Liputan Ultah

May 22, 2006 § 1 Comment

Sowi stobewi….aku baru hari ini bisa apdet blog…

Alhamdulillah ulang tahun berjalan sesuai rencana, semua tamu undangan datang walaupu bbrp dari mereka tetap cinta budaya indonesia yang terkenal seantero dunia ; ngaret! Di undangan jam 5, bisa2nya jam 8 baru nongol gitu loh….tapi it’s ok lah, yang penting berkah namanya kalau didatangi tamu.
Makanan, cukup banget bahkan berlebihan. Momi nih terlalu khawatir sehingga rasanya masakan yang ada kurang ajah. Ngebayanginnya tamu2 bakalan kehabisan makanan…ternyata malah mereka semua kebagian bawa bekal pulang. Syukurlah!

Hal yang bener2 tolol & menyebalkan buat diingat2 adalah : lupa motret hasil masakan dan kue ulang tahun!!!!!! Huh…si Momi nih gimana sih, gimana mo jadi fotografer profesional kalo begini…bisa2 bayarannya dipotong sama yg punya hajat nanti! hehehe….Kalau mengharapkan si Dadi buat moto beginian, udah jelas ga mungkin, krn dia sendiri sibuk urusan pegang camcorder & “menginterview” tamu2. Kamera D100 yang segede2 bagong beratnya juga minta maap, terpaksa ditinggalkan. Nyesel aku knp ngga pake kamera poket aja biar ringkes. Sutralah…jangan diingat2, kalo inget itu pengen marah…..(hiks).

Tema ultahnya Spongebob Squarepants. Semua hiasan dan pernak pernik nya pakai Spongebob. 3 meja panjang dijejer berbentuk “L” dan dihias taplak plastik bergambar Spongebob & Patrick. Poster gede buatan Mbak Aiz juga bergambar Bikini Bottom’s nya Spongebob. Balon2 juga bergambar Spongebob. Hiasan2 langit2 juga berbentuk Spongebob. Kue ultah juga terbuat dari Ice Cream yg dihias dengan Spongebob & Patrick.
Wah, bisa dibayangin senangnya Adel & Idan hari itu. Ketemu sama tokoh2 kartun mereka dirumah. Tadinya, aku dah beli PINATA berbentuk Spongebob, tapi sampai rumah si Adel ketakutan dan minta2 supaya dibalikkin ke tokonya lagi. Wah, begini aja takut, apalagi kalau digebug2 nantinya….

Hari itu, Momi sibuk sekali. Sampai2 lupa kalau anak2 belum dikasih makan. Untung ada mbak Tati, yang diperbantukan dari Wichita. Dia dah lama ikut & tinggal sama keluarga temen lama ku disana. Udah mahir dalam urusan ngurus anak & dapur. Wah, sigap sekali dia. Bisa dibayangkan kalau mbak Tati ngga dateng kesini, aku sampai hari ini mungkin belum bisa bangun dari tempat tidur…hahaha….

Menu hari itu adalah :

  • siomay & kawan2nya
  • ribs daging sapi
  • mie goreng baso
  • capcay kuah
  • sambal goreng ati
  • nasi uduk betawi
  • ayam cabe ijo
  • baso urat & tetelan (plus mie kritingnya)
  • pizza dari Pizza Hut buat anak2nya
  • es teller
  • ice cream cake

Yang datang ke pesta cukup banyak dan membuat suasana rumah menjadi panas dan riweuh, tapi..fun banget. AC yang udah bekerja keras diatur dengan suhu yg serendah2nya, masih aja ngga sanggup mengatasi panasnya hawa summer yang lebih dari 100 derajat Fahrenheit diluar. Mana kan kompor terpaksa harus nyala terus untuk baso yang emang enaknya disuguhi hangat2. Ngga bisa menggambarkan gimana gerahnya malam itu. Bapak-bapak lebih memilih nongkrong di patio luar sambil “momong” anak2nya yang pada sepedahan di carport. Padahal diluar panas banget lho, tapi masih lebih breezy ketimbang didalem….udah mirip sauna deh!

