Aidan tetep aja antipati sama sesuatu yg asing…udah curigation duluan disangka obat. Eits..momi ngga kalah pinter, masukkin aja kedalam botol susunya. Malah enak rasa jeruk jadinya. Gothca!

Dua hari aku sibuk bergelut dengan “usaha” ngasih doping buat anak, hari ke 3 baru melihat hasilnya. Yang tadinya mereka balapan puasa seminggu tau2 selera makannya langsung dasyat. Porsi nya malah berlipat 2x dari normalnya mereka. Makan jadi teratur 3-4 kali sehari. Benar2 menakutkan. Kadang si Dadi takut nyuruh aku nyetop mereka makan, maksudnya jangan mentang2 mereka masih mau lantas ditambahi melulu. Takut lambungnya meledak nanti….hihihi…naif banged.
Memang aku tidak pernah (jarang banged) beli2 cemilan buat snack dirumah. Jadi anak bisa 3 kali makan besar. Kalau mau snack makan aja buah, keju atau cereal. Engga ada cookies apalagi gula2 atau coklat. Maksudnya bukan jahat (jahat juga sich), agar mereka terbiasa tidak ngemil aneh2 kalau lapar. Takutnya kebiasaan ngemil makanan yg berkalori tinggi terus terbawa sampai mereka besar, jadi repot sendiri. Jadi ya…aku & bapake yang mengalah. Membiasakan diri tidak nyandu cemilan dirumah. Makanya aku selalu sedia anggur atau pisang. Kalau ngemil, buah aja biar ngga jadi lemak. Malahan si Aiz sampe sekarang kebiasaan ngemil wortel mentah. Bener2 aneh. Padahal aku sendiri kurang doyan, aku maunya dimasak dulu. Tapi dia malah suka yg mentah….katanya juicy & manis. Hihihi…bagus lah.

Sekarang, setelah minggu ke 2 dikasih vitamin napsu makan, aku berasa kewalahan buat nggendong Aidan. Kadang2 kan dia masih minta gendong kalo kecapekan jalan. Kaki bogelnya mungkin tak kuasa menyamai kecepatan jalan kakak2nya kalo lagi jalan2. Kadang kami malas mau bawa2 stroller, toh dia kadang2 suka meronta2 minta jalan. Baru bbrp hari terakhir, kami berdua merasa pegal2 kalo habis menggendong Aidan. Kok rasanya mantap gitu lho, pulen kalo istilah beras. Ini pasti berkat Curcuma Plus kiriman Yang Ti deh. Menurut perasaan aku yang sering gempor gendong si gendut, kayaknya berat dia bertambah 2-3 kilo dalam waktu 2 minggu itu. Maklum ga punya timbangan. Terakhir ke dokter pas sakit beratnya 27 pound, mungkin sekitar 12 kilo. Bayangan aku sekarang 14 kilo. Gile bener. Gak cuma Momi nya yg nambah gara2 liburan kemarin, anak2nya pun ikutan melar udah kayak elastik ajah!
Pada Adel, perubahan terlihat jelas di pipi & pantat (hihi). Soale, yang tadinya kalo pake celana tepos banged, sekarang lebih berisi. Tapi walaupun pipi lebar (dimana itu sudah genetik dari keluarga si dadi), badannya tetap langsing. Calon kutilang darat tuh kali…hihihi.

Momi tak lagi repot main kejar2an kalau jam makan. Karena sebelum jam makan, mereka dah nagih sendiri….”Where’s my food?”.
Sudah 2 hari terakhir, aku absen kasih vitamin napsu makan tersebut ke mereka. Jangan keterusan lah. Nanti aja buat persediaan kalo suatu hari napsu makan hilang lagi. Berhubung kiriman hanya satu botol, jadi di eman2 boo…

Hayo, siapa yg anaknya susah makan? Coba aja kasih Curcuma Plus atau jenis emulsion yang lain (pasti banyak lah jenisnya). Jaman dulu, jaman kita2 masih kecil, minyak ikan dikemas tanpa rasa…amis bhok! Makannya aja ampe mau muntah. Kayaknya bau amisnya sampe ke ubun2. Duh, kalo inget jadi mual.
Buat anak2 ku sih, vitamin Indonesia lebih ampuh daripada yg dijual disini. So far disini aku ngga pernah nemu vitamin anak2 yang bisa bikin napsu makan. Makanya, bagi yang tinggal jauh dari Indo, rajin2 nitip vitamin emulsion dari Indo. Apalagi yang anaknya susah makan.

*Momi yg lagi happy*

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading vitamin minyak ikan at My Life Abroad.

meta