Ibu-ibunya pada ngrumpi didalam. Rata2 mereka sengaja duduk di sebelah meja suguhan, hahaha…gimana mereka mau kurus2, wong makan aja nyambung melulu gitu, bapak2nya kalah. Anak2 yang agak besar ngumpul dikamar si Aiz dan asyik main game di komputer. Punya rumah miniatur gini ngga compatible bgt deh buat jadi host pesta. I wish I have a huge one someday, bakalan party melulu deh krn aku & hubby dasarnya doyan ngumpulin orang dirumah.

Ketika saatnya tiup lilin, semua kalangan terutama anak2nya langsung “ngegerubug” berusaha berdiri deket2 kue nya yang menggiurkan. Kuenya, dilapisi oleh ice cream dan dihias mirip dengan suasana pantai, dimana pasirnya dibuat dari remahan2 cookie. Disamping pasirnya, ada Spongebob & Patrick yg lagi nyanyi dengan ukulele nya. Ditengah2 ada tulisan, “Happy Birthday Adele & Aidan”. Akibat ruangan yang panas banget, ice cream cake cepat benar meleleh. Apalagi pas acara tiup lilin. Wah…udah deh, ga sempet foto banyak nih. Buru2 aja setelah kita selesai menyanyikan “Happy Birthday” dan tiup lilin, kue tsb dibagi2kan ke semua tamu. Mereka pada bilang kue nya enak. Syukurlah, aku blm pernah pesan kue ultah di Cold Stone Creamery, dulu2 karena mikirnya mahal. Tapi emang urusan makanan, harga berbicara. Rasanya bener2 nyami banget lho! Aku ngga tau juga di Indonesia udah ada francaise nya ato blm, tapi kalo ada, coba deh!

Acara games yang udah direncanakan, gagal total karena selain penuh juga anak2 pada lebih terhibur sama game di komputer (hiks). Yasutra, akhirnya, ibu2 dan bapak2nya asyik ngrumpi dibawah. Mulai deh dengan plesetan2 yang agak2 jorog, biasalah namanya orang2 tua yang jarang kumpul tiba2 ngumpul disatu tempat. Apalagi kalo bukan ngerjain orang?

coba itu si momih sampe lupa dandan..kondenya..alamak..nggilaninya!

Jam 9-an orang2 pada minta “buka kado”. Memang beda lho, tradisi disini walaupun dikalangan orang indonesia, kita harus menghargai tamu yang membawa kado dengan cara membukanya bersama2. Dulu baru2 dateng ketika kami menghadiri ultah orang bule, sempet terheran2, kok pamali amat ya. Udah bagus mereka berusaha menyenangkan si anak yg ultah, kok pake dibuka2 segala. Kan terpaksa harus kasih yang bagus2 & agak mahal, pikirku.
Tapi ternyata, biarpun begitu, mereka bukan memandang sebuah kado dari harga atau merk nya, melainkan dari kegunaan dan keunikan kadonya. Biasanya, mereka memberikan sesuatu yg benar2 dibutuhkan dan disukai oleh yang berulangtahun. Suatu pelajaran juga buat aku, ternyata orang sini tidak makan gengsi. Antara si kaya dan si miskin saling menghormati.

Speaking of acara buka kado, aku dan Aiz sibuk membuka atas nama si dua anak yg ultah. Membacakan kartu ucapan nya dan mengucapkan terima kasih. Adel yang awal2nya semangat untuk buka kado, begitu dapet mainan “My Little Pony” yang selama ini cuma lihat di iklan TV anak2 & ngga pernah dibeliin sama si Momi, langsung terkesima dan ngga mau meneruskan misi utamanya untuk buka kado. Udah lupa! Kadonya rata2 mainan. Udah lama aku ngga membolehkan anak2 beli mainan baru. Bukannya sayang duit (well itu juga siii..hehe) tapi karena mainan yg lama pun ngga terurus & menuh2in kamar. Dan the most part is, aku muales beresin kamar mereka. Jadi sekarang aku membatasi, hanya mainan yang besar2 dan yang masih sering dimainin aja yang boleh diluar. Sisanya, aku sumbangin atau disimpan di storage!

Banyak juga yang memberi “Gift Card”, setiap toko disini rata-rata mengeluarkan gift card yang fungsinya hampir sama dengan uang. Tapi bedanya, kita harus membelanjakannya di toko tersebut. Kalo yang ini, momi-nya demen, karena bisa membeli hal2 yang bermanfaat buat mereka. Biasanya, aku memakai gift card untuk keperluan membeli baju anak2. Karena mereka cepat sekali besar, dan karena ini negara 4 musim, harus nyetok 2 macam baju, winter dan summer. Bete kan, kalo harus beli buat mereka bertiga setiap kali ganti musim? Benar2 pengeluaran yang harus direncanakan dan harus pintar nyari best time to shop! Disini untungnya sering ada big sale, kalau lagi di sale, bisa2 sampai 75% off, ini baru seruuuu……. Mana kalau beli baju kan ngga bisa sedikit. Jadi seringkali kami berpikir “smart buyer”, beli baju untuk kurun waktu 2 th, contohnya, untuk summer th 2006 dan summer 2007 atau winter 2006 dan winter 2007. Jadi, udah pasti di closet baju kita dirumah penuh dengan boks2 storage yang gede2 segede gajah, ngga lain adalah buat menyimpan baju2 supply 2 th! Buat Momi & Dadinya juga punya trik sendiri, kita berusaha buat ngga nambah/mengurangi berat badan. Biar baju2 bisa stay longer!!! Bukannya apa-apa, bayangin kayak apa penuhnya rumah ini kalau kita juga ikut2an beli2 baju terus…..Hahaha…susah ya hidup disini? Harus serba diatur untuk hal2 yang beginian. Kalau kita di Indonesia sih mungkin ngga terlalu pusing, karena baju yang sama bisa dipakai sepanjang tahun. Dan sesuai budaya keluarga besar aku, doyan banget ngelungsurin barang ke sodara2 yg lebih kecil…….hahaha……

Jam 11 mata Aidan udah mulai 5 watt & mbututi aku kemana2 sambil ngambek2an. Ih…sebel ah. Momi ngga bisa ngapa2in. Tamunya kan masih tetep harus ditemani donk. Akhirnya, belum tamu2 habis, Aidan udah KO di sofa ruang keluarga. Dasar tamu2nya juga temen2 nongkrong si Momi & Dadi nya, ya kita udah seperti keluarga aja. Ngga ada rasa ngga enakkan atau menganggap diri mereka “tamu”. Jadi ya asik aja deh. Anak2 mereka yang udah mulai KO juga dijejerin di kamar aku diatas. Maksudnya satu, biar ortunya tenang bisa ngrumpi dibawah! Hahahaha…dasar orang tua tapi ngga mau dibilang tua!

Malam setelah mereka semua pulang, Dadi dan teman kita dari Wichita, Mas Hendra juga udah tewas. Tinggal aku sendirian nih, memandangi ruangan yang acak aduk. Duh, ngga betah banget deh. Gatel kepingin beberes. Mainan2nya…..OMG, mo disingkirin kemana nih? (*bingung garuk2 kepala*) buanyak buanget jumlahnya. Yang pertama aku beresin adalah dapur dan ruang makan. Makanan2 sisa pesta aku masukkan ke container dan disimpan di lemari es. Lantai karpet di vakum biar bebas dari debu. Piring2 dan sendok dicuci biar besok ngga bau. Untung aja kita pakai piring/sendok/gelas/tempat saji yang disposable, jadi ngga repot. Cuma, terakhir memang kita kehabisan sendok plastik, jadi pada pakai sendok beneran.

Setelah semua beres, sebelum tidur aku sempet2nya ngecek ebay (hehe), lagi dagang laptop nih. Merasa udah ngga perlu2 amat sama barang satu itu. PC kita dirumah udah di upgrade. Jadi mending aku jual aja. Kalaupun suatu hari beli lagi, aku mau yg 12 inches aja screen nya. Kecil & simpel. Setelah itu mengganti sprei kasur yang mungkin udah di-ilerin oleh anak2 yang KO tadi (hihihi), ngga deng…soale, anak2 tadi sempet jingkrak2 di kasur ku rame2 pake sepatu!!! olala…untung cepat tertangkap basah!

Goody bag kali ini, tas backpack Spongebob buat anak laki2 dan Dora buat anak perempuan. Hasil hunting di ITC Fatmawati bhok…murah meriah. (foto menyusul yah..blm di edit!).

Begitulah liputan ulang tahun…minta do’anya ya Om & Tante…..supaya Adel & Aidan panjang umur dan sehat selalu. Amin.

§ One Response to Liputan Ultah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Liputan Ultah at My Life Abroad.

meta

%d bloggers like this: